TIPS PROPERTI

Ketahui Untung Rugi Membeli Apartemen

15 Oct 2019

Memiliki properti dianggap menjadi investasi jangka panjang yang harus dipertimbangkan dengan matang. Hal ini juga terjadi pada  apartemen yang disebut menjadi salah satu investasi tepat.

Bahkan saat ini hunian seperti apartemen banyak diincar dari berbagai kalangan. Nah, mereka yang punya modal banyak, justru tak keberatan jika harus membeli apartemen meski dengan harga selangit.

Jarak yang dekat dengan daerah perkantoran dan fasilitas umum membuat banyak orang memilih apartemen sebagai tempat tinggalnya.

Posisi apartemen yang kebanyakan terletak di tengah kota memberikan akses yang mudah untuk melakukan kegiatan sehari-hari sehingga mendukung seseorang dengan tingkat mobilitas tinggi.

Sebelum OLXer berniat membeli sebuah apartemen, ada baiknya mempertimbangkan keuntungan dan kerugian, yaitu:

Keuntungan

1. Berada di lokasi yang strategis, apartemen menjadi solusi bagi mereka yang sibuk dan memiliki mobilitas tinggi. Sehingga, tinggal di apartemen akan sangat menghemat waktu.

Bahkan banyak apartemen letaknya dibuat berdekatan dengan jalur transportasi umum modern, seperti halnya LRT atau MRT. Selain itu, apartemen juga dibuat berdekatan dengan pusat perbelanjaan, hingga restoran.

2. Fasilitas yang ditawarkan apartemen juga lebih lengkap dibandingkan rumah. Hal ini untuk memanjakan dan memudahkan para penghuninya.

Beberapa fasilitas yang sering ditawarkan apartemen adalah kolam renang, pusat kebugaran, tempat spa, lapangan tenis, dan lainnya.

3. Ketika tinggal di apartemen, para penghuni tidak perlu lagi direpotkan mengenai masalah kebersihan dan pemeliharaan. Sebab semua hal tersebut telah menjadi tanggung jawab pihak pengelola.

4. Memiliki apartemen juga pada dasarnya lebih rendah untuk maintenance, karena OLXer tak sepenuhnya harus memikirkan lebih jauh soal lingkungan.

5. Ketika membeli apartemen, OLXer juga tak perlu memikirkan soal biaya untuk renovasi yang biasa dilakukan para pemilik rumah.

6. Dengan membeli apartemen, maka hal ini disebut sebagai investasi jangka panjang yang menjanjikan. Bahkan, apartemen bisa lebih cepat disewa dengan harga lebih menjanjikan.

7. Salah satu hal yang paling menyenangkan dari apartemen yaitu soal keamanan lebih ketat. Bahkan banyak dipantau dengan bantuan CCTV

Kekurangan

1. Dibandingkan dengan rumah, kekurangan apartemen yang paling menonjol adalah lahan yang cenderung lebih sempit. Dengan begitu, OLXer akan susah untuk menambah barang karena lahan terbatas.

2. Pemilik apartemen tidak bisa merenovasi seenaknya karena harus melalui izin  pengelola gedung.

3. Mereka yang inginkan apartemen biasanya hanya mengubah tata letak di interior.

4. Banyak aturan adalah hal yang tidak disukai pemilik apartemen. Biasanya aturan yang tak boleh dilanggar terdengar sepele, seperti memelihara hewan, hingga sedikit bising. Bahkan untuk memasukan barang ke dalam apartemen, OLXer harus meminta izin terlebih dahulu.

5. Memiliki apartemen juga biasanya lebih privasi atau jarang bersosialisasi. Namun begitu, hal ini nyatanya banyak juga disukai orang. (Her)