Copied to clipboard!
5 Motor Triumph

Triumph Rocket 3 R (Foto : Zie)



MOTOR

Kenalan Singkat Dengan 5 Motor Baru Triumph

Author : Zainal Abidin

19 Aug 2020


Pada 15 Agustus 2020 lalu, PT. Garda Andalan Selaras (GAS Motorcycles) sebagai distributor motor Triumph di Indonesia genap berusia empat tahun. Sebagai bentuk komitmen dalam memasarkan motor asal Inggris ini, GAS Motorcycles meluncurkan lima motor baru. 

“Kehadiran beberapa produk baru pada tahun ini merupakan bentuk komitmen kami untuk pecinta motor Triumph di Indonesia. Kami berharap kehadiran beberapa produk terbaru ini bisa menjadi pilihan bagi para pecinta motor yang ingin merasakan berkendara dengan motor legendaris asal Inggris ini,” ungkap Sapta Hariaji, Sales Distribution & Marketing Director GAS Motorcycles, Selasa (18/8/2020).  

Berikut adalah review singkat dari kelima motor baru Triumph line up 2020 yang dijual di Tanah Air :

All New Triumph Tiger 900 GT Pro & Tiger Rally

Triumph merancang generasi terbaru Tiger di segmen adventure yakni New Tiger 900 GT Pro dan Triumph Tiger 900 Rally untuk menggantikan model sebelumnya, Tiger 800. 

Keduanya menggendong mesin 888 cc, DOHC, berpendingin cairan, 3-silinder yang menjanjikan tenaga 93 dk di 8.750 rpm serta torsi puncak 87 Nm pada putaran 7.250 rpm. Perubahan di bagian mesin ini memberi peningkatan torsi hingga 10 persen dibanding versi Tiger 800.

Mesin baru ini diklaim lebih responsif serta sudah memenuhi Euro 5.   

Konstruksi frame yang kokoh model modular dengan subframe belakang bolt-on aluminium mampu mereduksi bobotnya hingga 5 kg dibanding sebelumnya . Sementara aplikasi suspensi yang kokoh, khususnya pada New Tiger GT Pro tipe elektronik dapat menyesuaikan tingkat pengendaraan di berbagai kondisi jalanan.

Perbedaan dari kedua model baru ini adalah New Tiger 900 GT Pro didesain sebagai motor urban adventure dan juga untuk perjalanan jarak jauh. Sedangkan New Tiger 900 Rally diposisikan sebagai tunggangan off-road adventure maksimum namun tetap nyaman digunakan di jalanan.

Dua model ini juga dipasarkan dengan harga berbeda, New Triumph Tiger 900 GT Pro  dibanderol Rp 545 juta dan New Triumph Tiger 900 Rally Rp 498 juta, keduanya merupakan harga off the road. 

Triumph Bonneville T100 dan T120 Bud Ekins

Model berikutnya bermain di segmen retro modern melalui dua varian baru Triumph Bonneville, T100 dan T120 edisi spesial Bud Ekins.

Bud Ekins adalah pembalap legendaris di era 1960-an yang sekaligus merupakan legenda stuntman profesional Hollywood yang memerankan Steve McQueen saat menerbangkan Triumph Bonneville di film “The Great Escape”.

Untuk Triumph Bonneville T100 mengusung mesin 900 cc berpendingin cairan 2-silinder dengan output 54 dk di 5.900 rpm serta torsi 80 Nm pada 3.230 rpm melalui transmisi manual 5-percepatan.

Sedangkan T120 mengusung mesin 1.200 cc berpendingin cairan, SOHC, 2-silinder yang mampu menghembuskan tenaga 79 dk di 6.550 rpm dan torsi 105 Nm yang dicapai pada putaran 3.100 rpm.

Identitas lain selain kombinasi warna merah dan putih adalah penempatan logo Bud Ekins di panel samping, tutup tangki model Monza, spakbor depan, lampu LED belakang, spion model bar end, sampai sentuhan badge khusus pada blok mesin.

Yang bikin tambah istimewa adalah karena jumlah kedua model ini yang masuk ke Indonesia hanya tiga unit untuk masing-masing varian.

“Untuk varian yang Bonneville T120 edis Bud Ekins seluruhnya sudah berstatus sold out. Tinggal yang varian T100. Jadi kalau ada konsumen yang minat, pilihan tersisa hanya tinggal yang Bonneville T100,” ungkap Sapta Hariaji.

Setiap pembelian unit yang hanya dibuat sekali ini dalam sejarah disertai sertifikat dan kisah sejarah perjalanan Bud Ekins.

Triumph Bonneville T100 Bud Ekins dijual dengan harga Rp 390 juta sementara Triumph Bonneville T120 Bud Ekins dibanderol Rp 445 juta. 

Triumph Rocket 3 R

Di bulan Juni 2020 lalu, Triumph Indonesia sempat juga memperkenalkan model Rocket 3 GT yang diklaim sebagai motor bertenaga paling buas yang pernah dibuat di dunia.

Di kesempatan istimewa ini Triumph melalui GAS Motorcycles juga menghadirkan varian baru model roadster-nya, yakni Triumph Rocket 3 R. Secara keseluruhan antara Rocket 3 GT dan Rocket 3 R hampir dibilang sama. Yang membedakan hanya gaya riding 3 R lebih lebih sporty.

Untuk bisa memiliki motor paling sensasional merek Triumph ini, sediakan saja uang sebesar Rp 750 juta (off the road).