OLX News Logo
Menu Icon OLX News Logo Search Icon
OLX News Logo Close Icon

Home /  Mobil Bekas /  Mau Jadi Pebisinis Mobil Bekas Andal? Seperti Ini Caranya!



Mau Jadi Pebisinis Mobil Bekas Andal? Seperti Ini Caranya!

11 May 2020

Tip Menjadi Pebisnis Mobil Bekas

Salah satu kunci jadi pedagang mobkas sukses adalah menjual mobil-mobil populer yang banyak dicari orang (Foto: OLX)

Memutuskan untuk menekuni bisnis mobil bekas memang butuh dorongan serta tekad yang kuat. Meski terbilang sederhana, namun bisnis ini punya prospek yang bagus dalam hal mencari keuntungan. 

Sebaliknya, bisnis ini juga membutuhkan modal tidak sedikit, apalagi kalau sampai punya niat mau buka showroom sendiri, kebayang kan berapa banyak uang yang harus disiapkan. 

Belum lagi risiko rugi kalau kena tipu atau salah dalam menaksir harga mobil yang hendak dibeli dan dijual kembali. 

Intinya, untuk menjadi seorang pedagang mobil bekas dibutuhkan berbagai macam trik agar bisa untung bukan malah buntung.

Pilih Momentum Tepat

Jangan buru-buru memutuskan untuk buka bisnis jual beli mobil bekas sebelum kalian mencari tahu kapan waktu terbaik memulainya. Dari berbagai sumber banyak disebutkan bahwa masyarakat banyak membeli mobil pada akhir serta awal tahun, dan juga saat dekat masa mudik.  

Manfaatkan momen ini untuk mulai berjualan. Pasalnya, orang tidak hanya berencana mobil baru saja, tapi juga mobil seken jadi pilihan. 

Cari Tahu Kriteria Mobil Paling Dicari

Ingat, pada saat memulai bisnis jual mobil bekas, ada baiknya menjual mobil dengan kriteria paling banyak dicari. Tujuannya adalah agar bisa mendapatkan suntikan dana cepat guna memutar kembali modal awal. 

Seperti apakah kriterianya? Coba jual mobil keluaran terbaru atau maksimal produksi 5 tahun terakhir karena lebih banyak peminatnya daripada keluaran lama. Harga jualnya pun jauh lebih tinggi dari mobkas produksi lama. 

Selain itu pasarkan tipe mobil favorit masyarakat. Dalam sebuah survei, mobil tipe LCGC seperti Toyota Agya, Daihatsu Ayla, Honda Brio,  Toyota Calya, Daihatsu Sigra,  Mitsubishi Xpander, Suzuki Ertiga, serta Toyota Avanza merupakan mobkas paling banyak dicari. 

Aktif Melakukan Promosi

Rajin melakukan promosi perlu dilakukan agar barang dagangan cepat laris. Alih-alih menghabiskan biaya besar demi menyewa lokasi strategis menjadi showroom, mending memanfaatkan media sosial sebagai tempat beriklan. 

Lebih membuka peluang mobil bekas dagangan Anda cepat laku bisa dengan cara memasang iklan di OLX. 

Survei Harga Pasaran

Sebagai pemula, hindari terburu-buru dalam meraih untung besar dengan cara memark-up harga jual mobil bekas. Lebih baik mengikuti harga pasar. 

Lakukan analisa nilai jual merek mobil bekas di pasaran berdasarkan tipe dan tahun pembuatannya. Sehingga produk yang Anda jual tidak kemahalan dan nama baik Anda sebagai pedagang mobkas tetap baik. 

Mematok harga terlalu mahal akan menyulitkan pembeli untuk datang, sedangkan penawaran harga terlalu murah pun bisa menyebabkan orang curiga pada kendaraan yang kita jual. 

Hindari Menjual Barang dari Makelar

Pebisnis mobil bekas tentu membutuhkan barang yang akan dijual. Dalam hal ini, hindari beli mobil bekas dari makelar karena tarifnya bisa lebih tinggi dari tawaran pemilik mobil asli.

Belum lagi tidak ada jaminan, apakah mobil dalam kondisi prima atau tidak. Dengan demikian, pendapatan keuntungan pun akan semakin minim. 

Sebagai rekomendasi, silakan lakukan pencarian mobil bekas murah lewat OLX. Pilihan tipe serta harga mobil tersedia dalam berbagai ragam. 

Demikian tips usaha jual beli mobil bekas bagi pemula. Semoga ulasan tersebut bermanfaat!

Zainal Abidin
Zainal Abidin

Merupakan pribadi yang hangat dan suka bercanda membuatnya mudah bergaul dengan siapa saja, serta memiliki hobi bernyanyi dan juga turing sepeda motor. Bergabung di OLX Indonesia sejak dua tahun terakhir dengan role menulis konten-konten artikel seputar otomotif terkini.



Berita Terkait



Baca Juga