OLX News Logo
Menu Icon OLX News Logo Search Icon
OLX News Logo Close Icon

Home /  Berita /  Merek Mobil Chery Siap Masuk Indonesia (Lagi), Bawa Komitmen Apa?



Merek Mobil Chery Siap Masuk Indonesia (Lagi), Bawa Komitmen Apa?

17 May 2021

Chery Motors Indonesia

Chery Tiggo 8 Pro, SUV baru dari Chery Motors yang dikabarkan akan segera masuk Indonesia (Foto: Shutterstock)

News.OLX.co.id - Satu lagi merek mobil asal China sudah bersiap masuk ke Indonesia. Tapi yang satu ini bukan merek baru, tapi sebelumnya sudah pernah hadir di Tanah Air. 

Yup, Chery kembali ke Indonesia!

Kepastian masuknya Chery kembali ke Indonesia didapat dari akun Instagram @cherymotorsindonesia yang kelihatannya baru saja dibuat. Sejauh ini akun tersebut baru memiliki 7 postingan dengan 333 followers.

Postingan pertama sekitar satu minggu lalu, Chery Motors Indonesia menampilkan sebuah model baru yang diduga adalah Tiggo 8 berwarna putih dengan caption "Chery berkomitmen untuk menghadirkan teknologi yang canggih dan pengalaman berkendara bagi pengguna Indonesia, bersama dalam menjelajahi kegembiraan dalam kehidupan dan membuka harapan indah di masa depan"

Chery Motors Indonesia

Dari berbagai literatur didapatkan bahwa model Chery Tiggo 8 sebenarnya sudah hadir di beberapa negara Asia Tenggara, salah satunya adalah Filipina. Sedangkan Indonesia merek ini baru melakukan persiapan untuk hadir kembali.

Banyak yang menyebutkan bahwa spesifikasi dari Chery Tiggo 8 sengaja dipersiapkan untuk menghadang laju Low SUV Toyota Rush dan Daihatsu Terios. Mulai dari kapasitas mesin 1.500 cc berteknologi turbocharged serta dimensi yang juga hampir sama, panjang 4.700 milimeter, lebar 1.860 mm, dan tinggi 1.746 mm.

Kepastian akan rencana masuknya Chery di Indonesia juga diperkuat oleh Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo). Melalui Sekjennya, Kukuh Kumara menyatakan prinsipal mobil asal China ini sudah melakukan komunikasi.

Meski sudah mengetahui rencana ini, Gaikindo berharap pihak pabrikan mobil ini tidak hanya kembali untuk berjualan saja, tapi juga bisa berinvestasi bangun pabrik untuk semakin memajukan industri otomotif nasional.

"Bagus. Kalau mereka membangun industri, itu silahkan. Jangan hanya jualan saja," ucap Kukuh Kumara dilansir dari GridOto, Rabu (12/5/2021).

Namun komitmen Chery ini sungguh harus dipertanyakan. Sejarah Chery di Indonesia sendiri dimulai pada era tahun 2000-an. Saat itu Chery menggandeng Indomobil untuk menjual beberapa produknya, Chery QQ dan Chery Tiggo.

Sayangnya, pabrikan yang satu ini terkesan kurang sabar dan buru-buru pergi karena merasa konsumen Indonesia kurang bisa menerima produknya. Chery pun pergi dengan meninggalkan kesan kurang baik soal mobil China di Indonesia.

Hingga akhirnya Wuling Motors datang membawa harapan baru dan segala komitmennya untuk menghadirkan mobil terbaik dengan harga terjangkau demi mengembalikan kepercayaan masyarakat akan produk mobil China.

Bahkan Wuling Motors sendiri langsung menghadirkan pabrik sebagai jaminan mereka tidak akan pergi hanya dalam waktu singkat. 

Begitu juga dengan DFSK yang menyusul jejak Wuling dengan hadir di Tanah Air membawa berbagai komitmennya, termasuk menghadirkan produk SUV andalan mereka dan juga membangun pabrik canggih di kawasan Cikande, Serang, Banten.

Lalu apa komitmen Chery untuk masuk kembali ke Indonesia? Apakah merek ini juga bakal mengikuti langkah dan strategi dua merek mobil China sebelumnya yang sudah berhasil mendapatkan sedikit kepercayaan konsumen?

Kita tunggu komitmen Chery akan seperti apa.

Zainal Abidin
Zainal Abidin

Merupakan pribadi yang hangat dan suka bercanda membuatnya mudah bergaul dengan siapa saja, serta memiliki hobi bernyanyi dan juga turing sepeda motor. Bergabung di OLX Indonesia sejak dua tahun terakhir dengan role menulis konten-konten artikel seputar otomotif terkini.



Berita Terkait



Baca Juga