OLX News Logo
Menu Icon OLX News Logo Search Icon
OLX News Logo Close Icon

Home /  Mobil Baru /  Jawaban Honda, Soal Kapan City Hatchback Masuk Indonesia



Jawaban Honda, Soal Kapan City Hatchback Masuk Indonesia

12 Dec 2020

Honda City Hatchback. (Istimewa)

Honda City kini tak hanya memiliki wujud sedan, sebab ada juga model hatchback. Setidaknya hal tersebut sudah diungkapkan Honda Thailand yang telah meluncurkannya akhir November 2020 lalu.

Jika bicara soal Honda City Hatchback, terang saja sosok mobil akan jadi kembar tapi tak sama. Khususnya dari segi dimensi, dimana versi hatchback panjang 4.345 mm atau  lebih pendek 208 mm dari versi sedan, kemudian tinggi 1.488 mm atau naik 21 mm. Sedangkan lebar dan jarak sumbu roda tetap sama, yaitu masing-masing berukuran 1.748 mm dan 2.589 mm.

Honda City Hatchback
Honda City Hatchback Masuk Indonesia

Kendati demikian beberapa hal lainnya memang masih mirip dengan versi sedan seperti bagian lampu depan hingga grill. Sedangkan pada bagian bokon, versi hatchback jelas lebih tepos, dan penggunaan ornament juga berbeda seperti desain baru pada bagian lampu LED belakang yang dibuat menyempit ke dalam. 

Untuk interior Honda City Hatchback 11-12 dengan versi sedan, seperti head unit touchscreen berukuran delapan inci, ventilasi AC terlihat besar kontrol sistem AC, power outlet, hingga USB port. Oia, mobil ini juga sudah menggunakan Honda CONNECT, dimana teknologi dapat menghubungkan pengemudi dan mobil melalui aplikasi smartphone.

Honda City Hatchback mode kabin
Honda City Hatchback mode kabin

Ruang kabin Honda City bisa menggunakan beberapa mode, yang mereka sebut Ultra Seats yaitu mode Utility, Long, Tall, dan Refresh untuk kenyamanan ekstra. Ya, ruang kabin dengan warna piano black, kapasitas ruangannya bisa diubah, dimana kursi baris dua bisa buat rata atau direbahkan agar dapat memuat banyak barang.

Untuk jantung pacunya Honda City hatchback dibekali mesin 3 silinder DOHC berkapasitas 1.000 cc plus turbocharged yang mampu memuntahkan daya hingga 120 tenaga kuda dengan torsi 173 Nm, yang disalurkan melalui transmisi CVT untuk menggerakan roda depan.

Honda City Hatchback tersedia dalam tiga varian, yaitu S+, SV, dan RS, dengan pilihan warna ignite red metallic, platinum white pearl, meteoroid gray metallic, sonic gray pearl, crystal black pearl, dan taffeta white.

Honda City Hatchback kabin
Tampilan kabin Honda City Hatchback 

Yang membedakan ketiga varian pada Honda City Hatchback ini tentu saja menyematkan fitur-fiturnya, semakin mahal maka semakin lengkap.

Menyoal harga Honda City Hatchback, untuk tipe S+ dijual mulai 599 ribu baht Thailand atau setara Rp 280 juta, tipe SV dilepas 675 ribu baht Thailand atau Rp 315 juta dan tipe RS sebesar 749 ribu baht Thailand atau Rp 350 juta.

Honda City Hatchback Kapan Masuk Indonesia?

Kehadiran Honda City Hatchback ini tentu saja mengundang rasa penasaran, apakah akan hadir di Indonesia dan menggantikan Honda Jazz?

Nah, menanggapi hal tersebut Business Innovation and Sales and Marketing Director PT Honda Prospect Motor, Yusak Billy menyatakan bahwa untuk saat ini Honda Indonesia masih dalam tahap mempelajarinya. 

“Kalau dilihat market hatchback, Honda City hatchback desainnya sporty sesuai DNA Honda, cocok banget dengan konsumen sini (Indonesia), tapi balik lagi apakah diluncurkan atau tidak kita tunggu nanti. Belum diputuskan yang pasti produk sesuai target pasar dan keinginannya apakah itu berdampingan atau berganti,” ungkap Billy saat video conference bersama awak media beberapa waktu lalu. 

Kata Billy, karena pasar hatchback di Indonesia masih cukup bagus, dan hal itu juga membuat penjualan Honda Jazz masih dapat berkontribusi di posisi ketiga diantara model Honda lainnya yang dijual di pasar otomotif nasional. 

 

 

Herdi Muhardi
Herdi Muhardi

Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.



Berita Terkait



Baca Juga