OLX News Logo
Menu Icon OLX News Logo Search Icon
OLX News Logo Close Icon

Home /  Berita /  Kondisi Pandemi Sepanjang 2020, BMW Group Indonesia Jualan 2.565 Unit Mobil



Kondisi Pandemi Sepanjang 2020, BMW Group Indonesia Jualan 2.565 Unit Mobil

23 Feb 2021

Penjualan BMW Group Indonesia Tahun 2020

Logo BMW M Series di velg mobil (Foto : Shutterstock)

News.OLX.co.id - BMW Group Indonesia berhasil menjual sebanyak 2.565 unit kendaraan BMW dan MINI yang terjual pada tahun 2020. Terdiri dari 2.082 kendaraan BMW dan 483 kendaraan MINI. Angka tersebut menegaskan BMW sebagai produsen kendaraan premium dengan angka penjualan mobil terbanyak berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO). 

Data penjualan BMW Group Indonesia ini disampaikan melalui sebuah siaran pers pada hari Selasa (23/2/2021).

Menurut Ramesh Divyanathan, President Director BMW Group Indonesia, tingginya angka penjualan kendaraan premium di BMW Group Indonesia tidak terlepas dari strategi bisnis BMW yang diterapkan untuk menyesuaikan dengan kondisi pandemi COVID-19 yang terjadi di awal tahun lalu.

“BMW Group Indonesia tanggapi dampak pandemi COVID-19 dengan menyesuaikan strategi bisnisnya, beradaptasi dengan cepat dan semakin berorientasi pada pelanggan, menjaga semangat positif serta mengutamakan keselamatan. Hasilnya, kami berhasil menutup tahun dengan hasil luar biasa dan mempertahankan posisi BMW Group Indonesia sebagai produsen otomotif premium terdepan di Indonesia," ujarnya.

Rangkaian penawaran menarik dari BMW dan MINI terbaru, aktivasi digital inovatif, home delivery, dan juga pilihan home service yang ditawarkan oleh BMW Group Indonesia selama pandemi sukses mendorong keterlibatan pelanggan yang lebih intens, di tengah tantangan masa pembatasan sosial bagi masyarakat. 

Keinginan pelanggan dalam melakukan transaksi secara contactless juga berhasil diwujudkan demi menjaga kenyamanan para pelanggan BMW Group Indonesia. Secara sistematis merek mobil asal Jerman ini terus melakukan implementasi dari strategi digitalisasi, mulai dari menjadi brand premium pertama yang hadirkan toko online resmi di Indonesia hingga peluncuran Showroom Virtual BMW. 

“Malah kami juga menjadi pelopor dalam berbagai kegiatan virtual launch serta online engagements. Aktivasi yang dilakukan ini mencakup peluncuran lebih dari 23 model varian BMW dan MINI baru sepanjang tahun,” tambah Ramesh.

Model Terlaris BMW di Indonesia Tahun 2020

Dari sekian banyak model yang ditawarkan oleh BMW Group Indonesia kepada penggemarnya di Indonesia, ada tiga model yang menjadi mobil terlaris dan yang paling digemari dengan kontribusi penjualan cukup besar di 2020. 

Model pertama adalah BMW Seri 3 yang berkontribusi 29 persen dari total penjualan. Disusul BMW X1 dengan kontribusi 21 persen, serta BMW X5 yang menyumbang angka penjualan sebanyak 17 persen. 

Sedan legendaris BMW Seri 3 berada di puncak dengan dua varian, BMW 330i M Sport dan BMW 320i Sport, sekaligus merayakan 45 tahun kesuksesannya di seluruh dunia. 

2020 juga merupakan tahun BMW Motorsport dengan berbagai peluncuran produk BMW M yang ditandai dengan kedatangan empat model BMW M perdana; BMW X3 M Competition, BMW X4 M Competition, BMW M8 Coupé Competition, dan BMW M8 Gran Coupé Competition. 

Tiga model BMW M teratas pada tahun 2020 adalah BMW M2 Competition, M2 CS, dan BMW M8. 

Tahun 2020 juga menjadi tahun tersukses BMW M GmbH dalam sejarah perjalanannya yang hampir mencapai usia 50 tahun. Tahun lalu pertumbuhan penjualannya mencapai  enam persen atau 144.218 kendaraan yang dikirim ke pelanggan.

Secara global, BMW Group juga sukse mengukuhkan posisinya sebagai produsen otomotif premium terdepan dunia di tahun 2020 dengan total 2.324.809 kendaraan BMW, MINI, dan Rolls-Royce yang berhasil dikirim ke pelanggan di seluruh dunia. Namun angka tersebut turun sebanyak 8,4 persen dari pencapaian penjualan di tahun 2019. 

“BMW Group Indonesia mengucapkan terima kasih kepada semua pelanggan dan penggemar di Indonesia, mitra dealer yang berkomitmen, rekan-rekan jurnalis, pemerintah, dan, yang tak kalah pentingnya, karyawan BMW Group Indonesia yang penuh dedikasi atas dukungan dan kerja keras yang luar biasa. Mereka semua telah berikan kontribusi yang signifikan dalam perjalanan BMW Group Indonesia menjadi produsen kendaraan premium terdepan di Indonesia,” pungkas Ramesh.

Zainal Abidin
Zainal Abidin

Merupakan pribadi yang hangat dan suka bercanda membuatnya mudah bergaul dengan siapa saja, serta memiliki hobi bernyanyi dan juga turing sepeda motor. Bergabung di OLX Indonesia sejak dua tahun terakhir dengan role menulis konten-konten artikel seputar otomotif terkini.



Berita Terkait



Baca Juga