Copied to clipboard!
Lilik dan Balda

Lilik dan Balda saat mampir di Flagship Yamaha, Cempaka Putih, Jakarta (Foto : Yamaha)



KOMUNITAS

Lilik dan Balda Lanjutkan Misi Kumpulkan Surat Cinta untuk Ibu ke Kota Dili

Author : Zainal Abidin

19 Nov 2020


Bikers di Indonesia tentu sudah tidak asing lagi dengan nama Lilik Gunawan, pembesut motor Yamaha Nmax dari Jambi yang berhasil menjejakkan kakinya di Makkah bersama Balda, putranya yang berusia 5 tahun dengan perjalanan touring panjang Jambi-Makkah menggunakan Nmax.

Perjalanan ini mencatatkan nama Lilik Gunawan sebagai salah satu bikers Tanah Air yang sukses melakukan perjalanan panjang lintas negara menggunakan sepeda motor. 

Kali ini, Lilik bakal kembali melakukan perjalanan jarak jauh dengan rute Jambi menuju Timor Leste, bedanya karena di perjalanan ini Lilik mengganti tunggangannya dengan All New Nmax 155 Connected varian ABS.

Menempuh perjalanan sejauh 5.000 km, Lilik memulai perjalanan dari kota Merangin, Jambi, pada tanggal 28 Oktober 2020 lalu dan ditargetkan sampai di Dili, Timor Leste bulan Desember mendatang.

Perjalanan ini merupakan lanjutan dari misi “Ride for Mom” yang telah digagas lama dalam upayanya mengumpulkan surat atau kisah cinta untuk ibu untuk bahan penulisan buku yang akan dirilis olehnya. 

Tujuannya ke Dili adalah bertemu dengan Xanana Gusmao untuk mengambil “Surat Cinta untuk Ibu” yang ditulis langsung oleh Presiden pertama negara Timor Leste tersebut.

Untuk memastikan perjalanannya lancar tanpa kendala selama perjalanan, khususnya kendala teknis di Yamaha Nmax terbarunya, Lilik saat memasuki Kota Jakarta menyempatkan diri mengunjungi Yamaha Flagship Shop, Cempaka Putih, pada hari Kamis (12/11/2020) untuk melakukan pengecekan.

“Saya menyempatkan untuk mengecek kondisi motor terlebih dahulu sebelum melanjutkan perjalanan ke Dili bersama Balda. Rencananya, kita akan lanjutkan perjalanan dengan mengambil rute jalur Selatan dan singgah di beberapa kota untuk menghadiri undangan dari rekan-rekan komunitas Yamaha,” ungkapnya saat berbagi cerita terkait touring ini di Jakarta. 

Tentunya ini adalah perjalanan yang penuh tantangan mental serta menuntut daya tahan fisiknya dan juga Balda, putranya. Selain itu Lilik juga mengusung misi untuk menguji ketangguhan Nmax generasi terbaru menaklukan jalur timur Indonesia yang banyak didominasi oleh tikungan-tikungan tajam.

“Saya yakin All New NMAX 155 Connected bisa mengantarkan saya ke Timor Leste dengan lancar dan lebih nyaman. Karena memang banyak fitur-fitur baru seperti Dual Channel ABS dan TCS (Traction Control System) yang akan sangat membantu dalam menghadapi jalur timur yang terkenal dengan istilah jalur 1.000 tikungan. Apalagi saat ini ada Y-Connect, informasi terkait kondisi sepeda motor bisa lebih akurat, jadi bisa mengantisipasi kerusakan-kerusakan bila terjadi di tengah jalan,” pungkasnya.

Well, hati-hati di jalan bro Lilik dan Balda, semoga sampai tujuan dengan selamat dan kembali lagi ke Jambi juga tanpa hambatan.