Sabtu, April 20, 2024
Lainnya
    Tak BerkategoriMesin 'Ngelitik' Bukan Hanya Faktor Salah Isi BBM Semata, Ini Penyebab Lainnya!

    Mesin ‘Ngelitik’ Bukan Hanya Faktor Salah Isi BBM Semata, Ini Penyebab Lainnya!

    Tentu tidak sedikit pemilik mobil yang mengeluhkan performa mesin kendaraannya yang kadang dianggap tidak normal alias bunyi mengelitik (detonasi). Dikutip dari Astraworld, keluhan ini (mesin ngelitik) banyak masuk ke bagian Customer Service Astraworld yang mempertanyakan penyebab dan bagaimana mengatasinya.

    Kejadian suara mesin yang tidak normal seperti ini memang tidak boleh dianggap sepele, harus segera diatasi karena ujung-ujungnya bisa merembet, merusak komponen mesin lainnya.  

    Dari penjelasan teknik, suara mesin ngelitik terjadi akibat bahan bakar dan udara terbakar lebih cepat dari waktunya, mengakibatkan piston yang sedang bergerak dari bawah menuju ruang bakar mesin, dalam waktu yang sama mendapat gaya tekan dari atas atau ruang bakar mesin. 

    Inilah yang akhirnya membuat suara mesin mobil seperti terdengar aneh atau ngelitik. 

    Persoalan ini sebenarnya sangat mudah diatasi dan sangat sederhana. Cukup dengan cara menggunakan bahan bakar dengan nilai oktan/cetane yang sesuai dengan yang sudah direkomendasikan untuk mobil Anda. 

    Kalau masih bingung dengan hal ini, OLXers bisa mengetahuinya dengan melihat buku manual mobil. 

    Menggunakan BBM oktan/cetane yang lebih rendah dari yang direkomendasikan bisa membuat bahan bakar terbakar lebih cepat, sudah pasti akan membuat suara mesin mengelitik. 

    Kalau merasa sudah pakai BBM sesuai anjuran, tapi masih ada suara ngelitik, ada beberapa hal yang jadi penyebabnya, antara lain :

    • Banyaknya deposit/residu di ruang bakar mesin. Selain naiknya perbandingan kompresi, pada saat panas deposit/residu ini yang akan lebih cepat membakar bahan bakar dan udara. Perbaikannya adalah dengan membersihkan ruang bakar mesin.
    • Waktu pengapian di ruang bakar mesin tidak akurat. Perbaikannya adalah dengan penyetelan sesuai dengan standar pabrikan. Pihak bengkel resmi akan melakukan hal ini saat melakukan perawatan berkala mobil OLXers.
    • Mesin Overheat, temperatur di atas suhu kerja mesin selain menyebabkan bahan bakar dan udara terbakar lebih cepat, bisa menyebabkan pemuaian berlebih pada komponen mesin yang akan menyebabkan gesekan antar komponen. Bahkan saat kondisi seperti ini terjadi, segera menepi di tempat aman dan mematikan mesin agar komponen mesin tidak rusak. 
    • Kualitas bahan bakar tidak baik, kadang karena sesuatu hal seperti tercampur dengan air atau bahan kimia lainnya menyebabkan penurunan kualitas pada bahan bakar di SPBU. Jika hal ini terjadi, untuk memastikan kualitas bahan bakar yang dikonsumsi mobil, lakukan pengisian bahan bakar pada SPBU yang berbeda. Kalau sudah melakukan pengisian di SPBU berbeda dan performa mesin membaik, berarti dapat dipastikan penyebab mesin ngelitik karena kualitas bahan bakar yang tidak baik.

    Demikian tips singkat ini, semoga bisa membantu menjawab pertanyaan OLXers terkait mesin ngelitik. 

    Populer
    GIIAS 2023
    Berita Terkait