Copied to clipboard!

Seorang petugas Inspeksi mobil dari Otospector sedang memeriksa mobil yang hendak akan dijual.



BERITA

Jual Mobil Lebih Gampang Karena Ada Layanan Home Inspection, Begini Caranya

Author : Herdi Muhardi

12 Mar 2020


Layanan inspeksi mobil kini menjadi acuan bagi mereka yang ingin membeli atau menjual mobil. Pasalnya, harga mobil akan terasa masuk akal, karena pemeriksaan dilakukan orang  profesional dan laporan kondisi kendaraan lebih objektif. Dengan begitu, kita tak mudah dibohongi penjual atau pembeli.

Tapi, OLXer yang sibuk dan tidak sempat datang ke lokasi inspeksi untuk menjual mobil, kini tak perlu khawatir karena OLX.co.id menyediakan layanan Home Inspection yang memungkinkan petugas inspeksi mendatangi rumah atau kantor Anda.

Nah, untuk syarat dan ketentuan layanan Home Inspection berikut ulasannya.

Saat ini Home Inspection sudah hadir di wilayah Jakarta, Depok, Tangerang, Bekasi, dan Bogor.

Layanan ini dilakukan pada jam-jam tertentu yaitu pukul 09.00, 12.00, dan 15.00. Untuk lebih jelasnya, simak pertanyaan-pertanyaan umum terkait layanan Home Inspection berikut ini:

Dimana saja saya dapat melakukan Home Inspection?

Layanan Home Inspection saat ini baru berlaku untuk wilayah Jakarta, Depok, Tangerang, Bekasi, dan Bogor.

Apakah saya akan dikenakan biaya untuk layanan Home Inspection?

Ya, kami akan membebankan biaya sebesar Rp50 ribu (sudah termasuk pajak), untuk layanan inspeksi di lokasi kamu.

Kapan dan bagaimana saya bisa membayar layanan Home Inspection tersebut?

Kamu dapat melakukan pembayaran ketika petugas inspeksi kami telah datang ke lokasi kamu.

Bagaimana jika saya memiliki 2 mobil atau lebih untuk diperiksa?

Layanan Home Inspection dibebani biaya sebesar Rp50 ribu untuk setiap mobil. Jika kamu ingin menjual lebih dari 2 mobil, mohon membuat kode booking yang terpisah. Proses inspeksi dapat dilakukan dalam kunjungan Home Inspection yang sama, namun proses keseluruhan dapat berlangsung lebih lama.

Bagaimana jika mobil saya tidak bergerak. Masih bisakah saya menyelesaikan pemeriksaan untuk mobil saya?

Petugas inspeksi akan memeriksa mobil Anda dari berbagai parameter, seperti eksterior, interior, dan kualitas mesin untuk dapat menghasilkan laporan inspeksi yang lengkap. Tim kami menyarankan untuk membawa mobil dalam kondisi bergerak sebelum petugas mencapai lokasi.

Apa saja dokumen yang diperlukan untuk Home Inspection?

Yang perlu disiapkan saat proses Home Inspection adalah sebagai berikut:

1. Mobil yang ingin dijual.

2. Dokumen orisinil (STNK, BPKB, SPH, Faktur).

3. Plat asli nomor kendaraan yang akan dijual.

4. Buku garansi dan dokumentasi riwayat servis.

5. Kunci mobil cadangan.

Jika mobil masih dalam masa cicilan atau leasing, harap membawa tambahan dokumen yang dibutuhkan, antara lain:

1. Fotokopi BPKB yang telah dilegalisir oleh pihak leasing.

2. Salinan riwayat pembayaran.

3. Nomor kontrak sewa.

Jangan lupa untuk mengambil semua barang pribadi sebelum inspeksi dimulai.

Berapa banyak waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan inspeksi?

Menginspeksi mobil berdasarkan beberapa parameter. Petugas inspeksi yang profesional berkomitmen untuk menyelesaikan seluruh proses inspeksi mobil dalam waktu 30 menit. Namun, mungkin ada beberapa kasus yang berkaitan dengan kondisi mobil yang berbeda ketika proses inspeksi mobil, sehingga membuat proses inspeksi dapat berlangsung lebih lama.

Apa saja yang diperiksa selama inspeksi mobil saya?

Petugas inspeksi akan memeriksa 300 titik memastikan laporan standar objektif untuk memastikan kondisi mobil. Kami mulai dengan pemeriksaan dokumen, kemudian menggunakan alat-alat terbaru untuk menilai eksterior, ban, mesin, transmisi, interior, dan listrik. Untuk kasus tertentu, kami akan melakukan test drive untuk memeriksa mekanisme kemudi, suspensi, rem, dan aksesori mobil. Jangan ragu untuk mengajukan pertanyaan ke petugas inspeksi kami.

Apa yang harus saya lakukan jika saya memiliki perubahan rencana dan saya tidak bisa melanjutkan janji Home Inspection pada waktu tersebut?

Kami meminta Anda untuk menghubungi layanan pelanggan kami 150264 untuk menjadwalkan ulang setidaknya 1 hari sebelum tanggal janji. Tanggal dan waktu janji temu yang baru akan tergantung pada ketersediaan waktu yang tersedia di situs kami. Harap dicatat, kami tidak menjamin penjadwalan janji temu yang baru bisa dilakukan di hari yang sama.

Bagaimana jika saya memutuskan untuk membawa mobil saya ke cabang daripada melakukan Home Inspection?

Silahkan menghubungi nomor layanan pelanggan kami 150264 untuk membatalkan janji temu Home Inspection dan melakukan jadwal inspeksi yang baru di lokasi yang Anda inginkan. Layanan inspeksi di cabang kami tidak dikenakan biaya.

Berapa banyak waktu setelah inspeksi harga akan dikomunikasikan?

Dalam waktu 30 menit dari saat inspeksi, harga akan segera dikomunikasikan kepada Anda oleh petugas kami.