Copied to clipboard!

KIA Sonet. (Gomechanic)



MOBIL BARU

KIA Sonet SUV Baru Bakal Masuk Indonesia

Author : Herdi Muhardi

31 Aug 2020


Sejak bergabung dengan Indomobil Group, KIA melalui distributor resmi PT Kreta Indo Artha (KIA) ingin menghadirkan beragam produk terbaru untuk bersaing di kancah otomotif nasional.

Bahkan menurut Marketing and Development Head PT. Kreta Indo Artha, Ario Soerjo semua model-model mobil KIA yang ada saat ini sedang dilakukan studi agar masuk Indonesia, terutama mobil yang dioperasikan menggunakan setir kanan dan juga perihal penggunaan bahan bakar.

“Karena negara kita (Indonesia) ini agak ketinggalan soal emisi, dimana negara lain sudah bicara EuroV dan lain-lainnya,” ungkap Ario saat berbincang di acara ngobrol virtual bersama wartawan otomotif Indonesia beberapa waktu lalu.

Ario sendiri tak menampik, jika PT KIA saat ini berniat menghadirkan salah satu produk paling baru yaitu KIA Sonet, dimana mobil ini siap dipasarkan secara global dan salah satu pabrik produksinya dilakukan di India.

“KIA Sonet sudah diuji jalan di Indonesia. Biasanya jika sudah diuji di Indonesia, sekitar 90 persen pasti masuk Indonesia. 10 persen lagi tinggal tunggu hasil dari mereka yang melakukan pengetasan. Kami berharap ini dapat terealisasi sehingga konsumen semakin banyak pilihan,” ucap Ario.

Lebih lanjut Ario mengatakan bahwa KIA Sonet dilakukan road test ke sejumlah wilayah dengan kontur jalan berbeda dan jaraknya mencapai ribuan kilometer.

Ario mengatakan, jika masuk Indonesia KIA Sonet akan masuk segmen mobil Sport Utility Vehicle (SUV) kompak ataupun crossover. Hal ini sengaja dihadirkan karena beberapa perusahaan otomotif di Tanah Air cukup vokal menghadirkan model crossover yang diambil dari basis mobil Multi Purpose Vehicle.

Tidak disebutkan berapa harga KIA Sonet untuk dipasarkan di Indonesia, hanya saja mobil ini dipastikan bakal lebih murah dari KIA Seltos yang sudah mengaspal di Tanah Air sejak awal 2020.

Adapun menyoal jantung pacu, KIA Sonet di India hadir dalam beberapa pilihan mesin yaitu mesin bensin Smartstream 1.2 liter empat silinder, dan 1.0 T-GDi turbocharger, serta mesin diesel CRDi 1,5 liter yang efisien.

Mesin yang ditawarkan, dikawinkan dengan transmisi lima dan enam percepatan manual, otomatis enam percepatan DCT, tujuh percepatan dan intelligent manual transmission (iMT) enam percepatan.