MOBIL BARU

Lagi Cari SUV? Coba Lihat Perubahan Model Terbaru Mazda CX-5

29 Nov 2019

PT Eurokars Motor Indonesia (EMI) selaku distributor resmi Mazda di Indonesia telah meluncurkan model paling baru dari Mazda CX-5. Hadir dengan tampilan lebih menyegarkan, Mazda mengklaim CX-5 merupakan mobil Sport Utility Vehicle (SUV) yang memadukan unsur sporty, nyaman, aman dan menyenangkan untuk dikendarai.

Nah, OLXer yang sedang mencari sosok mobil SUV tidak ada salahnya melirik mobil yang satu ini, karena memang penjualan secara global, CX-5 memberikan kontribusi cukup tinggi bagi Mazda.

Berikut perubahan Mazda CX-5 terbaru:

Eksterior

Masih mempertahankan desain Kodo khas Mazda, mobil CX-5 terbaru ini memiliki guratan garis yang mengaliri di setiap area body, kesan sporty dan mewah tak perlu diragukan lagi dari mobil ini. 

Tampilan Mazda CX-5 ini terlihat dari tampang depan dengan gril besar dan lebar, kemudian Signature Wing dengan bingkai tegas yang sangat khas. Bagian wajah dilengkapi dua lampu utama sipit yang sudah dipasang pencahayaan dari LED.

Pada bagian samping Mazda CX-5 ini juga memiliki tarikan garis mulai dari ujung kap mesin hingga menyentuh lampu belakang. Tambah keren karena sudah menggunakan pelek berukuran 19 inci yang dibalut ban berukuran 225/55.

Interior

Masuk ke dalam interior, Mazda CX-5 memang cukup ciamik, bahkan mereka mengklaim telah merancang tingkat kenyamanan tinggi baik bagi pengemudi maupun penumpang.

Nah, untuk posisi mengemudi berbagai postur tubuh mampu ditopang dengan pas oleh kursi bermaterialkan kulit.  Selain itu, posisi kaki dan lingkar kemudi dibuat lebih sempurna dengan berbagai pengaturan. Setir dapat diatur tinggi-rendah (tilt steering) dan ditarik mendekat atau didorong menjauh (telescopic).  

Visibilitas segala penjuru terhampar jelas tanpa ada halangan. Garis bahu yang rendah turut berkontribusi pada pandangan ke sekeliling mobil.  Berbagai tombol fungsi dalam posisi sangat ideal untuk dijangkau tangan. Ragam pengoperasian akan mudah sehingga tidak merusak konsentrasi pengemudi saat berkendara.

Fitur Active Driving Display (head-up display) mampu memproyeksikan informasi data kecepatan dan informasi lain tepat di depan mata pengemudi. Terpampang jelas dengan resolusi tinggi, menjaga fokus pengemudi terus ke arah jalan, konsentrasi pun tidak terpecah.  Di panel instrumen, terpampang Multi-Information Display (MID) berupa LCD ukuran 7 inci TFT juga beresolusi tinggi.

Dengan 360 Monitor berguna untuk untuk melihat ragam informasi dan keadaan sekitar kendaraan.

MZD Connect menjadi sistem terpadu dalam mengatur sarana hiburan maupun berbagai pengaturan. Tersemat 10 buah speaker yang melantunkan nada berkualitas tinggi dari sistem audio audio BOSE®, lengkap bersama surround sound system Centerpoint 2® dan ambient noise compensation  AudioPilot 2®. Sistem ini juga sudah dapat terintegrasi dengan smartphone.

Penumpang belakang tak kalah diprioritaskan, karena  jok baris kedua sudah mengadopsi mekanisme reclining dua-tingkat dan kontur dudukan kursi berupa tiga dimensi, yang akan mengikuti pola bentuk tubuh.

Proses buka bagasi amat mudah melalui Power Lift Gate dengan fungsi anti-jam.  Pintu dapat terbuka dan tertutup secara elektrik tanpa perlu takut tangan terjepit.  Saat terbuka, terhampar ruang bagasi seluas 505 liter. Jika dibutuhkan area yang lebih luas lagi, lipat salah satu sandaran kursi belakang. Tepatnya terbagi 40:20:40, dapat disesuaikan sesuai keperluan. Mengaturnya mudah saja, cukup melalui satu sentuhan tangan.

Performa

Mazda CX-5 ini sudah dibenamkan mesin bensin SKYACTIV-G 4-silinder berkapasitas 2,5-liter yang mampu memuntahkan daya 187,4 tenaga kuda dan torsi maksimum 251 Nm. Tenaga dan torsi di saluran ke roda depan (FWD) melalui transmisi otomatis SKYACTIV-DRIVE 6-kecepatan.  

Performa mobil ini didukung teknologi Skyactive-Chassis, yang menempatkan konstruksi MacPherson di depan dan multi-link di belakang yang sudah  disempurnakan. Selain itu kehadiran teknologi G-Vectoring Control (GVC), berevolusi menjadi G-Vectoring Control Plus (GVC Plus) di New Mazda CX-. Dengan teknologi ini tercipta kestabilan ekstra ketika tiap kali lingkar bermanuver.

Gerakan seluruh penumpang mampu ditransisikan sehalus mungkin, ketika CX-5 menikung cepat, tubuh tak akan banyak bergoyang terkena gaya gravitasi, dan mobil merespons lewat pengendalian sempurna di tikungan.

Fitur Keselamatan

Keselamatan adalah poin utama yang juga menjadi filosofi Mazda Proactive Safety. Karena itu, rangkaian peranti keselamatan yang terpasang di New Mazda CX-5 cukup lengkap, termasuk dalam i-ACTIVSENSE berisikan banyak teknologi canggih yang bertugas mencegah terjadinya kejadian fatal, seperti Adaptive Front-lighting System (AFS), Blind Sport Monitoring (BSM) dan Rear Cross Traffic Alert (RCTA), Smart City Brake Support (SCBS) dan Driver Attention Alert (DAA).

Standar fitur keselamatan aktif juga tak lupa diterapkan, seperti ABS (Anti Locking Braking System) dengan Electronic brakeforce distribution (EBD) dan Brake Assist (BA), Dynamic Stability Control dan Traction Control, Hill Launch Assist (HLA) dan Emergency Stop Signal (ESS).

Termasuk ada juga fitur keselamatan pasif berupa enam titik airbag, ISOFIX dan juga struktur rangka kuat Skyactiv Body.

Soal harga, New Mazda CX-5 yang terdiri dari tiga varian, untuk CX-5 Elite dijual Rp 588,8 juta, kemudian CX-5 GT Rp 548,8 juta, dan CX-5 Touring dilepas Rp 508,8 juta. Oia, ada penambahan harga sebesar Rp 4 juta untuk warna special Soul Red Crystal dan Machine Grey. Semua harga ini On the Road Jakarta. (Her)