Copied to clipboard!
Berkendara Irit Mobil Manual

Transmisi mobil manual (Foto: Google)



TIPS

Mau Bikin BBM Mobil Manual Irit? Ikuti Langkah Berikut!

Author : Zainal Abidin

13 Mar 2020


Anggaran keuangan untuk bensin mobil kerap menguras kantong? Wah, itu berarti kamu harus lebih berhemat lagi. Kira-kira bagaimana ya cara menghemat BBM mobil manual?

Sebelumnya, OLX sudah membahas tips hemat BBM untuk mobil maticSekarang, saatnya kita bahas trik menghemat BBM untuk kamu yang punya kendaraan bergigi manual.

Apa ada bedanya dengan cara menghemat BBM mobil matic? Cari tahu jawabannya pada ulasan di bawah ini, yuk!

Trik & Cara Menghemat BBM Mobil Manual

1. Sesuaikan BBM yang pas untuk mobil manual

Premium, Pertalite, Pertamax, Pertamax Turbo, atau Solar? Kamu isi jenis BBM apa nih untuk mobil manualmu?

Eits.. jangan asal pilih atau selalu gonta-ganti BBM ya. Salah pilih jenis BBM bisa berakibat konsumsi yang boros, lho!

Penggunaan BBM yang tidak tepat bisa menyebabkan mesin mobil jadi ‘menggelitik’ dan sulit berakselerasi. Potensi buruk lainnya adalah akan terjadi penumpukan sisa hasil pembakaran pada mesin. Bisa dibayangkan, akibat yang disebabkan bisa jadi sangat besar!

Supaya bisa hemat bahan bakar dan terhindar dari kerusakan parah, pilihlah jenis BBM yang nilai oktannya sesuai dengan kebutuhan mobil. Informasi ini sudah tertera kok pada buku manual yang disediakan pabrik. Terkadang ada pula mobil-mobil yang ditempeli stiker bertuliskan nilai oktannya.

2. Menghindari penguapan BBM yang sia-sia

Cara menghemat BBM manual bisa dilakukan dengan kebiasaan-kebiasaan yang mudah. Salah satu di antaranya ialah menempatkan mobil di area yang tak panas.

Mudah banget, ‘kan? Bila dilakukan terus-menerus, hal ini bisa jadi kebiasaan yang baik untuk membuat BBM tak terbuang sia-sia.

Mengapa kamu harus melakukan hal ini? Soalnya, saat kamu memarkirkan mobil di tempat panas, komponen mobil dan tangki yang terbuat dari material induktor akan membuat BBM ikut panas. BBM yang merupakan benda cair pun akan lebih mudah menguap bila terpapar panas.

3. Berkendara dengan gigi yang tepat

Berkendara dengan mobil bergigi manual cukup tricky dibandingkan dengan yang bertansmisi otomatis. Diperlukan penggunaan gigi yang tepat agar mobil bisa melaju dengan penuh tenaga.

Perlu diketahui, gigi rendah (1 dan 2) digunakan untuk mengeset mesin agar bekerja lebih berat. Konsumsi bahan bakarnya pun otomatis lebih banyak.

Sementara itu, gigi tinggi (3,4, dan 5) mengeset mesin untuk melaju lebih ringan. Kebutuhan BBM-nya pun tentu lebih sedikit dibanding saat menggunakan gigi rendah.

Maka itu, saat melaju di jalan lurus atau tol, pindahkan gigi dari posisi rendah ke tinggi agar bisa melaju kencang dan irit. Sementara itu, saat menanjak kamu perlu cerdik dalam mengoper gigi rendah dan tinggi agar mobil tak boros bensin.

4. Mengisi BBM mobil pada pagi hari

Ingin mendapatkan BBM dengan jumlah yang lebih banyak? Istilah bahan bakar kendaraanmu saat hari masih pagi dan dingin.

Berbagai sumber menyebutkan, di pagi hari, kondisi bensin yang ada di tangki SPBU masih memiliki konsistensi yang kental. Saat disedot ke atas, maka bahan bakar yang naik bisa lebih banyak massanya walau dengan jumlah meteran yang sama.

Sementara itu jika kamu mengisi bahan bakar pada siang hari, bensin yang naik cenderung mengembang. Kapasitas cairan yang disedot pun massanya berjumlah normal atau mungkin bisa lebih sedikit.

5. Membawa muatan yang tidak berlebihan

Jangan pernah memasukkan muatan berlebihan ke dalam mobilmu! Hal ini berlaku untuk mobil matic maupun kendaraan bertransmisi manual.

Sebagai contoh, kamu punya mobil MPV bertransmisi manual. Lalu kamu menggunakannya untuk mengangkut 7 penumpang ditambah dengan beras puluhan bahkan ratusan kilogram. Tentu ini akan membuat mobilmu bekerja lebih berat sehingga konsumsi BBM jadi boros.

Perhatikanlah berat muatan maksimal yang tertera pada buku manual kendaranmu. Selain membuat boros bahan bakar, bisa-bisa roda serta suspensi mobilmu bisa terkena dampak negatif.

6. Perhatikan penggunaan oli mobil

Cara menghemat BBM mobil manual selanjutnya adalah dengan memilih oli yang tepat. Kamu dianjurkan untuk menggunakan jenis oli sintetis. Manfaatnya, kamu bisa terbantu untuk menghemat konsumsi bahan bakar hingga 5 persen. 

7. Mengganti saringan udara jika sudah kotor

Kerja mesin mobilmu akan selalu berhubungan dengan konsumsi bahan bakar. Semakin efisien dan ringan kerjanya makan BBM yang dibutuhkan pun tidak akan boros.

Salah satu cara untuk menghemat BBM yang berhubungan dengan mesin ialah penggantian saringan udara. Gantilah saringan tersebut secara berkala untuk membuat mesin bekerja lebih optimal.

8. Mematikan AC dan perangkat elektronik

Biasakanlah untuk mematikan penyejuk udara, music player, mini TV, hingga kabel charger dari plug mobil sebelum mematikan mesin. Lakukan ini walaupun kamu hanya parkir sejenak, terlebih lagi jika kamu akan menyimpan mobil di garasi. Kondisi alat-alat listrik yang masih menyala membuat bahan bakar tersedot lebih banyak saat mobil di-starter.

9. Hindari berkendara untuk jarak yang sangat dekat

Paham kok, kadang-kadang kamu merasa mager ‘kan? Dibanding jalan kaki ke swalayan kamu pun memilih naik mobil. Padahal jaraknya tak lebih dari 5 dari kilometer.

Sebenarnya, perjalanan jarak dekat seperti ini membuat mobilmu jadi sangat boros bensin. Pasalnya, mesin mobil belum mencapai suhu operasi optimal sehingga serapan BBM pun jadi lebih besar. Sayang ‘kan?

Itulah tadi beberapa tips dan cara menghemat BBM mobil manual yang bisa langsung kamu praktikkan. Semoga ulasan dari OLX tadi bermanfaat. Jangan lupa untuk membagikannya ke media sosial maupun ke kerabatmu! (OLX)