PROPERTI

Lebih Menguntungkan Investasi Tanah, Rumah atau Apartemen?

18 Sep 2019

Tidak dipungkiri investasi properti jadi salah satu menguntungkan. Pasalnya, terjun di bisnis propert dianggap lebih stabil jika dibandingkan dengan bisnis lainnya. Bahkan ada juga yang beranggapan, investasi properti sama seperti tabungan di masa depan.

Menariknya, jika memilih investasi properti maka semakin lama nilainya tak akan turun. Sebaliknya, harga properti memang mengalami lonjakan setiap tahunnya.

Namun tak sedikit yang merasa bingung, jenis investasi properti apa yang menguntungkan, apakah tanah, rumah atau apartemen.

Nah, menurut Director ERA Indonesia (Agen Properti), Aan Andriani angkat bicara. Menurut Aan, pada dasarnya semua investasi properti cukup menguntungkan.

Tanah

Kata Aan, sejak dulu hingga saat ini investasi properti berupa tanah merupakan paling aman. Harga jual tanah juga semakin hari semakin tinggi.

“Tapi kalau di Jakarta itu lahan terbatas, apalagi di dalam kota, sudah tidak ada. Tanah, rumah, dan ruko itu lahannya terbatas,” ungkap Aan kepada News OLX beberapa waktu lalu.

Meski cukup menguntungkan, namun ada juga kekurangan jika membeli tanah. Menurut Aan, untuk membeli tanah biasanya harus memiliki uang dalam bentuk tunai atau cash. Karena untuk membeli tanah jarang dibeli secara kredit.

Rumah

Rumah menjadi salah satu investasi properti yang cukup menguntungkan. Pasalnya, harga rumah memang sangat mirip dengan apartemen. Namun memiliki rumah maka dimensinya bisa lebih luas dibandingkan apartemen.

Jika dijual kembali harga rumah juga umumnya bisa lebih tinggi lho OLXer.

Hanya saja, untuk membeli sebuah rumah di era seperti saat ini sangatlah sulit. Apalagi jika harus di tengah kota. Karena itu, kekurang jika membeli rumah jaraknya lebih jauh dari pusat kota atau lokasi perkantoran. Jikapun ada rumah dijual di tengah kota harganya sangat mahal.

Apartemen

Apartemen rupanya jadi solusi bagi mereka yang super sibuk namun ingin simple dalam menghadapi kegiatan sehari-hari. Pasalnya, keberadaan apartemen dibuat oleh developer sangat strategis, termasuk keberadaan berbagai fasilitas, mulai dari kolam renang, taman bermain, hingga tempat kebugaran.

Namun perlu dicatat, kekurangan dari apartemen biasanya bentuknya kecil, dan tak bisa dilakukan renovasi sesuai keinginan. Mereka yang inginkan apartemen biasanya hanya mengubah tata letak di interior saja.

Mau cari properti buat investasi, bisa lihat di sini. (Her)