Copied to clipboard!



MOBIL BARU

KIA Bawa All New Seltos Sebagai Senjata Baru di Indonesia, Seberapa Menarik?

Author : Herdi Muhardi

23 Jan 2020


KIA kembali lagi jualan di Indonesia. Nah, untuk menandai eksistensi di kancah otomotif nasional pabrikan mobil asal Korea Selatan melalui PT PT Kreta Artha Indo (KIA) selaku agen pemegang merek (APM) secara resmi meluncurkan produk terbarunya yang disebut All new KIA Seltos.

Asing ngedengernya ya OLXer? Ya iyalah, sebab mobil ini pada dasarnya memang sangat baru, dan pertama kali diluncurkan di New Delhi, India, pada Agustus 2019 lalu. 

Menurut Presiden Direktur PT KIA Andrew Nasuri, sebelum KIA Seltos resmi diluncurkan, dirinya sangat mengagumi dan memprediksi bahwa mobil ini memiliki segudang fitur yang belum banyak dimiliki produk-produk di segmennya.

“Ibarat smartphone, Seltos seperti Samsung yang sekarang mengadopsi teknologi-teknologi mutakhir yang tidak ada di smartphone lainnya. Seltos kaya lihat smartphone terbaru banyak fitur-fitur yang membuat kaget. Ternyata Seltos punya teknologi yang luar biasa,” ungkap  Andrew.

Oia, KIA Seltos memang berdarah Korea Selatan. Namun begitu, mobil ini digarap langsung di India kemudian dijual dengan status Completely Built Up (CBU) dari negeri Bollywood.

Kendati demikian, Andrew menargetkan, KIA Seltos yang akan bersaing dengan Honda HR-V, Toyota C-HR, Nissan Juke hingga Wuling Almaz ini akan banyak disukai anak muda yang melek teknologi. 

Oia, jika di India ada 22 varian KIA Seltos, namun untuk pasar Indonesia hanya ada tiga saja, yaitu E, EX dan EX+. Lantas apa saja yang ada di KIA Seltos? Berikut ulasannya.

Fitur 

KIA Seltos

Pada bagian eksterior, KIA Seltos disematkan ciri khas KIA berupa grill ‘Tiger Nose’ sebagai identitas utama, kemudian dilengkapi dengan grill besar ditambah cat chrome menghiasi bagian grill dan lampu. Selain itu, headlamp atau lampu utama sudah berteknologi LED disertai daytime running lights (DRL) plus fitur Auto Light.

Melihat wujud bokongnya cukup seksi. Ada lampu kabut LED berbentuk “Ice Cube” sehingga jadi modern, kemudian Skid plate depan dan belakang memperkuat unsur sporty, kemudian cladding hitam di sekeliling bodi yang menggambarkan sifat kuat SUV.

Tak sampai disitu, bagian belakang mobil ini juga sudah disematkan Tail light LED dengan ornamen futuristic, lalu lubang knalpot ganda. 

Oia, kesan mobil berjiwa petualang juga terlihat dari mobil ini, sebab ground clearance tergolong tinggi mencapai 183 mm, ditambah kaki-kaki menggunakan roda berukuran 215/60R17 (tipe EXP dan EX) dan 205/65R16 (tipe E).

KIA Seltos

Nah, saat masuk bagian interior, yang membuat mobil ini tampak mewah. Belum lagi adanya bagian atap berupa sunroof yang dapat dibuka secara elektrik.

Selain itu, tekstur jok juga dibuat seperti berlian. Hal ini memberikan kesan seperti mobil-mobil mewah premium besutan negara-negara Eropa.

Bagian dashboard dibuat menarik. Hal ini terlihat dari bentuk monitor infotainment dan panel instrumen yang terlihat menyatu sehingga seperti memanjang. Padahal monitor Meter cluster Supervision sendiri berukuran 7 inch, sedangkan Monitor LCD untuk hiburan sebesar 8 inch. 

Dengan monitor cukup lebar, dibantu dengan tombol-tombol di lingkar kemudi hal ini mempermudah aktivitas mengemudi. 

Fitur hiburan lainnya pada head unit ini juga ada Bluetooth voice recognition, Apple CarPlay dan Android Auto. Layar monitor pun mampu menampilkan visual kamera belakang yang mempermudah proses parkir.

KIA Seltos

Kaum milenial yang tak pernah lepas dari gawainya, mungkin memang bisa jadi referensi pilih KIA Seltos. Sebab, mobil ini juga sudah dilengkapi wireless charging lho OLXer. Alhasil, Anda nggak perlu bawa kabel segala. Selain itu, kalau memang gawai tak bisa pakai wireless, tenang, masih ada USB slot dan power outlet 12V.

Belum lagi jika kenyamanan dalam perjalanan jauh selalu terjaga dengan fleksibilitas kursi tinggi dan sandaran yang mampu direbahkan agar duduk makin rileks. Pengaturan Auto Climate memastikan suhu kabin terjaga sesuai keinginan. Udara dingin cepat tersebar rata lewat ventilasi AC belakang. Tempat untuk menaruh barang bawaan terhampar dimana-mana.

Untuk fitur keselamatan dan keamanan, mobil ini sudah dilengkapi struktur bodi terbuat dari campuran besi dan aluminium yang rigid namun tetap ringan. Komponen Advanced High-Strength Steel mampu mereduksi getaran yang ditimbulkan dari jalan, sekaligus menyerap energi tumbukan.

Selain itu, ada enam titik airbag yang terdiri dari airbag pengemudi, penumpang depan, samping dan airbag tirai. Sedangkan untuk tipe paling rendah atau E hanya ada dua airbag dan pengamannya Cuma Keyless Entry.

Sistem Vehicle Stability Management KIA memastikan laju mobil selalu aman. Termasuk di dalamnya Electronic Stability Control dan Hill Start Assist, yang merupakan standar di semua varian. Fitur lain yang tak kalah penting juga tersemat seperti Anti-lock Braking System, Brake-force Assist, Traction Control System dan empat titik sensor parkir.

Mesin dan Transmisi

KIA Seltos mesin

Untuk jantung pacu, all new Seltos ini dibenamkan mesin Kappa 4-silinder berkapasitas 1,4-liter (1.353 cc) ditambah turbocharger yang mampu memuntahkan daya 138 Tenaga kuda pada putaran mesin 6.000 rpm, dan torsi maksimum 242 Nm pada rentang 1.500-3.200 rpm.

Seluruh daya tersalur menuju roda depan (FWD) melalui transmisi otomatis kopling ganda (DCT) 7-speed. Nah, untuk mesin ini ternyata masih sama seperti yang digunakan KIA di India lho.

Adapun sebagai tambahan, mobil yang memiliki panjang 4.315 mm, lebar 1.800 mm dan tinggi 1.645 mm ini dilengkapi fitur Drive Traction Selector yang dapat memberi pilihan pengaturan mode mengemudi sesuai kebutuhan, yaitu mode Sport, Eco dan Normal, sementara mode Traction juga tiga pilihan, Snow, Mud dan Sand.

Untuk soal harga  untuk KIA Seltos itpe E dijual Rp 295 juta, kemudian tipe EX Rp 320 juta dan tipe EX+ Rp 355 juta. Semua harga dijual on the road (Jakarta).

After Sales

KIA

Satu hal yang tak lupa bakal menjadi pertanyaan konsumen, yaitu bagaimana dengan kegiatan after sales mulai dari servis, dan spare part.

OLXer tak perlu khawatir, PT KAI yang berada di bawah naungan Indomobil Grup menjaminnya. Bahkan, untuk kendaraan KIA yang terkena banjir pada awal 2020 lalu itu, KIA sudah memberikan program khusus termasuk pemberian diskon untuk spare part-nya. 

Nah, menyoal dimana dealernya? Saat ini KIA sudah memiliki 24 dealer baik itu 3S (Sales, Service dan Spare Part) maupun 2S (Service dan Spare Part).

Rencananya, akan ada penambahan dealer KIA di beberapa wilayah mulai dari kawasan Jabodetabek, Sumatera hingga Sulawesi. Bahkan, beberapa dealer Renault yang sempat berada di bawah naungan Indomobil Group akan berubah menjadi showroom KIA. (Her)