Copied to clipboard!

Ilustrasi mekanik Auto2000 tetap menggunakan masker ketika melakukan perawatan pada mobil konsumen. (Auto2000)



BERITA

Masa New Normal Servis Mobil Lebih Baik di Bengkel Resmi, Ini Alasannya?

Author : Herdi Muhardi

12 Jun 2020


Di masa Adaptasi Kendaraan Baru (AKB) atau New Normal, bukan berarti penyebaran virus corona sudah terhenti penyebarannya. Sebaliknya, virus yang awalnya muncul di Wuhan, China tersebut masih belum obatnya dan masih jadi ancam.

Akan tetapi, di masa New Normal ini meski berbagai aktivitas sudah kembali berjalan, bahkan perkantoran dan mall sudah beroperasi, namun kita harus tetap menerapkan berbagai protokol kesehatan yang tergolong ketat, mulai dari rajin mencuci tangan, menggunakan masker hingga menghindari kerumunan.

Oia, bicara masa New Normal, para pemilik mobil juga disarankan menaati protokol kesehatan, termasuk ketika melakukan servis. Sebaiknya, servis dilakukan di bengkel resmi, seperti halnya di Auto2000.

Menurut After sales Division Head Auto2000 Ricky Martawijaya, dealer Auto2000 menerapkan protokol kesehatan yang ketat dan disiplin di setiap area untuk mencegah penularan virus Covic-19.

“Harapannya, keselamatan dan kesehatan seluruh pihak dapat terjaga dengan baik sehingga memberi rasa tenang dan terlindungi,” ungkap Ricky, Kamis (11/6/2020).

Dia juga mengatakan, dealer Auto2000 selalu dapat beradaptasi, termasuk di masa New Normal saat ini yang tidak hanya menyajikan layanan mudah dan nyaman, tapi juga memastikan setiap konsumen menikmati layanan bengkel Auto2000 dengan rasa tenang dan terlindungi.

Nah, mau tau apa saja enaknya jika melakukan servis di bengkel resmi terlebih di masa New Normal berikut ulasannya:

1. Reminder

Konsumen akan dihimbau untuk melakukan booking service terlebih dahulu lewat Auto2000 Digiroom (Auto2000.co.id) sebelum datang ke bengkel Auto2000 agar dapat terlayani di hari yang diinginkan.

Protokol kesehatan yang dijalankan oleh Auto2000 mengharapkan kesadaran konsumen untuk mencegah penularan virus C0VID-19 dengan mengisi formulir kesehatan untuk menilai kondisi kesehatan, yang akan diberikan oleh frontliner Auto2000 ketika konfirmasi booking service 1 hari sebelum datang.

2. Greeting

Protokol kesehatan ketat dijalankan mulai saat konsumen dan karyawan Auto2000 akan masuk ke dalam area cabang. Petugas keamanan akan mengecek suhu tubuh, memastikan penggunaan masker, dan memeriksa dokumen customer health assessment.

Konsumen yang belum mengisi dokumen pemeriksaan kesehatan akan diminta mengisinya sebelum masuk ke cabang Auto2000.

3. Reception & Production

Service Advisor (SA) yang menerima kedatangan menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) berupa pelindung wajah (face shield) dan masker, serta menjaga jarak aman dengan pelanggan sejauh 1-1,5 meter, sehingga konsumen merasa nyaman dan aman saat berinteraksi dengan SA. SA juga melakukan desinfeksi meja kerja maksimal 2 jam sekali.

Sebagai tambahan informasi, frontliner dan karyawan Auto2000 yang bertugas juga telah menjalani protokol kesehatan yang ketat sebelum diizinkan bekerja seperti mengisi form deklarasi kesehatan demi kenyamanan saat berinteraksi.

Selain itu, seluruh teknisi juga menggunakan APD berupa sarung tangan dan masker ketika bertugas. Sebelum dan sesudah dikerjakan, teknisi Auto2000 akan melakukan desinfeksi pada mobil, sehingga diharapkan mobil bersih dari virus. Teknisi Auto2000 juga akan membersihkan fender pelindung bodi dan seat cover maksimal 2 jam sekali.

4. Waiting Room, Delivery, & Cashless Transaction

Auto2000 mengatur ulang tata letak ruang tunggu pelanggan agar konsumen bisa mengikuti aturan physical distancing namun tetap merasa nyaman. Selain itu, disediakan pula hand sanitizer yang bisa dipakai untuk membersihkan tangan.

Petugas yang bekerja di ruang tunggu dilengkapi APD berupa masker dan sarung tangan. Selesai pengerjaan di workshop Auto2000, akan melakukan desinfeksi ke area kabin, terutama bagian kokpit yang banyak dipegang oleh teknisi, seperti kemudi, tuas transmisi, tuas rem parkir, dan handle pintu.

Seluruh transaksi pembayaran di cabang Auto2000 diarahkan untuk memanfaatkan pembayaran non tunai, seperti lewat kartu debit, kartu kredit, virtual account, atau rekening cabang Auto2000 setempat. Transaksi tunai dianjurkan hanya untuk pembayaran mendesak dengan nominal maksimal Rp 500.000. Ini semua dilakukan agar konsumen merasa aman dan nyaman saat melakukan service kendaraan di Auto2000.

5. THS – Auto2000 Home Service

Petugas THS - Auto2000 Home Service sudah menjalankan protokol kesehatan yang ketat sebelum diizinkan bertugas, termasuk membersihkan perlengkapan kerja dan kendaraan yang dipakai bertugas.

Petugas THS - Auto2000 Home Service juga memakai APD berupa sarung tangan dan masker saat bekerja serta ditambah faceshield ketika berdiskusi dengan pelanggan, sehingga konsumen akan merasa nyaman saat berinteraksi dengan petugas THS - Auto2000 Home Service.

Petugas THS - Auto2000 Home Service  juga akan membersihkan mobil sebelum dan sesudah servis berkala.