OLX News Logo
Menu Icon OLX News Logo Search Icon
OLX News Logo Close Icon

Home /  Berita /  Jualan Online Jadi Strategi Jitu Honda di Masa Pandemi Covid-19, Brio Jadi Penyelamat



Jualan Online Jadi Strategi Jitu Honda di Masa Pandemi Covid-19, Brio Jadi Penyelamat

18 May 2020

Honda Brio Satya. (Honda)

Penjualan otomotif khususnya mobil di masa pandemi virus corona mengalami penurunan tajam. Bahkan bagi pabrikan mobil asal Jepang, Honda, selama April 2020 lalu penjualannya turun 82 persen jika dibandingkan April 2020.

Menurut Business Innovation, Sales, and Marketing Director PT Honda Prospect Motor Yusak Billy, pada Januari-April 2020, penjualan Honda secara retail sales mencapai 37.033 unit atau turun 27 persen, sedangkan dibandingkan periode yang sama di tahun lalu tembus 50.457 unit.

“Tetapi kita harus tetap semangat karena ini adalah masa disruption. Pada bulan April penjualan masih didominasi oleh Honda Brio sekitar 50 persen kontribusinya. Kontribusi penjualan di bulan April yang kedua ada HRV sekitar 16 persen,” ungkap Billy saat video conference beberapa waktu lalu.

Billy rupanya tak mau ambil pusing dengan penurunan penjualan. Sebaliknya, menurut dia kondisi saat ini tidak hanya sekadar sebuah tantangan, tetapi juga membawa  potensi ke depan yang lebih besar.

Penjualan mobil di masa pandemi memang tampak tak bergairah. Bahkan Honda kini tak terlalu berambisi untuk menorehkan angka penjualan setinggi-tingginya.

Sebaliknya, menurut Billy, Honda saat ini fokus pada pelayanan terhadap konsumen dan bisnis yang efficient dan juga dengan inovasi.

“Sekarang juga new normal will come dan bisnis informasi itu harus tetap ada dan contingency plan dan survival mode. dimana kita lebih aktif ke penjualan secara online dan juga service yang biasanya offline ke dealer sekarang kita aktifkan Home Service dan Pick up Service, kalau itu membutuhkan servis yang besar,” jelas Billy.

Billy sendiri tak menampik, jika daya beli masyarakat selama pandemi berkurang. Sebab, lanjut Billy, saat ini masyarakat  sedang prioritas terhadap kesehatan dan keamanan.

“Jadi fokus kami tetap menghadirkan pelayanan untuk konsumen yang membutuhkan dan berkontribusi terhadap upaya menekan penularan virus corona dengan tetap berada di rumah," tuturnya.

 

Herdi Muhardi
Herdi Muhardi

Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.



Berita Terkait



Baca Juga