Copied to clipboard!
Mudah Merawat Mobil

Mencuci mobil merupakan proses perawatan mobil yang mudah dan bisa dilakukan sendiri (Foto: Istimewa)



TIPS

Merawat Mobil Itu Mudah, Begini Caranya!

Author : Zainal Abidin

02 Mar 2020


Apapun jenis kendaraan OLXers sudah pasti itu menjadi aset yang perlu dijaga, baik dari sisi tampilan serta performanya. Bukan apa-apa, baik mobil maupun motor yang kondisinya prima secara tidak disadari punya andil juga dalam kehidupan OLXers.

Sebagai aset penting, sudah barang tentu ini harus dijaga dan dirawat. Punya mobil jangan hanya tau pakainya saja, tapi juga cara merawatnya. 

Kesibukan atau tidak punya uang acap kali jadi kambing hitam kita lalai dalam melakukan perawatan mobil dan motor. Boro-boro bawa ke bengkel resmi, ke bengkel dekat rumah pun ogah.

Buat kalian yang punya masalah seperti ini, tenang aja…. Merawat mobil bisa dilakukan sendiri di rumah tanpa harus keluar atau ke bengkel. 

Berikut langkah – langkahnya:

1. Cuci Mobil dan Bersihkan Kotoran yang Menempel

Pertama, pastikan mobil dicuci secara berkala. Di musim hujan seperti ini, usahakan setelah terkena air hujan, atau tertimpa kotoran burung, harus cepat – cepat dicuci. Air hujan ataupun kotoran burung mengandung sejumlah bahan kimia yang bereaksi dengan body mobil. Dalam waktu yang lama bisa membuat body mobil korosi atau menimbulkan noda membandel yang susah hilang.  

Tentu kedua efek di atas akan memengaruhi harga jual kembali mobil OLXers. Jadi cucilah secara rutin biar tetap terlihat kinclong. 

2. Bersihkan Interior

Selalu sediakan kotak sampah di dalam mobil agar tidak ada sampah yang tercecer. Dan jangan membiasakan diri untuk menghisap rokok selagi menyetir. 

Sisa-sisa abu rokok bisa saja berterbangan di dalam kabin atau interior mobil dan asap rokok menempel ke bagian atap dan meninggalkan noda kekuningan. 

Setelah mencuci mobil, gunakan vacuum cleaner untuk menyedot berbagai jenis kotoran di dalam mobil. Kalau perlu gunakan juga cairan pembersih dashboard atau cairan pembersih jok untuk menyempurnakan tampilan interior. 

3. Menghindari Jamur

Pastikan mobil setelah dicuci dalam kondisi benar-benar kering pada bagian body dan kaca mobil. Kedua bagian ini memang paling rentan terkena jamur akibat proses pencucian yang salah.

Perhatikan juga apakah ada air yang masuk ke interior saat melakukan pencucian. Kabin yang lembab bisa menimbulkan sarang jamur di beberapa sudut mobil. 

Sisa-sisa makanan yang terselip dan tidak terangkat juga bisa menjadi jamur yang menimbulkan aroma tak sedap. 

4. Ganti Oli

Wajar kalau OLXers banyak yang kurang mengerti soal mesin, sehingga untuk perawatan di sektor ini, OLXers butuh orang ahli. Jalan satu-satunya adalah ke bengkel. 

Tapi kalau sekadar urusan ganti oli mesin, OLXers bisa melakukannya sendiri kok. Ingat, jangan pernah mengabaikan urusan yang satu ini. Performa mobil OLXers juga bergantung dari sini. 

Setidaknya kalau kalian masih ragu melakukannya sendiri, bisa pakai ara lain, yakni dengan menelpon teman yang mengerti atau menggunakan jasa servis. 

Mobil yang terawat akan selalu terlihat menawan serta kinerja mesinnya juga baik. Ini tentu akan memudahkan OLXers ketika berpikir untuk menjualnya. Calon pembeli mobil bekas tidak akan ragu untuk membeli mobil OLXers dengan harga yang bagus. (Z)