Copied to clipboard!

Ilustrasi sepeda motor. (Dok AHM)



TIPS

Jangan Biarkan Motor Disimpan Terlalu Lama, Berikut Tipsnya

Author : Herdi Muhardi

30 Mar 2020


Pandemi virus corona seperti saat ini membuat sejumlah orang memilih berdiam diri di rumah sesuai yang dianjurkan pemerintah.  Akibatnya kendaraan pribadi baik mobil atau motor tentunya lebih baik disimpan namun tetap dalam perawatan.

Oia OLXer, ada pandemi virus corona atau tidak, tak sedikit dari pemilik kendaraan kerap menyimpan tungganganya dalam jangka waktu cukup lama. Nah, jika OLXer salah satunya, maka sebaiknya jangan melakukan hal tersebut. Sebab mendiamkan kendaraan seperti sepeda motor tanpa dioperasikan justru akan menjadi masalah baru.

Bahkan menurut Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM), Endro Sutarno, performa terbaik sepeda motor tak hanya didapat dengan perawatan rutin di bengkel resmi sesuai jadwal yang ditentukan, tetapi juga perawatan yang dilakukan sendiri.

”Termasuk saat lama tak terpakai di rumah, beberapa hal perlu diperhatikan pemilik. Karena kadang terdapat komponen atau bagian sepeda motor yang butuh diperhatikan saat diam dalam jangka waktu cukup lama, yang dikhawatirkan mempengaruhi kinerja,” ungkap Endro dalam pesan tertulis, Senin (30/3/2020).

Nah, Endro pun memberikan beberapa tipsuntuk menjaga kondisi sepeda motor saat diam dalam jangka waktu lama:

1. Jika memang sudah ada rencana tidak akan digunakan dalam jangka waktu cukup lama, alangkah baiknya sepeda motor dicuci terlebih dahulu.

”Karena ada beberapa pengendara motor yang harus melewati daerah becek, berbau, kotor, dan berlumpur. Salah satu dari hal tersebut yang mengakibatkan percepatan timbulnya karat dan risiko lain, disinggahi binatang misalnya, atau berpotensi merusak komponen,” jelas Endro.

2. Beri pelumas bagian bagian yang cenderung atau berpotensi menimbulkan karat. Misalnya rantai roda, atau bagian-bagian yang bergesek lainnya.

3. Untuk sepeda motor tipe matik, sebaiknya diparkir menggunakan standar tengah supaya mudah untuk kita melakukan pemanasan mesin.

4. Lakukan pemanasan mesin secukupnya, kira-kira sampai suhu kerja mesin antara 80-100 derajat celcius, dilakukan setiap hari akan lebih baik. Untuk mencapai suhu tersebut, panaskan kira-kira 3-4 menit.

”Tujuan pemanasan mesin supaya sirkulasi oli mesin tetap lancar dan untuk pengisian baterai. Disarankan tidak dilakukan di ruang tertutup,” terang Endro.

5. Khusus tipe motor matik, perhatikan bagian bagian dalam cover plastik motor, terutama bagian bawah. Dikhawatirkan jika sepeda motor lama tidak digunakan, ruang atau rongga ini bisa menjadi tempat singgah binatang (tikus atau ular). Lakukan pengecekan ini saat memanasi mesin.

Dengan melakukan hal-hal tersebut di atas, sepeda motor yang lama tak terpakai diharapkan tetap memberikan kenyamanan dan performa optimal ketika akan digunakan kembali.