Copied to clipboard!

Wuling Cortez tampil di GIIAS 2019.



MOBIL BARU

Andalkan Spesifikasi Eropa, Harga Mobil Cina Wuling Cortez Nyaman di Kantong

Author : Herdi Muhardi

02 Oct 2020


PT SGMW Motor Indonesia (Wuling Motors) selaku agen pemegang merek mobil Wuling di Indonesia  memiliki salah satu senjata andalannya di kancah otomotif nasional yaitu dengan meluncurkan Wuling Cortez CT di Indonesia pada 8 Februari 2018. Mobil ini diklaim sebagai Multi Purpose Vehicle (MPV) modern terbaru yang cocok untuk keluarga di Indonesia. 

Ya, mobil ini memang memiliki perawakan cukup lebar dan panjang, bahkan kapasitas tempat duduknya bisa membawa 7-8 orang penumpang sekaligus. Sontak, mobil dengan kapasitas luas cukup digemari masyarakat di Indonesia.

Di tahun yang sama, Wuling Cortez CT mengumumkan mereka punya pilihan mesin 1.5 liter. Hal ini karena di awal kemunculannya Wuling cortez sempat hanya menawarkan mesin 1.8 liter saja. Saat itu pula, Wuling memperkenalkan Cortez dengan dua varian yaitu C dan L. 

Akan tetapi, pada Juli 2020 lalu, Wuling rupanya mengumumkan kehadiran Cortez varian termurah yaitu S yang harganya lebih terjangkau. Tak pelak harga yang ditawarkan menyasar pasar Avanza-Xenia, Mobilio, Ertiga dan Xpander. Akan tetapi, Wuling mengorbankan mesin 1.8 liter yang tak lagi dijual.

Ya, type S dianggap menjadi varian terbaru dan termurah, yang tentunya diharapkan Wuling Indonesia mampu menarik lebih banyak konsumen di kelas Low MPV. Setidaknya, usaha Wuling diharapkan dapat meramaikan pasar otomotif nasional.

Oia, satu yang membuat  Wuling mudah mencuri perhatian tak lain karena kehadiran Cortez CT yang merupakan jenama China, sudah dijejali berbagai fitur menarik dan lengkap. Bahkan mobil ini juga ditawarkan dengan varian captain seat.

Perbedaan Varian Wuling Cortez CT - Wajib Tahu Sebelum Membeli

Wuling Cortez Type S
Wuling Cortez Type S

Menurut Product Planning Wuling Motors, Danang Wiratmoko Wuling Cortez CT memiliki beberapa varian yaitu S, C dan L. Tentu saja varian-varian ini memiliki beberapa perbedaan baik pada bagian eksterior maupun interior. Sedangkan untuk mesin dan transmisi masih sama yaitu menggunakan mesin turbo berkapasitas 1.5 liter yang sudah digunakan Wuling Almaz.

“Wuling Cortez CT Type S hadir sesuai dengan segmen yang sudah disasar, jadi kami melihat range harga antara Rp 200-230 juta waktu itu kami belum punya line up produk, lalu dengan Wuling Cortez CT Type S kita mengisi yang kosong,” ungkap Danang.

Secara kasat mata memang tak jauh berbeda bahkan bisa dibilang mirip. Namun yang jika diliihat lebih detail pada bagian wajah depan, meski sama-sama menggunakan lampu utama berteknologi LED, Cortez Type S tidak dilengkapi dengan fog lamp dan auto-on headlamp. Padahal pada varian C dan L sudah ada. 

Jika dilihat dari samping, Wuling Cortez CT Type S ini masih menggunakan pelek berukuran 16 inci, hanya saja untuk model ini masih mengusung single tone, berbeda dengan di atasnya menggunakan Alloy Wheel with Machining.

Cortez CT Type S dan C juga tidak menggunakan fitur sunroof  . akan tetapi tipe C dan L sudah menggunakan antena bergaya Shark Fin, sedangkan C masih short pole. Selain itu, model S juga tidak dilengkapi dengan ornamen chrome pada handle pintu, frameless wiper, rain sensing wiper, hingga spion lipat (electric foldable mirror).

Masuk ke dalam kabin juga mungkin sekilas tak ada perbedaan karena sama-sama menggunakan kombinasi dua warna. Tapi setelah melihat lebih dekat ada beberapa yang tidak sama seperti Type C dan L seperti Type S.

Jika meraba bagian interior Wuling Cortez CT Tipe S akan terasa berbeda dengan C maupun L yang lebih soft touch. Hal ini karena material yang digunakan berbahan fabric. Sementara pada varian L sendiri sudah dilapisi Leather-covered steering wheel. 

Oia, untuk Type S CVT juga sudah dilengkapi pilihan jok penumpang bergaya captain seat dengan bahan jok synthetic leather seperti halnya Type L. Sementara untuk tipe C belum ada. Hal yang tidak ada pada Cortez CT Type S yaitu Convenient Electric Front Seat Adjuster seperti Type L.

Selain itu, Cortez CT Type S ini masih menggunakan tuas rem tangan seperti mobil pada umumnya, sedangkan Type C dan L sudah menggunakan rem tangan electric hanya sentuhan jari. Interior Cortez CT Type S juga tidak dilengkapi dengan sunglasses holder seperti Type L. 

Cortez CT Type S juga pengaturan AC nya masih manual yang terdiri dari tiga pengaturan masih bergaya diputar seperti Type C. Sedangkan tipe di atasnya sudah digital.

Perbedaan juga terjadi pada seatbelt, untuk Type S dan L sudah dilengkapi hingga baris ke tiga. Sementara Type C hanya di baris pertama dan kedua.

Kendati demikian, Cortez CT Type S ini sudah dijejali Push Start/Stop Button, Advanced 8 inci Entertainment System, Audio Steering and Call Button, Rear Parking Camera. Akan tetapi ada juga beberapa fitur yang ternyata tidak ada pada Wuling Cortez Type S. Seperti halnya untuk fitur keselamatan Front and Rear Parking Sensor tidak dibenamkan seperti pada Type L. Selain itu, untuk model S Manual Transmision tidak dilengkapi Rear Parkir.

Wuling Cortez Type S juga tidak dilengkapi fitur Hill Hold Control seperti pada Type C dan L. Padahal fitur ini bisa membuat mobil tidak mundur ketika macet dengan kondisi jalanan miring. 

Kantung udara atau airbag menjadi fitur penting. Hanya saja untuk Type S cuma ada dual SRS di bagian depan seperti Type C. Sedangkan untuk Type L sudah ada di samping.

Fitur lainnya, Wuling Cortez Type S ini sudah dilengkapi Anti Lock Braking System (ABS) dan Electronic Brake Force Distribution  (EBD) namun tidak ada Brake Assist (BA), Electronic Stability Control (ESC), dan Immobilizer.

Kendati begitu, Cortez Type S sudah dijejali Keyless Entry, Remote Open Windows and Trunk, dan Anti-Theft System, Rear Disk Brake, USB charging,  ISOFIX.

*spesifikasi lebih lengkap tersedia pada sub topik khusus membahas spesifikasi dan konfigurasi.

Perbedaan Harga Wuling Cortez CT dari Setiap Tipe

Wuling Cortez CT

Harga

Selisih Harga

CT S MT

Rp 209.000.000

 

CT S CVT

Rp 233.000.000

Rp 24.000.000

CT C MT

Rp 238.500.000

Rp 5.500.000

CT C CVT

Rp 255.500.000

Rp 17.000.000

CT L SVT

Rp 290.000.000

Rp 34.500.000

*harga mobil dapat mengalami perubahan dari waktu waktu baik baru atau bekas.

Dari varian Wuling Cortez CT S MT  hingga varian L CVT  terdapat selisih harga hampir Rp 81 juta jutaan. Tipe manakah yang paling sesuai dengan kebutuhan dan budget Anda. Perbedaan dari masing masing tipe yang telah kami susun tentu akan mempermudah dalam mengambil keputusan tersebut.

Keunggulan Wuling Cortez CT

Jika OLXer ingin memilih Wuling Cortez CT sebagai tunggan untuk menunjang moblitas memang tidak ada salahnya. Sebab, mobil ini memang cocok untuk masyarakat Indonesia karena memiliki beberapa keunggulan, antara lain

Kabin Lapang

Salah satu yang diinginkan masyarakat Indonesia yaitu memiliki mobil dengan kabin luas. Jadi tak ada salahnya memiliki Wuling Cortez CT karena sejatinya dimensi mobil ini panjangnya 4.780 mm, lebarnya 1.816 mm dan tingginya 1.755 mm. Dari segi desain bahkan mobil ini memang cocok disandingkan dengan Toyota Kijang Innova. 

Kabin yang lapan ini ditunjang dengan pilihan konfigurasi kursinya, yaitu terdapat dua pilihan, 8-seater dan 7-seater dengan captain seat. Dengan kapasitas delapan penumpang tentu saja cocok sebagai mobil keluarga yang mampu mengangkut banyak penumpang. 

Sedangkan untuk tujuh seater dengan captain seat juga sangat cocok bagi mereka yang ingin merasa lebih lega, dan nyaman di dalamnya. Karena tentu saja ada banyak ruang untuk kaki selonjoran. 

Menariknya, ruang lega mobil ini sudah diukur untuk penumpang dewasa. Alhasil, untuk anak-anak akan jauh lebih leluasa. 

Fitur Berlimpah

Seperti disebutkan sebelumnya Wuling Cortez CT ini tak pelit fitur. Bahkan jika ingin lebih lengkap, OLXer bisa memilih varian tertinggi Cortez CT tipe L dimana baik eksterior maupun interior sangat komplit. 

Mesin Turbocharger

Salah satu yang tak kalah menarik lainnya dari Wuling Cortez CT ini tak lain karena dibenamkan mesin turbocharger. Bisa dikatakan untuk mesin 1.5 liter, Cortez CT adalah MPV paling bertenaga di rentang harganya.

Harga - Harga Wuling Cortez CT Bekas

Seperti diketahui, meski Wuling Cortez CT baru seumur jagung atau dua tahun lamanya, namun ternyata walau terkadang ada yang menjual dengan status bekas, mobil ini termasuk jadi paling banyak dicari konsumen OLX.co.id.

Di OLX, Wuling Cortez dengan kondisi tangan kedua banyak dicari. Karena desainnya cukup lebar, ditambah body lega dan performa mesin mumpuni. Harganya cukup menarik dengan seperti model Cortez lansiran 2018  dijual  sebesar Rp 130 jutaan. Namun begitu ada juga beberapa harga yang berbeda-beda. 

Tentu saja ada harga tinggi dan rendah, bisa sangat  bervariasi, tergantung tahun perakitan, kondisi mobil, jarak tempuh kilometer, hingga kelengkapan surat-surat.

Simak beberapa rekomendasi kami berikut ini:

*harga mobil bekas berbeda beda tergantung dari kondisi mobilnya. Rekomendasi kami tidak bersifat mutlak, namun didasarkan pada harga iklan mobil bekas di OLX.

Wuling Cortez CT Harga di bawah Rp 150 juta

Apabila OLXer memiliki budget terbatas, namun tetap ingin membeli mobil Wuling Cortez. Tentu pilihannya adalah memilih yang bekas. Namun tipe seperti apa atau tahun berapa sajakah untuk budget di bawah Rp 150  juta ini?

·   Cortez tahun :  2018, dan 2019

·   Cortez Tipe : Pilihannya dengan transmisi manual maupun otomatis 

Cek Disini Untuk Wuling Cortez Harga di bawah Rp 150 Jutaan

Perlu dicatat, perbedaan harga dengan status bekas bisa saja terjadi. Jangan heran kalau satu model dan tahun produksinya sama namun harganya berbeda-beda. Sebab, untuk menentukan harga sebuah mobil bekas bisa tergantung dari beberapa faktor, seperti kondisi mobil, jarak tempuh, kelengkapan surat-suratnya, serta lokasi si penjual.

Belum lagi harga mobil bekas bisa saja tinggi, karena sang pemilik sangat rajin merawat mobilnya, serta pajak dibayar tepat waktu. 

Skema Cicilan Wuling Cortez CT

Bagi sebagian orang mobil merupakan kebutuhan utama untuk mobilitas sehari hari, atau sebagian orang lainnya yang berfungsi sebagai gaya hidup. Apapun latar belakangnya membeli mobil bekas secara tunai tidak bisa ditempuh oleh semua orang. 

Nah bagi sebagian lainnya jalur kredit atau membeli secara mencicil adalah pilihannya. Berikut simulasi untuk beli kredit Wuling Cortez

Kredit Wuling Cortez CT Cicilan Rp 1,6  juta per bulan & Rp 2,2 Juta per bulan

Membeli mobil Wuling Cortez baru atau bekas bisa juga dilakukan dengan cicilan kredit. Bahkan ada cicilan Rp 1,6 jutaan untuk Wuling Cortez bekas. Sedangkan untuk Wuling Cortez cicilan paling rendah Rp 2,2 juta untuk tipe S MT, dan Rp 2,5 juta untuk S CVT, Rp 2,6 juta untuk C MT , Rp 2,7 C CVT, hingga Rp 3,1 jutaan untuk L CVT

Lantas tipe apakah atau tahun berapakah yang bisa dibeli dalam rentan harga cicilan tersebut?

1. Tentukan terlebih dahulu mobil bekas atau baru

2. Kemudian pilih tipe sesuai selera dan kebutuhan

3. Selanjutnya pilih harga dan tahun produksinya

Misalkan ingin membeli Wuling Cortez CT dengan cicilan kurang dari Rp 3,2  jutaan per bulan n. Maka berdasarkan subtopik di atas bisa diperoleh tipe  WUling Cortez S MT dengan lama cicilan hingga lima tahun lamanya

Namun jika ingin cicilan Rp 4,5 jutaan per bulan, bisa saja membeli Wuling Cortez L CVT atau termewah dengan cicilan selama lima tahun. 

Berikut adalah gambaran atau simulasi cicilan kredit. Silahkan sesuaikan berdasarkan kebutuhan masing masing.

Wuling Cortez

Harga OTR

(Rp)

Pinjaman

Cicilan/Bln

Cicilan/Bln

Cicilan/Bln

Cicilan/Bln

5th

6th

7th

8th

S MT

209,000,000

156,750,000

3,265,625

2,830,208

2,519,196

2,285,938

S CVT

233,000,000

174,750,000

3,640,625

3,155,208

2,808,482

2,548,438

C MT

238,500,000

178,875,000

3,726,563

3,229,688

2,874,777

2,608,594

C CVT

255,500,000

191,625,000

3,992,188

3,459,896

3,079,688

2,794,531

L CVT

290,000,000

217,500,000

4,531,250

3,927,083

3,495,536

3,171,875

Bekas

150,000,000

112,500,000

2,343,750

2,031,250

1,808,036

1,640,625

Perlu diketahui, ada beberapa hal yang membuat kredit Mitsubishi Xpander berbeda-beda, yaitu

*setiap bank memiliki ketentuan masing masing, simulasi ini dibuat berdasarkan gambaran umum perkreditan. Silahkan kunjungi bank terdekat untuk perhitungan pastinya

*Simulasi ini dihitung menggunakan DP 25%,

*Bunga flat 5% per tahun.

*Simulasi di atas belum termasuk asuransi dan biaya administrasi

Review Tampilan Eksterior dan Interior Wuling Cortez CT

Wuling Cortez sempat menyedot perhatian konsumen di Indonesia karena desain yang dibuat masuk jajaran mobil jenis MPV dan mesin 1,8 liter sehingga digadang-gadang menyasar pasar Toyota Kijang Innova.

Namun selang dua tahun kemudian, atau pada Juli 2020, Wuling Cortez CT menghadirkan varian termurah yang menyasar pasar Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Honda Mobilio, Suzuki Ertiga, dan Mitsubishi Xpander. 

Oia, Wuling Cortez memiliki desain eksterior tampak lebar dan presisi, tidak terkesan norak walau disebut mobil China. Bahkan desain mobil ini cukup menarik dan kokoh, serta tetap memberikan kesan mobil keluarga.

Pada bagian wajah Wuling Cortez, sudah dilengkapi garis chrome horizontal ditambah logo Wuling berwarna merah yang dipasangkan di bagian tengah grill.

Semua varian Wuling Cortez juga sudah dilengkapi dengan headlamp projector LED agar memberikan pencahayaan lebih maksimal. Bahkan untuk model paling tinggi sudah dilengkapi dengan fog lamp LED dan daytime running light yang memberikan kesan menarik. 

Pada bagian samping, kaca spion sudah electric dan pada tipe C dan L sudah dilengkapi retractable lampu LED sein dan juga untuk tipe L lebih keren karena adanya roofrail yang memberikan kesan petualangan.

Keberadaan shark fin juga memberikan kesan modern. Belum lagi kaki-kaki sudah dipasangkan pelek berukuran 16 inch alloy wheel two tone (tipe C dan L) yang berdesain sporty dan pintu tangki bahan bakar terletak pada bagian kanan pengemudi.

Untuk buritan atau belakang Wuling Cortez CT dilengkapi dengan tiga macam lampu, yaitu rail spoiler lamp, rear lamp berdesain trapesium dan rear bumper lamp. 

Pada bagian belakang ini juga sudah menggunakan logo sayap Wuling pada bagian tengah, dan area plat nomor, kemudian pada bagian belakang sebelah kanan juga tersemat emblem Cortez Turbo untuk membedakannya dari varian Cortez lain.

Konfigurasi / Spesifikasi Wuling Cortez CT Semua Tipe

Mesin

Untuk jantung pacu, Wuling Cortez CT disematkan mesin Turbocharged 4 cylinders, in-line, DOHC, DVVT, dengan kapasitas 1.5 liter yang sanggup memuntahkan daya 140 Tk  5,200 rpm dan torsi 250 Nm pada  1,600 - 3,600 rpm.

Nah, mau tau detail mesin yang dibenamkan Wuling Cortez CT secara lebih lengkap, berikut ulasannya:

Mesin

Varian / Tipe Mobil

S C L
MT CVT MT CVT CVT
Kapasitas Mesin (cc) 1197
Jumlah Silinder 4
Jumlah Katup 16
Tipe Penggerak Penggerak roda depan / Front Wheel Drive
Maksimal Tenaga (HP) / rpm 140 / 5,200
Maksimal Torsi (nm) / rpm 250 / (1,600 - 3,600)
Jenis Bahan Bakar Bensin
Kapasitas Bahan Bakar (liter) 52
Konfigurasi mesin Turbocharged 4 cylinders, in-line, DOHC, DVVT

Dimensi 

Varian / Tipe Mobil

S C L
MT CVT MT CVT CVT
Panjang (mm) 4,780
Tinggi (mm) 1,755
Lebar (mm) 1,816
Radius Putar (m) 2,750
Jarak sumbu roda (mm) 2,750
Jarak pijak (mm) 170

Ban & Velg

Varian / Tipe Mobil

S C L
MT CVT MT CVT CVT
Lebar 205
Aspek Rasio 55
Diameter 16
Material Velg Single Tone Alloy Wheel Two Tone Alloy Wheel

Suspensi dan Rem

Varian / Tipe Mobil

S C L
MT CVT MT CVT CVT
Rem Depan Disc
Suspensi depan MacPherson Strut
Rem Belakang Disc
Suspensi belakang Independent
 

Keselamatan dan Keamanan

Varian / Tipe Mobil

S C L
MT CVT MT CVT CVT
Anti lock Braking System Ya
Brake Assist Tidak Ya
Electronic Brake Distribution Ya
Emergency Stop Signal (ESS Tidak Ya
Electronic Stability Control Tidak Ya
Immobilizer Tidak Ya
Sensor parkir Depan Tidak Ya
Sensor parkir Belakang Tidak Ya
Rearview Camera Ya
Tire Pressure Monitoring System Tidak Ya
Airbag system Ya Depan
Side Airbags Tidak Ya
Automatic Vehicle Holding Tidak Ya
Fatigue Driving Warning Tidak Ya
Sabuk pengaman depan Ya
ISOFIX Ya
Auto door lock Ya
Hill Hold Control Tidak Ya
Traction Control System Tidak Ya
Vehicle Stability Assist (VSA) Ya
Front Row Safety Belt Reminder Ya
All Seats Safety Belt Indicator Tidak Ya
Traction Control System Tidak Ya

Kenyamanan

Varian / Tipe Mobil

S C L
MT CVT MT CVT CVT
AC Ya
Pengaturan posisi setir Ya
Power window depan Ya
Tombol multi fungsi di Stir Ya
Engine start stop button Ya        
Sunroof Tidak Ya
Leather-covered steering wheel Tidak Ya
Gearshift paddle Tidak
Head-up Display Ya
Convenient Electric Front Seat Adjuster Tidak Ya
Headrest Ya
Keyless entry Ya
Power outlet Ya
Power steering Ya
Lampu baca Ya
Vanity mirror Tidak Ya
Bahan tempat duduk Fabric Systhetic Leather
 

Eksterior

Varian / Tipe Mobil

S C L
MT CVT MT CVT CVT
Lampu depan Projector LED
Lampu kabut Tidak Ya
Kaca spion Electric Mirror Electric Mirror & Retract
Roof rack and rail Ya
Rear Defogger Ya
Lampu Belakang Halogen
Shark Fin Tidak Ya
Lampu sein spion Tidak Ya

Hiburan

Varian / Tipe Mobil

S C L
MT CVT MT CVT CVT
Audio Radio Am/FM,USB,AUX Advanced 8 inch entertainment system(mirrorlink,bluetooth,usb,sd card,AUX-in)
Audio Steering Wheel Ya

Fitur dan lain-lain

Varian / Tipe Mobil

S C L
MT CVT MT CVT CVT
Sungasses Holder Tidak Ya
MID Standar

Luminous 7 inchi

Soft Touch Panel Tidak Ya
Color Interior Two Tone
Double Blower AC Ya
Rear wiper Ya
Follow me home headlamp Ya
Remote open windows and trunk Ya
Anti-Theft System Ya
Antena Shor Pole ya Shark Fin
Ornament Chrome Tidak Semua      
Frame less wiper Tidak Ya
Rain Sensing Wiper Tidak Ya
Rem Tangan Manual Electric
Pengaturan AC Manual Digital
Jumlah Airb 2 4

Promo Wuling Cortez CT

Promo Serba 0

 

Di mana lagi Anda bisa dapatkan serba 0 alias GRATIS setiap beli mobil, kalau bukan dari Wuling! Anda akan mendapatkan biaya 0 rupiah untuk maintenance mobil, bunga 0% selama 12 bulan, gratis isi bensin, hingga voucher senilai jutaan selama pembelian di bulan ini.

Berikut harga “Promo Serba 0” untuk  Wuling Cortez CT:

  • Harga OTR mulai Rp 209 jutaan untuk area DKI Jakarta
  • Cicilan mulai Rp 4 jutaan dengan tenor 3 tahun melalui Wuling Finance
  • Customer harus menyelesaikan transaksi (faktur) selama September 2020

 

Syarat dan Ketentuan

Berikut syarat dan ketentuan “Promo Serba 0”:

Rp 0 Biaya Maintenance

  • Gratis biaya service & parts selama 4 tahun/50.000 km (mana yang tercapai terlebih dahulu)
  • Berlaku untuk pembelian cash atau kredit
  • Customer harus menyelesaikan transaksi (faktur) selama September 2020
  • Customer dapat memilih program “Rp 0 Asuransi Sepanjang Tenor” ATAU “Bunga 0% Selama 12 Bulan” dengan ketentuan sebagai berikut

Rp 0 Asuransi Sepanjang Tenor

  • Berlaku untuk pembelian secara kredit melalui Wuling Finance dengan minimum TDP 17.5%

  • Customer harus menyelesaikan transaksi (faktur) selama September 2020

Bunga 0% Selama 12 Bulan

  • Berlaku untuk pembelian secara kredit melalui Wuling Finance dengan minimum TDP 30%
  • Customer harus menyelesaikan transaksi (faktur) selama September 2020

Gratis Isi Bensin

  • Berlaku untuk program trade-in
  • Berlaku untuk pembelian kendaraan baru (semua varian Wuling Formo, Confero, Cortez CT & Almaz) secara kredit melalui Wuling Finance
  • Customer mendapat saldo LinkAja sebesar Rp 3 juta (termasuk PPN)
  • Customer harus menyelesaikan transaksi (faktur) selama September 2020

Bayar 100 Ribu dapat Voucher Hingga 10 juta

  • Dapatkan voucher hingga Rp 10 juta dengan membayar Rp 100 ribu untuk pembelian varian Wuling Confero S, Cortez CT Type C & L serta Almaz
  • Dapatkan voucher hingga 5 juta dengan membayar 100 ribu untuk pembelian varian Wuling Confero DB & Cortez CT Type S
  • Customer harus menyelesaikan transaksi (faktur) selama September 2020

Tips Membeli Wuling Cortez CT 

Membeli mobil bekas menjadi sebuah solusi, khususnya mereka yang memiliki budget terbatas namun tetap ingin membeli mobil impian. Termasuk jika ingin membeli mobil Wuling Cortez bekas. Berikut hal yang harus diperhatikan;

  • Periksa service record dan kondisi mesin. Pastikan pemilik mobil Wuling Cortez sebelumnya rutin melakukan servis dan perawatan secara berkala. Lakukan test drive untuk memastikan mesin mudah dihidupkan, suara mesin halus, sistem pengereman berfungsi baik serta perpindahan transmisi tidak terdengar kasar, artinya mobil tersebut layak untuk dibeli.
  • Periksa body dan cat. Pastikan tidak ada baret atau goresan. Jika ada hal yang mencurigakan, segera tanyakan riwayatnya dan pastikan tidak bakal jadi masalah nantinya.
  • Periksa interior. Periksa dengan teliti apakah interiornya masih terawat dengan baik. Pastikan tidak pernah terendam banjir, ditandai bau kurang enak atau apek, serta baut atau besi dalam kabin yang mulai berkarat.
  • Periksa kelengkapan surat. BPKB, STNK, hingga faktur pembelian, sesuaikan nomor mesin dan nomor rangka pada mobil dengan yang tertulis pada surat-surat.

Pastikan juga pajak kendaraan masih panjang, karena jika pajak tersebut mati, artinya kalian harus siap keluar biaya lagi untuk perpanjangan pajak.

Review Pengalaman Wuling Cortez

Kehadiran Wuling Cortez pada 2018, secara keseluruhan mobil ini cukup menarik. Bahkan untuk mobil untuk mobil dengan harga di bawah Rp 300 jutaan, mobil ini cukup dapat diandalkan. 

Belum lagi, Wuling Cortez CT melebarkan sayapnya dengan memilih jalur dengan harga yang lebih terjangkau, yaitu hadirnya varian S yang notabenenya ikut keceruk pasar pasar yang lebih besar. 

Seperti dilansir Carvaganza, secara tampilan tak banyak perbedaan antara Wuling Cortez CT tipe S,  C dan L. Adopsi New Grille Design membuat Cortez tetap terlihat segar dan cukup berbeda dengan versi sebelumnya. 

“Terdapat lampu DRL (Daytime Running Light) LED pada sudut bawah bumper, dan lampu depan berproyektor yang dapat disesuaikan ketinggian cahayanya. Yang bisa dijadikan pembeda dari varian Cortez lainnya adalah penggunaan velg alloy R16 satu warna (non polish) dengan rem cakram pada seluruh roda,” tulis Carvaganza.

Carvaganza mengulas hal yang perlu diperhatikan pada Wuling Cortez CT S sebagai varian termurah, yaitu kabin, mesin dan fitur. 

Kabin

Soal kabin, Wuling Cortez sudah mampu mengakomodasi 8 penumpang, bukan 7 seperti yang lain. Cortez menyediakan jok tengah dengan opsi dua captain seat atau kursi untuk tiga penumpang. Captain seat memberikan personalisasi kepada penumpang dengan posisi duduk yang bisa diubah-ubah sesuai kenyamanan.

Mesin

Untuk mesin, jantung pacu peminum bensin berkonfigurasi 4 silinder 1.500cc sudah dilengkapi dengan Turbocharger. Hasilnya adalah tenaga maksimal 140 hp serta torsi 250 Nm. MPV Wuling ini memiliki dua pilihan transmisi, yaitu manual 6 percepatan dan Continuously Variable Transmission (CVT).

Fitur

Sedangkan untuk fitur cukup lengkap untuk sekelas Wuling Cortez tipe S, seperti fitur One Push Start/Stop Button, Keyless Entry, Remote Open Windows and Trunk, dan Anti-Theft System. Ada juga audio steering call button, rear parking camera, rear disk brake, USB charging, sistem deselerasi ABS dan EBD, ISOFIX, hingga dual SRS airbags.