MOTOR

Kymco RevoNex Motor Listrik Bergaya Street Bike, Ini Kehebatannya

08 Nov 2019

Perusahaan sepeda motor asal Taiwan Kymco tak mau ketinggalan untuk terjun di era kendaraan listrik. Hal ini diwujudkan dengan memperkenalkan Kymco RevoNex di pameran EICMA 2019 di Milan, Italia. 

Motor listrik bergaya sport ini diklaim memiliki performa tinggi dan dibuat dengan filosofi Kymco ‘Win My Heart’.

Menurut Chairman Kymco Allen Ko, poin utama yang menjadi pembeda antara Kymco RevoNex dan motor lainnya adalah mulai membangun sebuah kendaraan yang luar biasa di atas platform advances electric.

“Kami selalu berusaha menerapkan teknologi terbaru untuk membangun sepeda motor ideal yang sebelumnya tidak dapat dijangkau," ungkap Allen dalam keterangan tertulis, Kamis (7/11/2019).

Kymco RevoNex yang mulai tersedia di pasaran pada 2021 ini diklaim memiliki beberapa hal yang berbeda sehingga bisa menjadi kelebihan daripada motor lainnya.

Kymco RevoNex
Kymco RevoNex. (Kymco)

Secara tampilan desain dan lekukan memang motor listrik ini tak bisa dipandang sebelah mata. Lihat saja dari tampang depan sudah menggunakan lampu LED dan projector, kemudian panel instrumen juga sudah menggunakan layar TFT full colour.

Belum sampai disitu, Kymco RevoNex ini sudah dilengkapi transmisi enam percepatan. Dengan transmisi enam percepatan ini maka berbeda dengan motor listrik pada umumnya yang tidak menggunakan transmisi.  

Beberapa bagian motor ini juga terlihat keren namun tetap memberikan rasa nyaman, seperti suspensi depan sudah menggunakan upside down dari Ohlins, dan sistem pengereman cakram dengan dua kaliper empat piston Brembo yang ada di kanan dan kiri. 

Kymco RevoNex juga sudah diterapkan Full Engagement Performance (FEP) yaitu sistem manajemen kinerja canggih, sehingga dapat memastikan roda tidak selip saat berkendara di kota yang sangat sibuk, dan melewati jalanan berlubang atau genangan air. 

Kymco RevoNex
Kymco RevoNex. (Kymco)

Bila pengendara melakukan pengereman mendadak dalam lalu lintas yang tidak terduga, FEP memberikan traksi maksimum dan mencegah pengangkatan roda belakang. 

Yang tak kalah unik adalah keberadaan Kymco Active Acoustic Motor (AAM). Motor ini dirancang dengan generator akustik multi-frekuensi yang meningkatkan suara asli motor.

Menggabungkan suara beresonansi AAM dengan suara mekanis transmisi. Saat rpm naik turun pada setiap perpindahan gigi transmisi, pengendara akan mendengar lonjakan suara satu demi satu. 

Kymco RevoNEX sudah diterapkan Adaptive Machine Personality (AMP) yang mendukung empat mode berkendara berbeda, yaitu  Poised (tenang), Assertive (berkarakter), Bold (berani), Extreme (ekstrim).

Sedangkan untuk jantung pacu, Kymco RevoNex sudah dilengkapi Kymco Electric Full range Acceleration (EFA). Oia, meski tidak disebutkan soal baterai sebagai tempat penyimpan daya listrik, namun motor ini diklaim mampu berakselerasi dari 0-100 km/jam dalam 3,9 detik, dan dari 0 hingga kecepatan tertinggi 205 km/ jam hanya dalam 11,8 detik. (Her)