Copied to clipboard!

Ilustrasi Daihatsu Gran Max Pikap. (Daihatsu)



BERITA

Masih Pandemi, Jualan Mobil Pikap Daihatsu Gran Max Melejit

Author : Herdi Muhardi

20 Nov 2020


Penjualan otomotif jelang akhir tahun telah kini terlihat lebih bergairah. Tercatat, retail sales (penjualan dealer ke konsumen) pada Oktober 2020 naik enam persen dari bulan sebelumnya yang kini menjadi sekitar 46 ribu unit. Sedangkan wholesales (penjualan pabrik ke dealer) naik satu persen atau sekitar 49 ribu unit. Meski kecil, tetap saja hal tersebut menunjukan adanya tren positif. 

Naiknya penjualan otomotif jelang akhir tahun ternyata cukup dirasakan Daihatsu Indonesia. Bahkan Marketing & Customer Relations Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO) Hendrayadi Lastiyoso mengatakan, pasar otomotif mulai memasuki masa pemulihan dengan kenaikan pasar secara bertahap sejak sebelumnya sempat berada pada titik terendahnya di kuartal II lalu karena kondisi pandemi Covid-19.

Saat ini, kata dia, Daihatsu sendiri tetap memasang target agar perusahaannya masih berada di posisi dua brand mobil terlaris di Indonesia dengan market share minimal 17 persen.

“Jadi berapapun nanti marketnya, yang kita pertahankan ya itu (posisi ke-2). Kita kan masih di posisi dua dari target minimal 17 persen, sekarang 18 persen. Kita optimis sampai akhir tahun dengan gap posisi nomer 2-4, kita optimis nomor dua masih bisa tercapai,” ungkap Hendrayadi saat acara video conference bersama awak media, Kamis (20/11/2020).

Lebih lanjut Hendrayadi menjabarkan, penjualan Daihatsu periode Januari – Oktober 2020, capaian retail sales Daihatsu sebesar 81.623 unit, atau peningkatan market share menjadi 18 persen dibandingkan periode sama 2019 lalu sebesar 16,9 persen. 

Sedangkan pada wholesales Daihatsu, secara total mencapai 77.471 unit dengan peningkatan market share menjadi 18,4 persen jika dibandingkan periode yang sama 2019 lalu sebesar 17,7 persen.

Hanya saja, kata Hendryadi, jelang akhir 2020, kenaikan penjualan justru sangat terlihat pada segmen komersial. Tak terkecuali Daihatsu Gran Max Pikap yang penjualan melejit.

Secara bulanan, retail sales Daihatsu pada Oktober 2020 tercatat sebanyak 8.135 unit, dengan Gran Max Pick Up kontributor di peringkat pertama dengan capaian sebanyak 2.827 unit, atau berkontribusi sebesar 34,8 persen, disusul Sigra sebesar 1.782 unit (21,9 persen), dan Ayla 1.013 unit (12,5 persen).

“Kami berharap peningkatan penjualan di sektor otomotif dapat membantu pemulihan perekonomian Indonesia secara keseluruhan,” ujar Hendrayadi