OLX News Logo
Menu Icon OLX News Logo Search Icon
OLX News Logo Close Icon

Home /  Berita /  Jualan Daihatsu Melesat, Gara-gara Daihatsu Rocky?



Jualan Daihatsu Melesat, Gara-gara Daihatsu Rocky?

12 May 2021

Jejeran unit produksi Astra Daihatsu Motor di Fasilitas Logistik Daihatsu. (Daihatsu)

Penjualan otomotif selama April 2021 mengalami kenaikan 2,9 persen dibanding Maret 2021, yaitu mencapai 79 ribu unit. Peningkatan ini disebut berkat adanya kebijakan pemerintah yang memberikan insentif Pajak Penjualan Atas Barang Mewah pada beberapa jenis mobil yang dijual di Indonesia.

Hasil positif terkait penjualan otomotif ini juga dirasakan PT Astra Daihatsu Motor selaku  agen pemegang merek Daihatsu di Indonesia, yang mengklaim kenaikan hingga 10,6 persen atau mencapai sekitar 13 ribu unit pada April 2021 dibandingkan Maret 2021.

Amelia Tjandra, Marketing Director dan Corporate Planning & Communication Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mengatakan, raihan positif  penjualan Daihatsu di bulan selanjutnya akan tetap bergairah seperti yang terjadi pada bulan Maret dan April 2021.

“Kami mendukung himbauan pemerintah untuk tidak mudik, karena Daihatsu percaya himbauan ini akan menekan penyebaran Covid-19, sehingga ekonomi Indonesia bisa kembali kondusif,” ungkap Amel dalam keterangan tertulis, Selasa (12/5/2021).

Lantas apakah penjualan Daihatsu karena ada faktor kemunculan Daihatsu Rocky?

Tentu saja bukan, sebab Daihatsu Rocky baru yang diperkenalkan pada 30 April 2021 lalu dan belum tercatat pembeliannya atau pemesannya.  Artinya, penjualan Daihatsu Rocky ini belum dipengaruhi ada

Adapun untuk market share Daihatsu di bulan April 2021 naik menjadi 17,2 persen, lebih besar dibandingkan Maret 2021, yang hanya mencapai 16 persen.

Nah, pada bulan April penjualan Daihatsu didominasi oleh tiga model utama, yaitu Sigra sebanyak 3.591 unit atau berkontribusi sebesar 26,3 persen; disusul Gran Max Pick Up dengan hasil 3.381 unit atau 24,7 persen dan Terios yang mencapai 2.481 unit atau persen 18,1 persen.

Selain ketiga model mobil di atas, ada juga beberapa mobil Daihatsu yang cukup laris, yaitu Daihatsu Ayla sebanyak 1.844 unit.

Lalu Gran Max minibus mencapai 1.193 unit atau 8,7 persen, kemudian ada juga Xenia yang pada April 2021 ikut dilakukan pengujian. Sedangkan sisanya yaitu Luxio dan Sirion yang secara total menyumbangkan 360 unit.

Nah, OLXer sendiri kalau mau beli mobil Daihatsu pilih yang mana? Atau mau tetap menunggu produk baru, Daihatsu Rocky?

 

Herdi Muhardi
Herdi Muhardi

Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.



Berita Terkait



Baca Juga