Copied to clipboard!

Ilustrasi pembalap Joan Mir yang menikung saat berlaga di sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, Spanyol (15/22/2020). (Suzuki)



MOTOR

Ini Spesifikasi Lengkap Motor Suzuki GSX-RR Joan Mir di MotoGP 2020

Author : Herdi Muhardi

16 Nov 2020


Walau finish di urutan ketujuh, Joan Mir, pembalap Team Suzuki Ecstar, mengunci gelar juara dunia MotoGP 2020. Hal ini ditandai saat dirinya berlaga Valencia GP yang dihelat di sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, Spanyol (15/22/2020).

Pembalap asal Spanyol tersebut secara total meraih nilai 171 poin, dimana angka tersebut tak akan bisa lagi disusul oleh pembalap lainnya lainnya, khususnya  Franco Morbidelli yang saat ini ada diurutan kedua dengan raihan 142 poin, dan Alex Rins yang juga satu tim dengan Joan Mir yang ada di ranking ketiga dengan nilai 138 poin.

Dengan kemenangan Joan Mir di MotoGP Valencia, maka kado termanis yang sudah dinantikan Suzuki selama 20 tahun, sekaligus menjadi hadiah terindah di hari ulang tahun ke-100 Suzuki di Dunia.

“Kejuaraan Dunia? Kedengarannya luar biasa! Sangat sulit untuk menemukan kata-katanya saat ini, tetapi saya harus mengucapkan terima kasih kepada begitu banyak orang; kepada Suzuki atas kesempatan ini, saya sangat senang memberi mereka gelar! Menjadi orang yang memberi mereka mahkota lagi setelah 20 tahun adalah perasaan yang luar biasa dan kehormatan sejati,” ungkap pembalap bernomor 36.

Tentu saja, selain kerja keras sang pembalap, hal ini tak lepas dari performa apik sepeda motor Suzuki GSX-RR selama musim MotoGP 2020.

Nah, OLXer sendiri mau tau nggak apa spesifikasi dari Suzuki GSX-RR yang mengantarkan Joan Mir jadi pembalap sukses di MotoGP 2020, berikut kita lihat spesifikasi lengkapnya.

Secara dimensi, Suzuki GSX-RR ini memiliki panjang 2,096 mm, lebar 720 mm dan tinggi 1,140 mm. Wheelbase atau radius putar motor ini mencapai 1,457 mm. Oia, secara keseluruhan bobot motor ini mencapai 157 kg.

Kokohnya Suzuki GSX-RR ini tak lepas dari penggunaan sasis yang terbuat dari Twin-spar aluminium, dan didukung dengan suspensi depan dan belakang dari Öhlins.

Belum lagi kaki-kaki Suzuki GSX-RR sudah menggunakan pelek berukuran 17 inci yang dibalut dengan ban dari Michelin, serta sudah terpasang dengan sistem pengereman menggunakan Carbon/Steel disc, dari Brembo.

Untuk jantung pacu Suzuki GSX-RR sudah dibenamkan mesin Water-cooled, 4 Stroke in-line 4 cylinder, DOHC 4 valve, berkapasitas 1,000cc, yang menghasilkan daya hingga 236 Tenaga Kuda.

Motor yang sudah dilengkapi transmisi enam percepatan Seamless System ini diklaim mampu dipacu dengan kecepatan maksimal 340 km per jam.