Kamis, April 18, 2024
Lainnya
    BeritaJuni 2020 Market Share Suzuki Capai 14,1 Persen, Penjualan Retail Tembus 4.206...

    Juni 2020 Market Share Suzuki Capai 14,1 Persen, Penjualan Retail Tembus 4.206 Unit

    Masuk di bulan Juni 2020 PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) mencatat hasil penjualan yang cukup positif jika dibandingkan penjualan di bulan Mei 2020. Kehidupan masyarakat yang berangsur normal usai masa pembatasan sosial mendorong peningkatan penjualan kendaraan merek Suzuki untuk mendukung aktivitas dan mobilitas sehari-hari.

    “Banyak masyarakat yang menunda membeli mobil karena adanya pembatasan aktivitas. Tapi sekarang kegiatan masyarakat dan logistik sudah mulai pulih. Selain itu, penggunaan mobil pribadi menjadi alternatif untuk mengurangi risiko terpapar COVID-19,” terang Donny Saputra, 4W Marketing Director PT SIS dalam keterangan tertulis, Selasa (21/7/2020). 

    Sepanjang Januari – Juni 2020, SIS berhasil membukukan angka wholesales 28.786 unit, dengan retail sales mencapai angka 34.536 unit.

    Angka tersebut sekaligus mengangkat persentase market share di segmen retail dari 12,9 persen pada bulan Mei 2020 menjadi 14.1 persen di Juni 2020.

    Angka penjualan Suzuki di Juni 2020 juga naik signifikan dibanding penjualan Mei 2020. Di segmen wholesales pada bulan Mei 2020 tercatat 779 unit, dan pada bulan Juni 2020 menjadi 2.755 unit. 

    Sementara di segmen retail, pada Juni 2020 tercatat 4.206 unit, meningkat cukup tajam dibandingkan penjualan retail bulan Mei 2020 yang hanya tercatat sebanyak 2.205 unit.

    Tiga model kendaraan Suzuki berkontribusi cukup besar atas raihan penjualan retail. Dimana New Carry Pick Up berkontribusi 56,8 persen, XL7 menyumbang sebanyak 13,5 persen dan All New Ertiga berkontribusi 12,1 persen.

    Selain itu, model-model lain seperti SX4 S-Cross, New Baleno, Jimny dan New Ignis memberikan kontribusi 10,1 persen dari total penjualan Suzuki di bulan Juni.

    Kendaraan penumpang Suzuki diklaim cukup menarik minat konsumen karena memiliki ruang kabin yang lega sehingga tetap bisa menjaga jarak antar penumpang, sekaligus punya banyak kompartemen yang berfungsi menyimpan alat-alat kebersihan dan kesehatan. 

    Selain itu, dukungan dari perusahaan leasing seperti Suzuki Finance juga ikut meningkatkan pangsa pasar Suzuki di bulan Juni 2020. 

    Sektor UMKM Kembali Bergeliat, Kebutuhan Kendaraan Komersial Meningkat

    New Carry Pick Up menjadi ‘hero product’ Suzuki di masa transisi dengan angka penjualan yang cukup signifikan. Lebih dari setengah total penjualan kendaraan Suzuki disumbang oleh model ini.

    Sektor UMKM yang kembali menggeliat menjadi alasan kuat meningkatnya angka penjualan New Carry Pick Up di bulan Juni 2020. 

    “Kegiatan logistik dan pengiriman tetap dibutuhkan meski dalam kondisi pandemi. Hal ini yang membuat kontribusi New Carry tetap tinggi. Tapi kendaraan penumpang juga mulai kembali naik permintaannya, seperti produk lokal terbaru andalan Suzuki, yaitu XL7. Kami ucapkan terima kasih atas kepercayaan masyarakat yang telah memilih produk Suzuki selama 50 tahun keberadaan Suzuki di Indonesia. Kami akan terus mendampingi masyarakat dengan menyediakan mobil berkualitas dan sesuai kebutuhan,”  tutup Donny.

    Populer
    GIIAS 2023
    Berita Terkait