LAINNYA

Jepang Perkenalkan Inovasi Trotoar Jalan yang Mudahkan Naik-Turun Bus

30 Sep 2019

Jepang kembali menjadi terdepan dalam menciptakan keamanan dan kenyamanan penggunaan fasilitas umum, khususnya pengguna bus.

Baru-baru ini diumumkan bahwa para pakar ban serta material karet bekerjasama dengan Bridgestone Corporation (Bridgestone), telah mengembangkan inovasi baru berupa desain pembatas pinggir jalan yang bisa memberikan solusi akses bus tanpa penghalang.

Desain pembatas jalan ini memungkinkan bus mendekati trotoar secara maksimal tanpa harus khawatir pinggiran trotoar akan merusak kondisi luar atau dinding ban.

Trotoar ini baru saja dipasang di wisma atlet yang baru dibangun untuk kepentingan Olimpiade dan Paralimpiade Tokyo 2020.

Desain pinggiran trotoar ini mencakup kemiringan khusus yang dirancang secara teknis agar lebih halus untuk bersentuhan dengan bentuk ban. Bahkan bentuk pinggiran trotoar tersebut juga bisa dibentuk mengikuti ukuran ban dan kendaraan umum yang menggunakan lokasi trotoar. 

Tentunya inovasi ini memberikan kenyamanan bagi pengguna bus atau angkutan umum dalam mengakses keluar maupun masuk. Apalagi bagi pengguna kursi roda, orang dengan kereta bayi, dan warga lanjut usia, akan semakin mudah.

Teknologi pembatas jalan ini pertama kali diperkenalkan di Okayama, Jepang bulan Juni 2019 lalu. Dan sekarang diadopsi oleh Pemerintah Metropolitan Tokyo. 

Instalasi tahap awal akan dibuat sepanjang di sekitaran Wisma Olimpiade dan untuk selanjutnya Bridgestone bersama Pemerintah Metropolitan Tokyo dan wilayah metro lainnya akan mengidentifikasi lokasi lainnya. 

“Bridgestone didirikan dengan misi melayani masyarakat, dan kami menghidupkannya setiap hari melalui upaya kami untuk meningkatkan cara orang bergerak, hidup, bekerja dan bermain,” ujar Masaaki Tsuya, Chairman of the Board, Chief Executive Officer dan Representative Executive Officer, Bridgestone Corporation.

Seperti diketahui, Bridgestone menjadi satu-satunya mitra Olimpiade dan Paralimpiade yang memiliki kantor pusat global di kota tuan rumah. Bridgestone dengan bangga menyediakan produk, layanan, solusi, dan teknologi canggih untuk meningkatkan pengalaman Tokyo 2020 bagi orang-orang yang memiliki berbagai kemampuan. (Z)