OLX News Logo
Menu Icon OLX News Logo Search Icon
OLX News Logo Close Icon

Home /  Motor /  Kenalin, Motor Listrik BL-SEV01 Buah Karya Mahasiswa Universitas Budi Luhur



Kenalin, Motor Listrik BL-SEV01 Buah Karya Mahasiswa Universitas Budi Luhur

14 Jan 2021

BL-SEV01 sendiri merupakan sepeda motor yang 100 persen digerakan menggunakan tenaga listrik sebagai sumber tenaga, dan pengembangannya mendapatkan dukungan dari LIPI serta dibantu rumah modifikasi Katros Garage untuk desain. (UBL)

Universitas Budi Luhur kembali melakukan terobosan canggih di dunia otomotif nasional. Setelah sempat menciptakan mobil listrik bernama Neo Blits, Universitas Budi Luhur kini memperkenalkan motor ramah lingkungan yang disebut BL-SEV01.

Nama BL-SEV01 sendiri merupakan kepanjangan dari Budi Luhur - Sport Electric Vehicle 01 (BL-SEV01). Ya, BL-SEV01 merupakan motor listrik yang diklaim sebagai inovasi dan mengikuti laju perkembangan zaman yang semakin efisien, termasuk dalam mengikuti perkembangan mobilitas di masa depan melalui kendaraan listrik. 

Menurut Ketua Badan Pengurus Harian (BPH) Yayasan Pendidikan Budi Luhur Cakti, Kasih Hanggoro, Universitas Budi Luhur telah lama merencanakan pengembangan mobil dan motor listrik yang merupakan hasil karya anak bangsa. 

BL-SEV01 Universitas Budi Luhur
BL-SEV01 sepeda motor listrik yang dikembangkan Universitas Budi Luhur. (Universitas Budi Luhur)

“Riset yang kami kembangkan ini menjadi bagian dari misi Universitas Budi Luhur dalam memfasilitasi dan memotivasi sivitas akademika untuk mencapai penelitian bermutu, serta melakukan kegiatan yang bermanfaat bagi kesejahteraan masyarakat luas," ungkap Kasih, Kamis (14/1/2021).

BL-SEV01 sendiri merupakan sepeda motor yang 100 persen digerakan menggunakan tenaga listrik sebagai sumber tenaga, dan pengembangannya mendapatkan dukungan dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) serta dibantu rumah modifikasi Katros Garage untuk desain kendaraan.

Adapun dalam pengembangannya, BL-SEV01 ini terdiri dari tiga komponen utama, yaitu motor listrik, baterai, dan modul, sehingga bisa bekerja secara optimal sesuai dengan kondisi, karakteristik, dan medan di Indonesia. Semua komponen yang dikembangkan ini sudah teruji dan terbukti bisa berfungsi dengan baik setelah melalui rangkaian tes di laboratorium milik LIPI.

BL-SEV01 Universitas Budi Luhur
Tampilan belakang sepeda motor listrik BL-SEV01 karya mahasiswa Universitas Budi Luhur. (Universitas Budi Luhur)

Sekadar informasi, BL-SEV01 ini memiliki bentuk seperti model Cafe Racer yang mengandalkan performa dan kemampuan sebagai sebuah motor sport yang kuat, tangguh, dan agresif. Pemilihan desain ini disesuaikan dengan performa dari BL-SEV01 yang setara dengan motor sport 300 cc.

Untuk jantung pacu, BL-SEV01 telah dibenamkan motor listrik BLDC 96 Volt dan didukung baterai 48 Ah dan controller 96 Volt 200 Ampere sehingga menghasilkan daya 16 kW. Dengan mesin ini pula, baterai yang sekali pengecasan hingga penuh selama empat jam mampu melesat  sejauh 110 kilometer.

Gimana OLXer, keren kan karya anak bangsa?

 

Herdi Muhardi
Herdi Muhardi

Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.



Berita Terkait



Baca Juga