Copied to clipboard!
Tips Ganti Oli Mesin Mobil

Service mobil sekaligus ganti oli mesin dengan produk pelumas Mobil™ Lubricants (Foto : Shutterstock)



TIPS

Benarkah Pakai Oli Lebih Kental Bikin Bensin Lebih Boros?

Author : Zainal Abidin

12 Oct 2020


Oli mesin merupakan salah satu hal yang harus selalu diperhatikan kalau kita menginginkan performa kendaraan selalu berada dalam kondisi yang prima. Dengan rajin mengganti oli sesuai dengan jarak tempuh yang dianjurkan oleh masing-masing bengkel resmi, bisa menjadi jaminan kondisi mesin selalu dalam keadaan baik.

Dalam perawatan, khususnya mengganti oli mesin, sangat penting untuk mengetahui jenis pelumas yang sesuai dengan mesin kendaraan, terutama untuk urusan tingkat kekentalan (SAE) pelumas. 

Diumpamakan seperti madu dan air saat keduanya dituang dari gelas, kedua cairan ini akan mengalir dengan kecepatan yang berbeda. Kira-kira mana yang akan lebih dulu habis? Pasti jawabannya adalah air.

Inilah yang disebut dengan istilah viskositas atau kekentalan. 

Untuk oli mesin, kekentalan atau viskositas menentukan seberapa cepat oli mengalir dan melindungi mesin. Semakin tinggi angka SAE, menandakan semakin tinggi tingkat viskositasnya, artinya oli semakin kental dan semakin lambat laju alirnya.

Oli yang tingkat kekentalannya tinggi berdampak pada kinerja mesin yang membuat tarikan jadi kurang responsif. Ujung-ujungnya mobil jadi boros bensin karena butuh energi lebih agar oli bisa melumasi area mesin yang penting. 

Untuk masalah yang satu ini biasanya akan memunculkan polemik perdebatan dan perbedaan pendapat, sehingga pemilik mobil butuh panduan yang jelas dalam memilih jenis pelumas yang sesuai dengan karakter mesinnya.

Yang jelas, mobil zaman sekarang sudah memiliki teknologi mesin yang lebih canggih, sehingga membutuhkan jenis oli mesin yang viskositasnya lebih ‘ringan’. 

Jenis oli viskositas rendah seperti Mobil 10W-40 menjadi pilihan tepat untuk mesin mobil baru berbahan bakar bensin, karena bisa lebih irit. 

Faktor yang mempengaruhi mesin sehingga harus menggunakan pelumas lebih kental adalah usia kendaraan itu sendiri. Karena ini erat kaitannya dengan teknologi, semakin tua usia mobil, maka jarak renggang antar komponen juga sudah tidak serapat saat masih dalam kondisi baru. 

Sehingga karakter mobil harus benar-benar dipahami oleh pemilik kendaraan agar tidak salah dalam memilih jenis pelumas. 

”Mekanik tersertifikasi dan berpengalaman membuat kami percaya mampu memberikan edukasi terbaik untuk pengguna jasa Brum Indonesia. Termasuk di dalamnya edukasi dari mekanik tentang jenis pelumas rekomendasi yang memang kadang menjadi dilema untuk konsumen,” ujar Bagus Mahadityo, CEO Brum Indonesia. 

ExxonMobil Lubricants Gandeng Brum Indonesia Perpanjang Layanan Servis di Rumah

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta saat ini kembali memberlakukan Peraturan Sosial Berskala Besar (PSBB) Transisi, sehingga masyarakat kembali harus membatasi segala kegiatan serta ruang geraknya dalam memutar roda perekonomian. 

PT ExxonMobil Lubricants Indonesia (PT EMLI) selalu mendukung apapun yang menjadi program pemerintah, sebagai bagian dari upaya mengurangi penyebaran virus Corona. 

Menggandeng Brum Indonesia, PT EMLI terus berupaya menghadirkan layanan maksimal terhadap konsumen, salah satunya dengan terus fokus menghadirkan layanan servis mobil di rumah dengan pelayanan yang aman, nyaman, oleh para mekanik profesional Brum Indonesia, menggunakan pelumas Mobil™ Lubricants. 

“Kami harap layanan ini mampu memberikan kemudahan bagi konsumen yang ingin tetap menjaga dan merawat kendaraannya selama pandemi dan masa PSBB ini berlangsung, tentunya dengan tetap menjalankan protokol kesehatan selama proses servis di rumah dilakukan,” sebut Eben Tambunan selaku Mobil™ Lubricants General Manager.  

Layanan ini masih dapat terus dinikmati masyarakat Jabodetabek hingga akhir tahun 2020, dengan menawarkan 2 paket layanan, yaitu paket ganti oli dan juga paket komplit (tune up dan ganti oli) dengan harga yang menarik. 

Kolaborasi mekanik berpengalaman dari Brum Indonesia, serta penggunaan pelumas Mobil™ Lubricants yang terjamin kualitas serta memberikan banyak pilihan jenis dan kekentalan, tentu akan membawa pengalaman ”peace of mind” yang lebih dalam. 

Khusus bulan Oktober ini, konsumen bisa mendapatkan masker dan minyak goreng melalui program "Mobil Ngebrum, Dapur Ngepul" dengan memilih paket komplit. Info lengkap bisa diakses di website mobil.co.id.