OLX News Logo
Menu Icon OLX News Logo Search Icon
OLX News Logo Close Icon

Home /  Mobil Baru /  Mazda3 Hadir Versi Hatchback dan Sedan, Ini Perbedaan dan Persamaannya



Mazda3 Hadir Versi Hatchback dan Sedan, Ini Perbedaan dan Persamaannya

21 Jul 2019

PT Eurokars Motor Indonesia (EMI) selaku agen pemegang merek Mazda untuk pasar otomotif nasional resmi meluncurkan Mazda3 bertepatan di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 yang berlangsung di ICE, BSD, Tangerang Selatan.

Namun perlu dicatat, Mazda3 ini hadir dengan dua jenis berbeda, yaitu hatchback dan sedan. Untuk Mazda3 hatchback, tampilannya dibuat lebih emosional, sementara jenis sedan didesain agar menghasilkan proporsi lebih elegan.

Tentu saja harganya berbeda, untuk Mazda3 jenis Hatchback dilepas Rp 489,8 juta, sedangkan Mazda3 tipe sedan dijual lebih mahal yaitu Rp 538,8 juta.

Roy Arman Arfandy, Presiden Direktur PT EMI, dengan dukungan penuh dari Mazda Motor Corporation, Jepang, Mazda Indonesia akan terus memperkenalkan produk-produk terbaru Mazda serta meningkatkan kualitas layanan purna jual Mazda di Tanah Air.

Mazda3 Sedan

“All New Mazda3 tetap menampilkan desain single motion yang sederhana secara tampilan keseluruhan, menunjukkan bagaimana cahaya dan bayangan yang berefleksi di atas badannya menghasilkan ekspresi penting dan dramatis yang jauh lebih baik dibandingkan bahasa desain sebelumnya,” ungkap Roy saat peluncurannya di GIIAS 2019.

Memang secara tampilan Mazda3 baik jenis hatchback maupun sedan memiliki tampang yang mirip. Hanya saja untuk jenis hatchback jelas tak ada buntutnya.

Meski begitu, Mazda3 Hatchback dan Sedan memiliki tampilan sampai performa yang ditawarkan tak bisa dipandang sebelah mata. Hal ini pula disebut-sebut bahwa Mazda3 ini akan jadi rival Honda Civic.

Nah, untuk Mazda3 Hatchback menampilkan sosok yang bertenaga dan menggoda dengan daya tarik akan sebuah pengalaman berkendara yang menarik. Sebaliknya, pada Mazda3 sedan, tampilan yang sederhana, bersih dan memukau, menonjolkan kedewasaan dan kemewahan yang sempurna.

Perbedaan

Kabin Mazda3 Hatchback. (Istimewa)

Untuk Mazda3 Hatchback secara keseluruhan dimensinya lebih pendek 200 mm atau panjang 4.460 mm, tinggi 1.795 dan lebar 1.435 mm. Sedangkan Mazda3 Sedan panjang 4.660 mm, lebar 1.795 mm dan tinggi 1.440 mm.

Dengan dimensi yang berbeda ini pula maka kapasitas bagasi untuk jenis sedan lebih lega. Demikian pula dengan ruang kepala penumpang belakang. Sedangkan bobot keduanya hanya beda 2 kg lebih berat Mazda3 sedan.

Ketika hendak masuk ke dalam kabin, Mazda3 Sedan dilengkapi Smart Key untuk membuka bagasi. Sedangkan model Hatchback tidak.

Kabin Mazda3 Sedan. (Istimewa)

Masuk ke dalam interior, beda Mazda3 hatchback dan sedan hanya memainkan warna yang ada pada kabin. Untuk Mazda3 Hatchback lebih sporty berkat balutan cat hitam dan merah marun di area soft touch dasbor dan seluruh material kulit jok. Sedangkan Mazda3 Sedan selain sporty, terasa lebih elegan karena penggunaan warna hitam polos.

Persamaan

Meski ada perbedaan pada eksterior dan interior, Mazda3 jenis Hatchback dan Sedan ada kesamaan khususnya pada jeroan mesin yang sama-sama mengusung mesin bensin SKYACTIV-G berkapasitas 2,0 liter, 4 silinder, DOHC, 16 Valve, yang mampu menghasilkan daya hingga 152.8 tk pada 6.000 rpm dan torsi 200 Nm pada 4.000 rpm.

Selain soal mesin, sejumlah persamaan lainnya juga ada mulai dari fitur hiburan, keselamatan sampai fitur keamanan.

Harga

Menyoal harga. All New Mazda3 untuk hatchback dilepas dengan banderol Rp 489,8 juta dan untuk sedan lebih mahal sekitar Rp 538,8 juta. (Her)

OLX
OLX



Berita Terkait



Baca Juga