Copied to clipboard!

Ilustrasi mobil bekas.



TIPS

Jangan Sampai Menyesal, Ini 5 Hal Perlu Dilakukan Ketika Membeli Mobil Bekas

Author : Herdi Muhardi

17 Feb 2020


Membeli mobil bekas memang tak semudah membalikan telapak tangan. Sebab, banyak yang harus diperhatikan agar tak menyesal di kemudian hari.

Namanya juga mobil bekas, tentu saja tak seperti membeli mobil baru di mana pihak dealer memberikan jaminan bahwa mobil yang dijual fresh from the open atau baru keluar dari pabrik.

Sebaliknya jika asal dalam memilih membeli mobil bekas bukan tak mungkin OLXer yang awalnya ingin mencari harta karun justru mendapatkan tumpukan besi rongsok yang hanya terlihat bagus dari luar, namun rapuh di dalamnya.

Nah, jika ingin membeli mobil bekas agar tak menyesal di kemudian hari, perhatikan tips berikut ini:

1.   Cari Informasi

Membeli mobil bekas tentu memerlukan informasi yang lebih. Apalagi di zaman seperti ini informasi soal mobil baru atau bekas sangat mudah dicari, khususnya melalui kemudahan di internet.

Mulai dari model, varia, fitur, teknologi hingga harga. Selain itu, informasi lainnya yang bisa didapat yaitu kemudahan dan kekurang akan mobil incaran.

Mencari informasi ini tak hanya untuk mobil incaran, tetapi OLXer juga cari tahu soal track record dealer penjual, apakah baik atau tidak.

2.  Jangan Terburu-buru

Jika sudah mendapatkan mobil yang dicari, ada baiknya tidak hanya mencari satu model saja. Kenapa? Karena mungkin saja mobil yang OLXer cari ada di tempat lain dengan kondisi yang lebih baik dan harganya pas sesuai dengan wujudnya.

Karena itu, untuk membeli mobil bekas jangan terburu. Sebaliknya, cari dengan perasaan sabar.

3. Siapkan Budget

Ketika membeli mobil bekas, ada baiknya hitung kembali keuangan OLXer. Pasalnya, meski membeli mobil bekas bisa dilakukan dengan cara tawar menawar, namun Anda akan memerlukan uang lebih.

Kenapa? Ya, karena ketika membeli mobil bekas bukan tak mungkin OLXer akan mengeluarkan biaya tambahan, baik untuk perbaikan atau sekadar melakukan penambahan aksesori.

Jika membeli dengan cara kredit, OLXer juga harus sadar diri dengan kemampuan pembayarannya per bulan. Jika tidak membayar tentu mobil akan ditarik kembali oleh leasing.

4.  Cek Riwayat Mobil

Membeli mobil bekas, jangan seperti membeli kucing dalam karung. Karena itu, ada baiknya dilakukan pengecekan secara detail mulai dari bodi, mesin, hingga surat-surat.

Jika membeli secara online ada baiknya tidak percaya langsung dengan foto. Karena itu datangi langsung sang penjual lalu cek secara menyeluruh.

Ada baiknya, periksa juga catatan servis (service record) mobil tersebut. Melihat catatan servis bisa mengetahui seberapa rajin mobil dirawat secara berkala.

Jika OLXer tidak bisa melakukan pengecekan, maka ajak seorang mekanik kepercayaan Anda untuk memeriksa.

5. Lakukan Test Drive

Ketika OLXer sudah benar-benar tertarik dengan mobil yang diincar, ada baiknya tidak langsung melakukan akad pembayaran, tetapi lakukan terlebih dahulu test drive atau pengujian mobil.

Dengan melakukan test drive, OLXer akan lebih merasakan secara langsung apa saja kekurangan di setiap detail mobil.