OLX News Logo
Menu Icon OLX News Logo Search Icon
OLX News Logo Close Icon

Home /  Motor /  Lebih Dekat Dengan Honda PCX e-HEV, Ini Keunggulannya



Lebih Dekat Dengan Honda PCX e-HEV, Ini Keunggulannya

08 Feb 2021

Honda PCX e-HEV.

PT Astra Honda Motor (AHM) tidak hanya menghadirkan Honda PCX 160 saja di pasar otomotif nasional, tetapi juga melakukan penyegaran pada Honda PCX Hybrid yang kini disebut Honda PCX e:HEV (Hybrid Electric Vehicle). 

Sekilas memang PCX e-HEV ini tidak mengalami banyak mengalami perubahan, akan tetapi jika dilihat lebih seksama maka perbedaannya akan terlihat dari PCX Hybrid yang sempat diperkenalkan pada tahun 2018.

Nah, OLXer mau tahu apa saja ubahan Honda PCX e-HEV dengan Honda PCX Hybrid? Berikut ulasannya:

Pada dasarnya ubahan pada Honda PCX e-HEV ini lebih mirip dengan PCX 160. Akan tetapi ada beberapa perbedaan lainnya, sehingga PCX e-HEV lebih berbeda.

Seperti perubahan nama PCX Hybrid menjadi e:HEV sebagai simbol elektrifikasi efisiensi teknologi Honda pada Hybrid Electric Vehicle, sehingga mudah dikenali sebagai kendaraan hybrid Honda.

Desain lampu juga ikut berubah seperti Honda PCX 160 yang sudah menggunakan yang bersudut dengan posisi lebih horizontal dan melebar, lengkap dengan penggunaan lampu LED pada semua sistem tata cahaya. Dengan lampu utama LED ini, pencahayaan PCX e-HEV seakan mirip Honda Forza 250.

Perubahan yang juga tak kalah menarik yaitu tampilan baru pada LCD panel meter lebih lebar memberikan informasi semakin lengkap, seperti informasi indikator baterai, perawatan v-belt, dan indikator fitur yang ada pada e:HEV. 

Beberapa fitur lain yang ada pada Honda PCX Hybrid seperti USB charger type A, Honda Smart Key lengkap dengan alarm dan answer back system, Ditunjang fitur Honda Selectable Torque Control (HSTC) sehingga e:HEV, skutik ini memberikan rasa aman bagi pengendara saat melintasi jalan licin.  

Penggunaan rangka Honda PCX e-HEV juga strukturnya dibuat jadi lebih simple tanpa mengubah bentuk desain bodi. Akan tetapi, ubahan ini justru memberikan peningkatan kapasitas bagasi PCX e:HEV menjadi 24 liter. 

Perubahan juga terdapat pada ruang kaki pengendara, yang kini lebih panjang 3 cm, sehingga membuat posisi berkendara semakin nyaman dalam menempuh area perkotaan maupun jarak jauh.

Untuk kaki-kaki agar aman dan nyaman, Honda PCX e-HEV menggunakan ban tubeless tapak lebar, dengan ukuran ban depan 110/70-14 dan belakang 130/70-13 melalui sentuhan desain velg baru Y shaped 5 spoke. Untuk memberikan keselamatan dilengkapi pula fitur keselamatan seperti Anti-Lock Braking System (ABS).

Selain itu, bagian suspensi belakang poros dibuat panjang hingga 1 cm untuk mendukung kenyamanan saat melintasi jalanan yang kasar. 

Sementara untuk jantung pacu, Honda PCX e-HEV performanya meningkat, dimana untuk mesin bensin berkapasitas 156,9 cc, PGM-FI mempu menghembuskan daya 18,kW pada 8.500 rpm dan torsi 14,7 Nm pada 6.500 rpm, sedangkan untuk tenaga listriknya disuplai dari baterai Lithium- Ion yang sudah dilengkapi dengan motor assist dan riding mode dengan pilihan mode normal (D) dan sport (S) untuk memberikan sensasi berkendara yang responsif dalam menghadirkan performa maksimal.  

Oia, perlu dicatat kalau tenaga hybrid yang dihasilkan pada skutik ini bukan berorientasi pada efisiensi bahan bakar atau energi untuk menggerakkan roda. Sebab, energi pada PCX e-HEV diberdayakan untuk memaksimalkan kerja alternating current generator (ACG) starter pada motor tersebut.

Untuk urusan harga, Honda PCX e:HEV yang menawarkan warna Horizon White, dan jok two-tone dengan sentuhan warna biru pada emblem PCX dibanderol Rp 43,55 juta on the road DKI Jakarta.  

 

Herdi Muhardi
Herdi Muhardi

Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.



Berita Terkait



Baca Juga