OLX News Logo
Menu Icon OLX News Logo Search Icon
OLX News Logo Close Icon

Home /  Modifikasi /  Keren, Ada Skuter Matik Disulap Seperti Tank Tempur



Keren, Ada Skuter Matik Disulap Seperti Tank Tempur

28 Apr 2021

Hamyak, skuter listrik bermesin 150cc buatan China disulap menjadi tank mini. (RideApart)

Tank, merupakan kendaraan kendaraan tempur lapis baja yang sering digunakan militer untuk berperang. Armada tempur yang selalu berada di garis terdepan saat berperang ini dapat bergerak menggunakan roda berbentuk rantai sehingga mampu melaju di berbagai medan.

Nah, OLXer juga harus tahu, karena menggunakan material lapis baja, tank memiliki bobot sampai puluhan ton beratnya. Dengan material baja, tank juga mampu menahan dari serangan peluru, termasuk meriam.

Bicara soal tank, seorang insinyur asal Rusia, Eduard Luzyanin, dalam beberapa hari terakhir viral. Tentu bukan karena joget-joget atau memperlihatkan kelakuan nyeleneh, melainkan berhasil membuat sebuah tank berbasis sebuah skuter matik asal China dengan mesin 150 cc yang disebut Hamyak.

Dilansir RideApart, Hamyak yang bentuknya seperti tank mini ini, ternyata memiliki berat yang cukup ringan yaitu hanya 85 kg. Namun begitu, tank mini ini bisa dikendarai orang dewasa, termasuk Luzyanin yang merupakan sang pionir. 

Hamyak
Tampilan belakang Hamyak. (RideApart)

Diketahui, Hamyak menggunakan sistem monotrack seperti roda rantai tank sesungguhnya. Selain itu, Luzyanin juga membuat tangki bahan bakar yang mampu menampung 10 liter, dan tangki bahan bakar cadangan sebesar lima liter persis dibagian belakang. 

“Konsumsi Bahan bakar 1 liter per jam. Jadi mengisi tangki dan bahan bakarnya kemungkinan besar akan membuat Anda bertahan selama petualangan sepanjang hari,” kata Luzyanin dikutip RideApart.

Disebutkan pula, kecepatan Hamyak mampu melaju dengan kecepatan tinggi dengan angka 43 km per jam. Namun begitu, dipastikan, kecepatan tank mini ini bisa lebih tinggi dan jarak tempuhnya bisa lebih jauh. 

Hamyak
Eduard Luzyanin,sang pelopor Hamyak mendemonstrasikan kehebatan Hamyak. (RIde Apart)

Untuk menentukan jarak tempuh yang jauh atau dekat bisa bervariasi tergantung dari permukaan jalan. Namun begitu, Tidak disebutkan secara detail apakah Hamyak bisa dikendarai seperti tank.

Selain itu, tank mini ini juga tidak dijabarkan secara detail bagian mesin apa saja yang diubah. Hanya saja, agar mirip dengan tank tempur, tampilan kerangka Hamyak ini dicat dengan warna hijau army. 

 

Herdi Muhardi
Herdi Muhardi

Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.



Berita Terkait



Baca Juga