OLX News Logo
Menu Icon OLX News Logo Search Icon
OLX News Logo Close Icon

Home /  Tips /  Jangan Cuma Perhatikan Wiper dan Ban di Musim Hujan, Kolong Mobil Juga Perlu



Jangan Cuma Perhatikan Wiper dan Ban di Musim Hujan, Kolong Mobil Juga Perlu

29 Dec 2020

Tips Merawat Kaki-Kaki Mobil

Cuci steam mobil dengan sistem hidrolik (Foto : Shutterstock)

Banyak artikel yang membahas tips merawat mobil di musim hujan rata-rata menyebut karet wiper dan ban merupakan komponen utama yang harus diperhatikan. Tentu ini tidak salah, kedua komponen tersebut memang penting jadi perhatian saat kita sering berkendara di musim hujan.

Tapi selain keduanya, ada juga beberapa komponen lain yang harus diperhatikan dan perlu mendapat perawatan ekstra. Salah satunya adalah komponen di kolong mobil, yakni bagian kaki-kaki mobil.

Posisinya yang sulit terlihat dan juga sulit dijangkau membuat bagian tersebut sering terlewatkan saat mencuci mobil. Padahal bagian inilah yang paling banyak menerima kotoran pasir dan tanah jalan saat kita berkendara dalam kondisi hujan atau jalanan becek.

Karena sering terlewatkan, kotoran pasir yang menempel tersebut akan melekat lama. Kita juga tahu bahwa air hujan punya kadar ph di bawah 5 atau 6 karena karbondioksida di udara yang larut dengan air hujan mengandung zat asam lemah, sedangkan kadar ph yang netral adalah 7. 

Dari situ kita bisa ambil kesimpulan bahwa jika bagian kolong mobil ini tidak mendapatkan perawatan ekstra, itu sama saja dengan mempercepat proses terjadinya karat di bagian kaki-kaki mobil. 

Kali ini News.OLX mencoba berbagi tips yang diambil dari AWTOMOTIPS yang membahas bagaimana cara mencegah karat pada komponen yang ada di bagian kolong mobil. Berikut adalah kiat-kiatnya :  

  1. Usahakan setiap habis berkendara di tengah kondisi hujan segera cuci mobil. Dianjurkan untuk mendatangi bengkel cuci steam yang menyediakan fasilitas hidrolik agar mobil bisa terangkat. Dengan begitu bagian kolong mobil bisa disemprot dengan air bertekanan sedang atau kencang, khususnya komponen kaki-kaki mobil seperti velg dan rem. 
  2. Pusatkan titik air ke komponen pengereman agar kotoran yang menempel bisa rontok. Karena dikhawatirkan kalau komponen ini dibiarkan tetap kotor justru bisa mengakibatkan gangguan pada kinerja fungsi rem bahkan lebih ekstrim mengakibatkan rem menjadi lengket.
  3. Di musim hujan seperti saat ini, upayakan untuk melakukan cuci steam dengan detail membersihkan bagian kolong minimal seminggu sekali kalau tidak bisa setiap hari. 

Demikian tips kali ini dari News.OLX yang dipersembahkan oleh Astra World, semoga bermanfaat. 

Zainal Abidin
Zainal Abidin

Merupakan pribadi yang hangat dan suka bercanda membuatnya mudah bergaul dengan siapa saja, serta memiliki hobi bernyanyi dan juga turing sepeda motor. Bergabung di OLX Indonesia sejak dua tahun terakhir dengan role menulis konten-konten artikel seputar otomotif terkini.



Berita Terkait



Baca Juga