Sabtu, April 20, 2024
Lainnya
    BeritaKinerja Positif Suzuki Di Tengah Tantangan Pandemi 2020

    Kinerja Positif Suzuki Di Tengah Tantangan Pandemi 2020

    News.OLX.co.id – Suzuki Indonesia menjadi salah satu merek otomotif yang cukup berhasil melalui masa pandemi sepanjang tahun 2020 lalu. Dengan segenap tantangan yang hadir akibat COVID-19, Suzuki Indonesia berhasil meningkatkan pangsa pasar sebesar 2,7 persen menjadi 12,4 persen dengan penjualan wholesales 66.130 unit.

    Di sektor retail sales, tahun lalu PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) berhasil mencatat angka 72.389 unit, pangsa pasarnya naik 2,66 persen menjadi 12,5 persen. 

    Prestasi ini dicapai Suzuki di tengah terpuruknya industri otomotif nasional yang melandai hingga 46,6 persen. Menandakan masih tingginya kepercayaan masyarakat dan konsumen akan produk-produk yang ditawarkan Suzuki. 

    Dari produk Suzuki yang laku sepanjang tahun, mobil buatan lokal menguasai hingga 91 persen, mengantarkan New Carry Pick Up sebagai kontributor terbesar, dengan total wholesales sebanyak 37.109 unit dan retail sales sebanyak 40.697 unit. 

    Kendaraan niaga ringan andalan Suzuki ini menguasai 59,5 persen pangsa pasar wholesales Low Pick Up dan 61 persen pangsa pasar retail sales Low Pick Up.

    “Kami berterima kasih atas kepercayaan dan dukungan dari semua pihak selama tahun 2020 lalu sehingga kami dapat mempertahankan performa meski industri otomotif mengalami kontraksi. Peningkatan pangsa pasar mobil Suzuki tahun lalu juga menunjukkan tingkat kepercayaan konsumen terhadap produk dan layanan Suzuki yang tinggi. Kami akan terus menghadirkan produk-produk berkualitas dan pelayanan terbaik untuk memenuhi kebutuhan konsumen,” ujar Dony Saputra, 4w Marketing Director PT Suzuki Indomobil Sales dalam Suzuki media gathering virtual yang berlangsung hari Kamis, (4/3/2021). 

    Model kendaraan Suzuki lainnya yang juga menyumbang angka cukup besar adalah XL7 dan All New Ertiga. 

    XL7 menyumbang 12 persen terhadap penjualan nasional Suzuki dengan 9.827 unit wholesales dan 8.575 unit retail sales, menguasai 12,1 persen pangsa pasar wholesales Middle SUV dan 9,6 persen pangsa pasar retail sales Middle SUV. 

    Disusul All New Ertiga yang berkontribusi 13,3 persen dengan capaian 7.516 unit wholesales dan 9.663 unit retail sales. Di segmen Low MPV, All New Ertiga menguasai 9 persen pangsa pasar wholesales dan 10,6 persen pangsa pasar retail sales. 

    Tercatat sepanjang tahun 2020, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) hanya meluncurkan 4 produk baru, yakni XL7 pada 14 Februari 2020, New Carry Luxury di 5 Maret 2020, New Ignis pada 9 April 2020 dan Karimun Wagon R 50th Anniversary Edition pada 10 Oktober 2020.

    Target Suzuki Indonesia di 2021

    Memasuki tahun 2021, Suzuki Indonesia tetap optimis bisa menjaga kinerja positif seperti yang berhasil mereka ukir di tahun lalu. Bahkan Suzuki menargetkan raihan pangsa pasar domestik lebih tinggi dari pencapaian tahun 2020, dari 12,4 persen menjadi 13 persen dengan prediksi total estimasi pasar sebanyak 750 ribu unit. 

    Adanya insentif pajak PPnBM 0% di bulan Maret ini akan berdampak positif terhadap penjualan Suzuki. “Insentif itu akan mendongkrak penjualan Suzuki hingga 20%,” yakin Donny. Ditambah lagi ada tiga mobil Suzuki yang bisa menikmati insentif itu, yakni APV, Ertiga, dan XL7.

    Di sektor ekspor, Suzuki menargetkan bisa menembus angka 66.500 unit baik dalam bentuk terurai (completely knock down/CKD) maupun dalam mobil utuh (completely built up/CBU). Ada empat negara tambahan yang menjadi tujuan ekspor Suzuki di tahun ini. 

    Populer
    GIIAS 2023
    Berita Terkait