Copied to clipboard!



PROPERTI

​​​​​​​Mau Punya Apartemen? Coba Ketahui Perbedaan Berdasarkan Tipenya

Author : Herdi Muhardi

10 Jan 2020


Hunian vertikal seperti apartemen kini semakin banyak diburu. Maklum, apartemen saat ini banyak dibangun di lokasi-lokasi strategi dan juga dianggap anti banjir, sehingga dilirik konsumen.

Selain itu, apartemen juga dianggap salah satu investasi yang kini jamak dimiliki. Tidak hanya karena harganya yang semakin meroket, apartemen juga jadi pundi-pundi penghasilan jika disewakan, mulai dari harian hingga tahunan.

Nah, kalau OLXer saat ini baru berencana ingin memiliki sebuah hunian berbentuk apartemen, ada baiknya mengetahui perbedaan berdasarkan tipenya:

Tipe Apartemen Studio

Tipe ini paling sering kita dengar. Biasanya luas apartemen studio tidak lebih dari 20 hingga 30 meter persegi (tergantung dari masing-masing developer). Bagian dalamnya mengusung konsep satu ruang yang sudah termasuk kamar tidur, kamar mandi, dan dapur. Sekilas seperti kamar hotel dan sederhana. 

Tipe Apartemen Convertible

Apartemen convertible punya ruang cukup besar dan memiliki dinding pemisah yang dapat digunakan sebagai ruang tidur, ruang makan, atau ruang tengah. Sebagai dekorasi, Anda juga dapat menyimpan barang pada dinding tersebut seperti memasang televisi atau rak buku yang ringan.

Tipe Apartemen Loft

Apartemen ini memiliki langit-langit yang sangat tinggi dan dilengkapi dengan jendela yang besar dibanding tipe lainnya. Sekilas tampilannya seperti loteng, karena pada apartemen ini memiliki tambahan ruang setengah lantai yang dinamakan loft dan biasa digunakan untuk kamar tidur. 

Tipe Apartemen Junior 1 Bedroom

Selain apartemen studio, banyak developer apartemen di Indonesia yang juga menawarkan tipe ini. Ukurannya sedikit lebih besar dibanding tipe studio. Jika studio berkonsep satu ruang tergabung, junior bedroom memiliki pembatas dinding antara ruang tidur dan dapur.

Tipe Apartemen 2 Bedroom

Selain tipe studio dan junior 1 bedroom, jenis apartemen yang satu ini juga banyak tersedia di Indonesia. Apartemen 2 bedroom lebih besar dibanding studio atau junior 1 Bedroom, luasnya sekitar 35 hingga 45 meter persegi. Tersedia 2 kamar tidur yang ukurannya sama besar (atau sedikit berbeda), ruang tengah dan dapur terpisah.

Tipe Apartemen Garden

Tipe apartemen yang satu ini adalah untuk apartemen yang memiliki taman atau memiliki akses langsung ke area taman yang berada di area apartemen.

Itulah beberapa jenis apartemen yang harus bisa OLXer ketahui sebelum membeli atau menjual apartemen. Tipe apartemen studio merupakan tipe terkecil dari semua tipe yang biasa ditawarkan developer apartemen, di Indonesia. Pilihlah tipe hunian sesuai dengan kebutuhan apalagi masih single atau belum memiliki anak.  

OLXer juga bisa beli dan jual apartemen secara online termasuk di situs jual beli online OLX agar transaksi lebih cepat dan mudah. (Her)