Copied to clipboard!
Pertashop vs Pertamini

Gerai Pertashop yang baru diluncurkan di Nusa Dua, Bali (Foto: Pertamina)



BERITA

Pertamina : "Maaf, Pertashop Beda dengan Pertamini!"

Author : Zainal Abidin

28 Feb 2020


Usaha PT Pertamina (Persero) dalam mendistribusikan secara merata produk bahan bakar berkualitas hingga ke pelosok desa dan kecamatan hadir dalam program bisnis Pertashop.

Program ini mengajak seluruh elemen mulai dari Pemerintah Desa, Koperasi serta pelaku Usaha Kecil Menengah atau UKM untuk menjadi mitra penyalur BBM Pertamina secara resmi.

Program ini sudah melakukan Kick Off di Nusa Dua Bali, pada hari Kamis, 27 Februari 2020 kemarin.

Bila diperhatikan, gerai Pertashop ini hampir mirip dengan gerai Pertamini yang banyak kita temukan di Jakarta dan kota-kota lainnya, khususnya di jalan ataupun gang yang posisinya jauh dengan SPBU. 

Saat disinggung apakah Pertashop ini konsepnya sama dengan Pertamini, Fajriyah Usman, Vice President Corporate Communication PT Pertamina (Persero) langsung menampiknya. 

“Mohon maaf, Pertashop berbeda dengan Pertamini,” tegasnya saat dihubungi OLX.co.id lewat pesan Whatsapp, Jumat (28/2/2020).

Lebih jauh Fajriyah menjelaskan bahwa Pertashop merupakan lembaga penyalur Pertamina dalam skala kecil untuk melayani kebutuhan BBM, LPG dan pelumas yang tidak atau belum terlayani oleh lembaga penyalur Pertamina lainnya seperti Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum atau SPBU.

“Jadi saat ini Pertashop hanya difokuskan untuk daerah pedesaan yang memang belum ada pelayanan energinya,” lanjutnya.

Perbedaan konsep lainnya adalah Pertashop menjadi lembaga penyalur bahan bakar Pertamina yang resmi, sementara Pertamini tidak. Sehingga dari sisi kualitas, ukuran dan harga mengikuti standar Pertamina.  

“Dari sisi kualitas BBM, ukuran, harga dan keamanannya, Pertashop mengikuti standar dari SPBU Pertamina, tidak lebih mahal atau lebih murah dan ukurannya juga pasti sesuai,” pungkasnya.

Rencananya, program bisis Pertashop akan hadir di 7.196 kecamatan seluruh Indonesia, dimana 3.827 kecamatan belum punya satupun lembaga penyalur bahan bakar.

Pertashop hadir dalam tiga kategori, Gold, Platinum dan Diamond dengan kapasitas penyaluran BBM berbeda-beda. Gold menyalurkan 400 liter per hari, Platinum 1.000 liter per hari, dan Diamond mencapai kapasitas penyaluran BBM 3.000 liter per hari. (Z)