Copied to clipboard!

Ilustrasi jalanan menanjak. (Patpitchaya-Shutterstock)



TIPS

Jangan Takut Saat Melewati Jalanan Menanjak, Begini Caranya

Author : Herdi Muhardi

17 Mar 2020


Ketika menghadapi jalan menanjak, hal tersebut kerap kali menjadi salah satu kendala bagi sejumlah pengemudi roda empat seperti mobil dan truk. Pasalnya, pengemudi harus ekstra lebih waspada dan meningkatkan konsentrasi agar mengurangi berbagai resiko yang terjadi.

Belum lagi, jika pengemudi panik, bukan tak mungkin mobil bisa mundur atau menghantam apapun yang ada di belakang. Termasuk menabrak mobil di belakang.

Apalagi, banyak sekali kejadian kerusakan mobil hingga kecelakaan yang terjadi di jalanan menanjak. Mulai dari kampas kopling yang aus, tabrakan, mobil tergelincir, hingga terguling. Nah, untuk menghindari hal tersebut berikut beberapa cara mudah.

1. Jangan Terlalu Sering Gunakan Teknik ‘Setengah Kopling’

Pengemudi mobil manual seraing kali melakukan teknik setengah kopling. Termasuk ketika akan melalui jalanan menanjak. Padahal, cara tersebut tidak disarankan.

Kenapa? Teknik menahan pedal kopling dan gas untuk tetap bisa menanjak ini sebenarnya baik untuk jangka waktu yang pendek. Nah, apabila OLXer berada dalam kemacetan di jalan yang menanjak, sebaiknya hindari terlalu banyak teknik ini.  Pasalnya, hal itu bakal membebani kerja kopling mobil dan menyebabkan kampas aus.

Gunakan saja gigi satu atau dua dengan selalu bersiaga untuk menarik tuas rem tangan. Hal itu bisa lebih baik untuk mobil dan keamanan. Pengemudi juga tidak perlu mengeluarkan banyak tenaga untuk menahan pedal gas dan kopling.

2.  Utamakan Menggunakan Rem Tangan

Ya, rem tangan adalah solusi ketika melalui jalanan menanjak. Hanya saja, meski hal ini sangat penting, tetapi seringkali dilupakan oleh para pengemudi saat menanjak. Karena faktor kemudahan, biasanya pengemudi memilih untuk mengerem dengan pedal rem saat menanjak.

Padahal, hal tersebut sangatlah berisiko bagi pengemudi itu sendiri dan juga orang lain, terutama kendaraan yang berada di belakang mobil. Pasalnya, terdapat kemungkinan mobil melorot ke belakang ketika pedal rem dilepas. Apalagi jika tarikan mobil hilang saat pedal rem dilepas.

Maka dari itu, selalu biasakan menggunakan rem tangan saat melalui jalan yang menanjak. Rem tangan mampu menahan laju kendaraan secara merata dan lebih baik. Hal itu memberikan kesempatan pengemudi untuk menyesuaikan tarikan gas kemudian.

3.  Mobil Transmisi Matic, Cermati Jenis Persneling

Bagi pengemudi mobil bertransmisi automatic, sebaiknya mencermati jenis persneling mobil yang digunakan. Ada perbedaan jenis persneling di mobil automatic, ada yang mempunyai jenis persneling D1, D2, sampai D3 atau hanya D atau L saja.

Untuk diketahui, hal tersebut memang akan berguna ketika OLXer memasuki tanjakan. Akan tetapi, gunakan D1 atau D2 dan lambang L ketika memasuki jalan tanjakan. Karena mobil automatic tidak memiliki kopling, dan cukup memainkan rem tangan atau rem kaki saja.