Sabtu, April 20, 2024
Lainnya
    MotorKerennya Moge Touring Honda CRF1100L Africa Twin Adventure Sports, Ini Spesifikasinya

    Kerennya Moge Touring Honda CRF1100L Africa Twin Adventure Sports, Ini Spesifikasinya

    Honda CRF1100L Africa Twin Adventure Sport akhirnya diluncurkan di Indonesia. Sebelumnya, motor bergaya adventure ini hadir pertama kali di gelaran EICMA (Esposizione Internazionale Ciclo Motociclo e Accessori) 2019, Milan, Italia.

    Nah kali ini, Honda CRF1100L Africa Twin Adventure Sports dengan beragam kecanggihan fitur dan teknologinya dibawa langsung PT Astra Honda Motor (AHM) menggantikan versi sebelumnya.

    Menurut President Director AHM Toshiyuki Inuma Honda CRF1100L Africa Twin Adventure Sports merupakan jawaban bagi petualang sejati yang gemar berkendara jarak jauh dengan melintasi kondisi jalan yang beragam.

    “Honda CRF1100L Africa Twin Adventure Sports hadir untuk memberikan pengalaman yang luar biasa dan menyenangkan dalam menaklukan tantangan di berbagai medan dengan daya jelajah yang jauh,” ungkap Inuma saat peluncurannya di hotel Shangrila, Jakarta, Rabu (4/2/2020).

    Fitur Canggih

    Honda CRF1100L Africa Twin Adventure Sports

    Masuk ke dalam jajaran motor gede (moge), Honda CRF1100L Africa Twin Adventure Sports dilengkapi dengan fitur yang lengkap dan canggih, seperti halnya sensor Inertial Measurement Unit (IMU) yang berfungsi untuk mendeteksi posisi sepeda motor dalam 6 poros dan dapat terhubung pada fitur lain seperti ECU serta ABS, sehingga sepeda motor dapat menyesuaikan kondisi medan yang dilalui.

    Motor adventure tourer ini juga telah mengaplikasikan 4+2 riding mode, di mana pengendara dapat memilih mode yang sesuai dengan jalanan yaitu mode tour, urban, gravel dan off-road. Sedangkan dua riding mode tambahan merupakan pilihan mode yang dapat diatur sendiri oleh pengendara dalam menyesuaikan kebutuhannya.

    Meski bentuknya yang bongsor, Honda CRF1100L Africa Twin Adventure Sports diklaim tidak hanya mampu dipacu di kondisi jalanan off-road, tetapi juga nyaman saat touring, dan lincah ketika berkendara harian.

    Honda CRF1100L Africa Twin Adventure Sports

    Menariknya lagi, motor ini disematkan windscreen yang dapat disesuaikan dengan lima tingkat ketinggian membuat sensasi berkendara semakin nyaman.

    Ada juga fitur lain untuk mengatasi kondisi di trek aspal atau sedang menjelajah medan offroad yaitu berkat adanya Honda Selectable Torque Control (HSTC) sistem yang menawarkan tujuh tahap kontrol (mode), yang memungkinkan pengendara menonaktifkan ABS roda belakang dan mendapat sensasi berkendara sesuai yang diinginkan.

    Honda CRF1100L Africa Twin Adventure Sports

    Fitur-fitur lain yang tak kalah canggih adalah keberadaan full digital panel meter yang merupakan layar sentuh TFT dengan besar 6,5 inch menampilkan informasi yang lengkap seperti riding mode, temperatur udara, kecepatan, dan banyak informasi lain yang dapat diatur sendiri oleh pengendara. 

    Selain itu fitur ini juga didukung oleh Apple CarPlay dan koneksi  bluetooth. Tersematnya fitur cruise control pada model ini turut memberikan rasa nyaman bagi pengendara saat menikmati perjalanan.

    Pada tipe DCT terdapat 2 mode, yaitu Mode D menawarkan keseimbangan terbaik antara konsumsi bahan bakar dan kenyamanan berkendara, sementara mode S memberikan tambahan performa sport.  

    Ada juga ”G switch” untuk fluktuasi lebih bertenaga pada RPM rendah saat melewati medan off-road. Saat fitur ”G” ini dimatikan, pengiriman tenaga akan lebih lembut. Untuk Honda CRF1100L Africa Twin Adventure Sports tipe DCT telah dilengkapi fitur cornering detect. Fitur ini berfungsi menghasilkan perpindahan gigi lebih natural saat melewati belokan.

    Sensor IMU yang berfungsi untuk mendeteksi posisi sepeda motor dalam 6 poros dan terkoneksi dengan ECU dan ABS memberikan kenyaman dan keamanan bagi pengendara. 

    Fitur cornering ABS berfungsi mencegah ban terkunci saat pengereman ketika berbelok, lalu rear lift control berfungsi mencegah ban belakang terangkat karena pengereman yang berlebih, fitur cornering light akan menyalakan lampu tambahan untuk membantu penerangan jalan sesuai dengan posisi kemiringan motor, dan wheelie control untuk mencegah ban depan terangkat akibat hentakan tenaga yang berlebih.

    Berikut spesifikasi lengkapnya:

    Dimension

    Honda CRF1100L Africa Twin Adventure Sports

    – (LxWxH) : 2.330 mm x 960 mm x 1.560 mm

    – Wheelbase : 1.575 mm

    – Ground Clearance : 210 mm 

    – Seat Height : 810 mm

    – Curb Mass : 238 kg (M/T), 248 kg (DCT)

    Engine

    Honda CRF1100L Africa Twin Adventure Sports

    – Type : SOHC liquid-cooled 4-stroke 8-valve parallel twin with 270° crank and Uni-cam

    – Displacement : 1.084cc

    – Bore & Stroke : 92mm x 81.5mm

    – Compression Ratio : 10.1: 01

    – Max. Power Output : 75kW at 7,500rpm

    – Max. Torque : 105Nm at 6,250rpm

    – Fuel Supply System : PGM-FI

    – Oil Capacity 3,9 liter

    – Fuel Tank Capacity : 24,8 liter

    – Gear Shift Pattern : 1-N-2-3-4-5-6 (M/T), N-1-2-3-4-5-6 (DCT)

    Electrical System

    – Starter : Electric

    – Ignition Type : Fuel Transisterized, Battery

    – Battery Capacity : 12V-6Ah Li-ion battery

    – Spark : Plug Type NGK SILMAR8A9S

    – Headlight Hi 15,65 W x 2 LED, Low 9,35 w x 2 LED

    Frame

    Honda CRF1100L Africa Twin Adventure Sports

    – Frame Type : Semi double cradle.

    – Suspension Type Front : Showa 45mm cartridge -type inverted telescopic fork with dial-style preload adjuster and DF adjustments, 185mm stroke.

    – Suspension Type Rear : Monoblock aluminium swing arm with Pro-Link with Showa gas-charged damper, hydraulic dial-style preload adjuster and rebound damping adjustments, 79,5 mm rear wheel travel.

    – Tyres Front : 90/90-21M/C 54H (tube type) (Bridgestone Battlax Adventure cross Tourer AX41T / Metzeler Karoo Street).

    – Tyres Rear : 150/70R18M/C 70H (tube type) (Bridgestone Battlax Adventure cross Tourer AX41T / AX41T Metzeler Karoo Street)

    – Brake Type Front : 310mm dual wave floating hydraulic disc with aluminium hub and radial fit 4-piston calipers and sintered metal pads.

    – Brake Type Rear : 256mm wave hydraulic disc with single piston caliper and sintered metal pads. 2-channel with rear ABS OFF mode.

    Harga

    Menyoal harga, Honda CRF1100L Africa Twin Adventure Sports dengan warna Tricolor, kombinasi merah, putih, dan biru. Untuk tipe manual dipasarkan dengan harga Rp 559,9 juta dan tipe DCT dibanderol Rp 599,9 juta. Semuanya dijual on the road Jakarta. (Her)

    Populer
    GIIAS 2023
    Berita Terkait