BERITA

KIA Reborn di Indonesia, All New Picanto Jadi Penandanya?

15 Oct 2019

Sempat diisukan bakal mengakhiri perjalanan bisnisnya di Indonesia, merek mobil asal Korea, KIA malah mempersiapkan kehadiran produk terbarunya All New Picanto untuk dipasarkan di Tanah Air.

Yup, KIA batal hengkang dan sekarang penjualan dan pendistribusian mobil dikelola langsung oleh Indomobil Group di bawah kendali PT Kreta Indo Artha.

 "KIA Motors sendiri di Indonesia sudah punya nama. Jadi ketika kita ditawarkan untuk ambil alih, kami sangat tertarik," ungkap Direktur PT Indomobil Sukses Internasional Tbk., Bambang Subijanto di Jakarta beberapa waktu lalu. 

Lebih jauh Bambang juga menjelaskan rencana terdekat saat ini adalah fokus membentuk manajemen baru dan perizinan agar bisa segera berjualan di Indonesia. 

Namun pihaknya menampik bakal menghadirkan model terbaru dalam waktu dekat ini. 

"Rencana model baru memang belum ada. Kalau memang ada kita akan luncurkan produk-produk yang diminati konsumen Indonesia," tegasnya.

Nah, balik lagi ke pembahasan mobil baru KIA. Sesuai dengan ucapan Bambang yang belum mau membawa model baru, KIA Picanto dalam wujud wajah baru dipercaya bakal menjadi penanda bangkitnya kembali merek mobil ini dari keterpurukan di pasar Indonesia.

Apalagi tanda-tanda kehadirannya sudah terendus labih dulu lewat berbagai postingan di beberapa akun sosial media. 

Akun Instagram @senanelsenruslie memposting brosur All-new Picanto generasi terbaru yang sudah dijual lebih dulu di berbagai negara. Mobil ini ditawarkan dalam dua varian, GT Line dan EX.

Hatchback asal Korea Selatan ini hadir lebih compact dibanding penduhulunya. Didukung LED projector headlight, LED taillight, kamera parkir, dan velg dual-tone.

Di tipe tertinggi, GT Line, Picanto baru sudah terbungkus bahan leather di bagian jok dan kemudi, serta sunroof sebagai pelengkap kemewahan. 

Sementara di urusan tenaganya, dengan mesin 1.248 cc, KIA Picanto terbaru menghasilkan tenaga maksimal 82 hp dan torsi 121 Nm yang disalurkan lewat dua pilihan transmisi, manual 5-percepatan dan otomatis 4-percepatan.

Sementara di bagian interior, dashboard KIA Picanto sudah dihiasi dengan floating head-unit 7 inci yang terkoneksi melalui Apple CarPlay dan Android Auto.

Tapi informasi ini masih belum mendapat konfirmasi resmi dari pihak PT Kreta Indo Artha. Namun kepastian akan hidupnya kembali merek KIA di Indonesia rasanya sudah cukup membawa angin segar bagi pertumbuhan industri otomotif nasional. (Z)