OLX News Logo
Menu Icon OLX News Logo Search Icon
OLX News Logo Close Icon

Home /  Tips /  Ini Pentingnya Pakai Oli Mesin Sesuai Merek dan Spesifikasi Mobil



Ini Pentingnya Pakai Oli Mesin Sesuai Merek dan Spesifikasi Mobil

26 Jul 2020

Oli TMO

Produk lengkap dari Toyota Motor Oil (TMO) yang sesuai dengan spesifikasi mesin mobil merek Toyota (Foto : Auto2000)

Bagi pemilik mobil sangat penting untuk memahami fungsi dari pelumas mesin mobil. Karena oli mesin merupakan pelindung antar komponen mesin yang saling bergesekan agar dapat bergerak optimal sepanjang waktu. 

Oli mesin menjadi penentu umur pakai dari kendaraan, tidak hanya motor tapi juga mobil. Karena dalam prosesnya, oli berfungsi melarutkan kotoran yang ada di dalam mesin dan membawanya ke filter oli untuk disaring sehingga tidak mengganggu kinerja mesin.

Selain itu hawa panas akibat gesekan antar komponen mesin juga akan diteruskan oleh oli ke dinding blok mesin, selanjutnya disalurkan keluar untuk didinginkan oleh air radiator. 

Fungsi yang tak kalah penting dari oli atau pelumas mesin adalah hadirnya senyawa kimia di dalam oli mesin untuk mereduksi zat kimia pada mesin yang berpotensi menimbulkan karat.

Dengan fungsi oli, usia komponen mesin akan semakin panjang karena kondisinya selalu prima. Ujung-ujungnya bisa menekan biaya perawatan. 

Tapi satu hal penting yang harus disadari oleh para pemilik mobil adalah tidak semua oli mesin sesuai dengan spesifikasi mesin kendaraan. Saran terbaik adalah pilihlah oli mesin yang direkomendasikan oleh bengkel resmi sesuai dengan merek serta jenis mobil yang digunakan.

Saat diberlakukan masa pembatasan sosial atau PSBB dalam waktu yang cukup lama, banyak pemilik mobil dengan terpaksa harus memarkirkan kendaraannya di garasi saja. 

Banyak yang berpikir dengan kondisi mobil yang hanya diam, maka tidak perlu melakukan ganti oli. Ini adalah pemahaman yang salah besar. Meski mobil diparkir selama masa pandemi COVID-19 tetap harus mengganti oli mesin.

Oli di dalam mesin yang tidak beroperasi dalam jangka waktu lama akan menurun performanya akibat oksidasi, jadi sangat penting harus diganti secepatnya. 

Mobil Toyota Pakai Oli Merek TMO

Buat pemilik mobil merek Toyota tentunya sangat direkomendasikan untuk menggunakan oli merek Toyota Motor Oil (TMO). Produk pelumas merek TMO tersedia di seluruh bengkel resmi Toyota, salah satunya jaringan bengkel Toyota Auto2000.

Auto2000 saat ini sedang menggelar program Sehat Toyotaku, Ready For New Normal yang berlaku Juli hingga September 2020. Program ini berisi Paket Ganti Oli dan jasa untuk pembelian oli TMO Synthetic 10W-40 (mesin bensin) dan TMO Synthetic 15W-40 untuk mobil diesel, gratis 1 liter oli.

Cara mengikuti promo ini adalah dengan melakukan booking service lewat website Auto2000.co.id dan memasukkan kode promo “STPAKETOLI”. 

Berikut adalah keunggulan mobil Toyota yang menggunakan oli TMO : 

  • TMO sanggup menjaga performa dan keawetan mesin karena sesuai dengan karakter dan spesifikasi dapur pacu mobil Toyota yang beredar di Indonesia.
  • Melalui tahap riset yang panjang, pelumas TMO yang beredar telah disesuaikan dengan kondisi iklim tropis Indonesia yang butuh spesifikasi oli yang spesial dan punya daya tahan tinggi. Nilai viskositas maupun spesifikasi teknis lainnya sudah melalui proses pengembangan dan uji coba yang detail untuk memastikan oli TMO dapat bekerja dengan baik di mesin mobil Toyota yang beroperasi di Tanah Air.
  • Formula pelumas TMO sudah disesuaikan dengan kinerja mesin modern Toyota dengan teknologi Dual VVT-i di mesin bensin dan turbo variabel (VNT) plus intercooler di mesin diesel.
  • Seluruh spesifikasi varian pelumas TMO telah mengikuti standar global dan disesuaikan dengan standar spesifikasi yang disyaratkan oleh Toyota.
  • Selain kualitas, yang tidak kalah penting adalah jaminan keaslian produk oli TMO yang dijual di bengkel resmi Toyota, salah satunya Auto2000 mengingat banyak beredar oli palsu yang bisa mengakibatkan mesin mobil rontok karena spesifikasinya tidak sesuai produk asli.

“Begitu pentingnya fungsi oli mesin, sebaiknya pemilik mobil Toyota mengganti oli mesin TMO secara rutin di bengkel Auto2000 guna mendapatkan keuntungan maksimal dari kualitas oli TMO yang dijamin asli dan benefit layanan Auto2000 yang memberi rasa tenang. Urusan Toyota lebih mudah, segera manfaatkan program ini dengan melakukan booking service,” jelas Ricky Martawijaya, Aftersales Division Head Auto2000, dalam keterangan tertulis, Kamis (23/7/2020).

Zainal Abidin
Zainal Abidin

Merupakan pribadi yang hangat dan suka bercanda membuatnya mudah bergaul dengan siapa saja, serta memiliki hobi bernyanyi dan juga turing sepeda motor. Bergabung di OLX Indonesia sejak dua tahun terakhir dengan role menulis konten-konten artikel seputar otomotif terkini.



Berita Terkait



Baca Juga