OLX News Logo
Menu Icon OLX News Logo Search Icon
OLX News Logo Close Icon

Home /  Tips /  Kunci Rahasia Rifat Sungkar Merawat Mobil yang Tepat



Kunci Rahasia Rifat Sungkar Merawat Mobil yang Tepat

13 Sep 2021

Rifat Sungkar berpose didekat Mitsubishi Xpander Cross. (Mitsubishi)

Tidak semua pemilik mobil sadar akan pentingnya melakukan perawatan kendaraan secara berkala. Bahkan, keberadaaan buku manual dari dealer sebagai panduan informasi, justru hanya sekadar dibaca tanpa dimengerti dan dipahami.

Bahkan menurut pereli nasional, Rifat Sungkar menyayangi konsumen yang membeli mobil merasa mengerti seluk beluk mobilnya selama, ini. Padahal, lanjut dia, setiap kendaraan memiliki fitur yang berbeda. 

“Contohnya, keyless dan smart entry, ini banyak yang nggak tahu prosedur masalahnya seperti baterai kurang energi,” ungkap Rifat saat acara virtual interview bersama Mitsubishi Indonesia beberapa waktu lalu. 

Rifat yang merupakan brand ambassador Mitsubishi Indonesia mengatakan, jika memiliki sebuah mobil maka kunci rahasia untuk melakukan perawatan adalah selalu menerapkan ‘POWERS’. 

“Powers sendiri memiliki kepanjangan dari huruf depan seperti, P untuk Petrol dan Paper, W untuk Water, R untuk Rubber, dan S untuk Safety,” jelas Rifat.

Petrol

Perlu diketahui, masing-masing huruf pada kata POWERS memiliki arti tersendiri, seperti Petrol, ini diartikan pemilik mobil harus mengenali bahan bakar yang  cocok untuk kendaraannya. Sebaliknya, menurut Rifat jangan memilih bahan bakar hanya karena efisien atau murah.

“Kami sudah punya riset selama ini. Untuk tipe oktan yang dibutuhkan ini selalu jadi perdebatan, karena sifat dasar manusia cari yang paling efisien (murah), jadi cari kualitas oktan yang lebih rendah,” kata Rifat.

Rifat menuturkan, ada beberapa resiko jika bahan bakar yang digunakan pada mobil tidak sesuai yang dianjurkan, yaitu mobil knocking, rusak ruang bakar dan rusak piston.

Sebaliknya, jika situasi, kondisinya mendesak dan darurat, maka Rifat memaklumi apabila bahan bakar yang digunakan diganti. Akan tetapi, hal itu hanya sebatas sementara. 

Paper

Untuk P atau Paper disini yaitu surat-surat kendaraan seperti halnya kepemilikan STNK dan SIM. Menurut Rifat, keberadaan surat-surat kendaraan merupakan hal formal yang wajib dibawa kemanapun. 

Dalam hal ini, sebagai warga negara yang baik STNK harus dijaga, dan wajib membayar pajak setiap tahunnya. Oia, bentuk fisik STNK juga bisa dijadikan identitas dari setiap pemiliknya. Selain itu, paper yang dimaksud Rifat juga bisa sebuah catatan kecil untuk mencatat nomor-nomor penting dan darurat. 

“Untuk STNK saat ini pihak kepolisian sudah sangat akurat untuk membaca surat-surat tanda kendaraan kita. Ini untuk kebaikan diri kita, kita harus patuh pada Undang-Undang di Indonesia,” ujarnya. 

Water

Water yang dimaksud Rifat yaitu pemilik mobil harus rajin melakukan berbagai pengecekan rutin yang menggunakan cairan, mulai dari radiator, wiper dan aki, hingga cairan oli, seperti oli mesin, oli gardan atau transmisi, minyak rem, hingga power steering.

Rubber

Kemudian Rubber yang berarti karet. Ya, pada sebuah mobil pasti memiliki komponen bermaterial karet yang bisa getas atau retak, seperti bushing, lips bumper, wiper, lis kaca, hingga grommet.

Selain itu komponen karet yang tak kalah penting adalah ban. Untuk ban perlu dicek pada bagian alas karena bisa botak dan dindingnya retak. Jika kondisi ban mengalami hal tersebut maka beresiko terjadinya pecah ban dan mengakibatkan kecelakaan.

Safety

Sedangkan kata Safety sendiri menjadi hal penting karena menyangkut unsur keamanan dan keselamatan. Ya, pada sebuah mobil pasti memiliki fitur keamanan dan keselamatan yang maksimal sehingga perlu dilakukan perawatan.

Oleh karena itu, saat melakukan perawatan pada mobil, pastikan seluruh fitur memiliki fungsi yang maksimal sesuai dengan standarnya. 

 

Herdi Muhardi
Herdi Muhardi

Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.



Berita Terkait



Baca Juga