Jumat, April 19, 2024
Lainnya
    BeritaInilah Karya Luar Biasa 5 Pemenang AHM Best Student 2020

    Inilah Karya Luar Biasa 5 Pemenang AHM Best Student 2020

    PT Astra Honda Motor (AHM) akhirnya mengumumkan 5 pemenang kontes adu ide dan kreativitas “Best Student 2020”. Kelima pemenang ini berhasil menyingkirkan tidak kurang dari 847 peserta yang merupakan siswa SMA, SMK, MA dan MAK dari seluruh wilayah di Indonesia.

    Namun yang menarik dari kelima pemenang ini, salah satu peserta menawarkan sebuah inovasi alat yang bisa mendisiplinkan diri menjaga jarak di masa pandemi. Tentu inovasi ini menjadi sangat penting untuk dikembangkan di tengah usaha kita semua dalam memerangi penyebaran virus COVID-19.

    Adalah M. Rafhi Rihadatusyawal, siswa SMK Mitra Industri MM2100, Jawa Barat yang mencetuskan ide untuk membuat alat tersebut. Ia pun berhasil meraih predikat Gold AHM Best Student 2020.

    Sementara empat pemenang lainnya adalah Susilowati S. dari SMA Negeri 1 Jayapura, Papua. Susilowati membuat karya orisinil memanfaatkan tanaman endemik Papua yaitu buah merah yang diolah menjadi sambal yang akan menjadi oleh-oleh khas Papua. 

    Selain keduanya, Salsabila Tri Rahmi dari SMA Negeri 1 Sitiung, Sumatera Barat juga berhasil meraih predikat Gold AHMBS 2020. 

    Karyanya berupa pemberantas hama ramah lingkungan dan pupuk organik yang terbuat dari jengkol dan keong mas sangat membantu dalam upaya meningkatkan hasil panen petani lokal. 

    Lalu kemudian ada Theresia Febriana Meo dari SMK Negeri 5 Berau, Kalimantan Timur yang berhasil mengembangkan karya solusi tepat guna dengan memanfaatkan barang-barang bekas untuk dijadikan alat penepung bagi beras, ketan, ketumbar, merica, dan sawut ubi. 

    Terakhir, I Putu Evan Priya Saguna dari SMA Negeri 4 Denpasar, Bali mengembangkan karya perangkat elektronik sebagai alat bantu berjalan penyandang tuna netra dengan mendeteksi guiding block, yang berfungsi mengurangi kesulitan saat berjalan di trotoar.

    “AHM Best Student 2020 melahirkan harapan baru bagi masyarakat dalam hal karya yang kreatif, cerdas dan bermanfaat. Kami ingin mengapresiasi anak-anak milenial yang kreatif dan tetap produktif meskipun di masa pandemi ini. Karya anak-anak ini tidak hanya bermanfaat bagi mereka saja, namun juga berdampak untuk sesama,” ujar General Manager Corporate Communication AHM Ahmad Muhibbuddin dalam siaran pers, Minggu (15/11/2020).

    Dikemas dalam konsep berbeda dengan pelaksanaan tahun-tahun sebelumnya, AHM Best Student tahun ini mengusung tema “Satu Hati Menuju Indonesia Maju”. Dimana pada proses penilaian melihat pada lima kategori yang meliputi tema pendidikan, lingkungan, kesehatan, ekonomi, serta inovasi di bidang teknologi. 

    “Keberagaman kategori lomba memberi ruang lebih banyak bagi para peserta dengan berbagai minat ilmu untuk berkreasi dalam kompetisi ini, menjadikan AHM Best Student 2020 lebih komprehensif dan lebih menantang,” tambah Muhibbuddin.

    Selanjutnya, kelima pemenang kompetisi ini berhak atas hadiah beasiswa dengan total lebih dari Rp 100 juta. Untuk 5 pemenang predikat Gold masing-masing mendapatkan beasiswa sebesar Rp 10 juta. Kemudian 7 peserta peraih predikat Silver masing-masing mendapatkan Rp 1,5 juta. 

    Ditambah 42 siswa peserta peraih predikat Bronze mendapatkan beasiswa masing-masing sebesar Rp 1 juta.

    “Saya sangat berterimakasih kepada AHM dan jaringannya, karena saya bisa belajar mempresentasikan inovasi saya. Saya juga belajar banyak dari masukan dewan juri AHM Best Student yang sangat menginspirasi dan membangun. Semoga karya Distance Sensor saya dapat bermanfaat untuk menekan penyebaran virus COVID-19 dan bersama kita bisa membangun Indonesia menjadi bangsa modern yang maju,” ujar M. Rafhi Rihadatusyawal. 

    AHM Best Student 2020 yang merupakan pelaksanaan ke-18 terus disempurnakan untuk bisa memberikan manfaat lebih bagi peserta maupun penerima manfaat di sekitarnya. 

    Lomba tahun ini digelar dengan konsep proses pembelajaran jarak jauh yang saat ini diterapkan akibat pandemi COVID-19. 

    Keseluruhan proses kompetisi mulai dari sosialisasi, seleksi, kegiatan pengayaan ilmu, hingga penganugerahan pemenang dilakukan secara daring dengan melibatkan juri-juri profesional dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, PPM School of Management, dan perwakilan manajemen AHM.

    Populer
    GIIAS 2023
    Berita Terkait