OLX News Logo
Menu Icon OLX News Logo Search Icon
OLX News Logo Close Icon

Home /  Mobil Bekas /  Kijang Kotak Milik Wagub Jawa Barat Mau Dikonversi Jadi Mobil Listrik?



Kijang Kotak Milik Wagub Jawa Barat Mau Dikonversi Jadi Mobil Listrik?

07 Jan 2021

Kijang KF20 1983

Toyota Kijang KF20 atau Kijang Doyok produksi 1983 milik Uu Ruzhanul Ulum, Wagub Jawa Barat (Foto : Kompas)

Mungkin banyak orang yang belum kenal dengan sosok bernama Uu Ruzhanul Ulum, Wakil Gubernur Jawa Barat terpilih yang mendampingi Ridwan Kamil dalam memimpin Provinsi Jawa Barat. 

Beliau adalah salah satu sosok pejabat yang sangat sederhana. Ini bisa dilihat dari kegemarannya untuk mengendarai sebuah mobil tua, Toyota Kijang KF20 atau Kijang Doyok produksi 1983.

Uu, sapaan akrabnya memang kerap menggunakan mobil tersebut dalam melakukan kunjungan kerja dibandingkan mobil dinasnya saat masih menjadi Bupati Tasikmalaya. 

Kecintaannya pada mobil tahun lawas tersebut diakui Uu karena memiliki nilai sejarah tersendiri bagi kehidupannya, seperti yang ditulis di Kompas.com beberapa waktu lalu. 

“Mobil Kijang itu merupakan mobil pertama milik almarhum kakeknya yang sekaligus menjadi warisan untuknya. Meski sering mogok, mobil tersebut nyaman dipakai untuk blusukan.” 

Bahkan disebutnya, tidak jarang Wagub Jabar ini diusir petugas saat menggunakan mobil itu lantaran tidak boleh parkir di area VIP. 

Terakhir, pria berusia 51 tahun ini terlihat sudah mulai menggunakan mobil dinasnya, mobil berteknologi full listrik Hyundai Ioniq Electric.

Menempuh perjalanan sejauh 450 km pulang pergi dari Bandung - Cibatu (Garut) - Bandung Uu menceritakan bagaimana rasanya pakai mobil listrik tersebut.

“Waktu dipakai PP Gedung Sate – Cibatu kemarin, saat masuk ke tol balik ke Bandung, baterai tinggal lima persen. Beruntung pas sampai Gedung Sate masih sisa tiga persen. Kurang lebih kemarin menempuh 450 km,” ucap Uu dikutip dari Kompas.com. 

Menurutnya sama saja seperti mobil biasa, cuma bedanya ini tidak ada suara mesin sama sekali, tarikannya juga tidak ngeden, hanya saja ada rasa kekhawatiran baterai habis di tengah jalan. 

Uu juga mengaku jika ada kesempatan, ia akan merubah mobil Kijang kesayangannya menjadi mobil listrik supaya biaya operasionalnya lebih murah. 

Saat ini dirinya menunggu kehadiran bengkel modifikasi yang bisa mengubah Kijang Kotak miliknya jadi mobil listrik. 

“Jika sudah didukung dengan sarana dan prasarana, kewenangan dan didukung lainnya, maka kami punya keyakinan kalau mobil listrik ini akan sukses,” pungkasnya. 

Nah, buat OLXers yang juga mau mengikuti jejak Pak Wagub untuk konversi Kijang tua menjadi mobil listrik tapi belum punya mobilnya, di OLX banyak menjual jenis mobil Kijang jenis yang sama, bahkan yang generasi di atasnya (Kijang KF50) dengan harga jual di bawah Rp 50 juta. Cek disini!

Zainal Abidin
Zainal Abidin

Merupakan pribadi yang hangat dan suka bercanda membuatnya mudah bergaul dengan siapa saja, serta memiliki hobi bernyanyi dan juga turing sepeda motor. Bergabung di OLX Indonesia sejak dua tahun terakhir dengan role menulis konten-konten artikel seputar otomotif terkini.



Berita Terkait



Baca Juga