OLX News Logo
Menu Icon OLX News Logo Search Icon
OLX News Logo Close Icon

Home /  Berita /  Keren, di Masa Depan Ban Mobil Akan Punya Sensor Pintar



Keren, di Masa Depan Ban Mobil Akan Punya Sensor Pintar

12 Oct 2021

Pabrikan ban Goodyear mengembangkan ban akan canggih, dimana ban akan dapat ‘berbicara’ atau memberi tahu berbagai informasi kepada pengendara, berkat pengguna sensor pintar.

Ban pada mobil sejatinya berfungsi sebagai penopang beban kendaraan, menyerap benturan, mentransmisikan traksi dan daya pengereman permukaan jalan, serta mengubah dan menjaga arah perjalanan. 

Namun OLXer harus tahu di masa depan, fungsi ban akan lebih canggih. Bahkan ban juga akan dapat ‘berbicara’ atau memberi tahu berbagai informasi kepada pengendara, berkat pengguna sensor pintar.

Setidaknya, penyematan sensor pintar tersebut kini sedang dikembangkan pabrikan ban asal Amerika Serikat, Goodyear, dengan memanfaatkan pengaplikasian Internet of Things (IoT) ke dalam ban mobil yang kini semakin populer. 

Berdasarkan keterangan tertulis, Selasa (12/10/2021) dengan menggunakan sensor pintar, ban mobil semakin terkoneksi dengan internet, menciptakan integrasi sistem ban pintar dengan beragam perangkat digital.   

Menurut Goodyear, dengan menggunakan penyematan sensor ke dalam ban mobil maka akan memberikan beragam informasi penting mulai dari suhu jalan, traksi, juga akselerasi kendaraan dan tekanan ban. 

Dengan adanya sensor pintar dalam ban, maka ketika ban bekerja secara terus-menerus mengumpulkan data-data yang sulit dikumpulkan oleh pengemudi secara manual.  

Nah, jika terbacanya data-data tersebut, maka pengemudi akan mendapatkan peringatan tentang masalah ban yang muncul, sehingga pengemudi dapat melakukan antisipasi. 

Untuk sistem penyimpanannya, sensor tersebut akan mengirimkan peringatan melalui indikator tertentu (biasanya kedipan lampu) dan mengirimkan umpan balik kepada sistem pemeliharaan armada melalui telematika. 

Dengan adanya informasi tersebut, tentunya akan menjadi acuan bagi teknisi untuk melakukan perbaikan maupun penggantian berkala terhadap ban mobil. 

Seperti diketahui, sensor pintar yang ada pada ban mobil saat ini sudah semakin berkembang. Seperti halnya penyematan sistem manajemen tekanan ban yang dipasang secara internal yaitu TPMS = Tire Pressure Management System. 

Dengan fitur ini, faktanya sensor elektronik dirancang untuk dapat bertahan di dalam ban truk yang bergulir, dengan terus-menerus mengirimkan data tentang faktor operasional penting seperti suhu, tekanan udara, dan getaran. Penyematan TPMS menjadi lebih menantang dibandingkan sensor di luar ban dikarenakan lingkungan ekstrim dalam ban. 

Lalu bagaimana penggunaan sensor yang diterapkan dalam produk Goodyear? 

Perusahaan masih terus menguji beberapa ban purwarupa yang bisa terhubung secara ekstensif dengan berbagai perangkat. Penggunaan sensor mulai masuk pada beberapa konsep produk yang telah dikembangkan oleh Goodyear.

Salah satu ban konsumen yang kemungkinan akan disematkan sensor pintar yaitu Eagle 360 Urban. Ban ini dikembangkan dengan menerapkan pendekatan yang sama dengan ban bundar (spherical) yang dicetak 3D dengan polimer super-elastis dan disematkan dengan sensor yang mengirim data jalan dan ban kembali ke panel control. 

Dimana data tersebut kemudian diubah menjadi desain tapak yang akan merespons kondisi jalan terkini dengan cepat dan berbagi info kondisi dalam jaringan lebih luas. 

Selain itu, ban yang mungkin akan digunakan sensor pintar adalah ban konsep 3D Oxygene, lumut hidup dan fotosintesis digunakan untuk memberi daya pada elektroniknya. 

Listrik yang dihasilkan sendiri ini akan menggerakkan sensor yang terpasang, unit pemrosesan kecerdasan buatan, serta strip lampu yang menyala saat pengemudi mengerem atau mengubah jalur.

Penting diingat bahwa hingga sekarang ban pintar bersensor oleh Goodyear ini, belum tersedia untuk konsumen. Sebaliknya Goodyear masih terus mengembangkan ban baru yang akan mengubah peta industri ban, sehingga menjadi lebih kompetitif di masa depan.

 

Herdi Muhardi
Herdi Muhardi

Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.



Berita Terkait



Baca Juga