Copied to clipboard!
MG ZS

Peluncuran MG ZS di Indonesia (Foto: Istimewa)



MOBIL BARU

MG ZS, SUV Baru Rasa Bintang Lima, Harga Kaki Lima

Author : Zainal Abidin

26 Mar 2020


Pasar otomotif di segmen sport utility vehicle (SUV) sekarang tambah ramai dan semakin ketat persaingannya. Selain karena eksisting merek yang terus menggelontorkan model SUV anyar, ada juga merek yang benar-benar baru hadir di Tanah Air juga mengusung model SUV.

Adalah Morris Garage atau MG yang baru-baru ini resmi masuk Indonesia dengan membawa sebuah SUV kompaknya, MG ZS. 

Sebenarnya model baru ini akan menarik seandainya acara peluncurannya bisa disaksikan secara langsung. Tentu informasinya akan jauh lebih luas. Sayangnya kondisi saat ini seakan tidak begitu mendukung kehadiran MG ZS akibat pandemi COVID-19.

Mau tak mau merek mobil asal Inggris ini harus hadir dengan cara yang tidak lazim, meluncur secara virtual dan hanya bisa disaksikan lewat saluran media sosial MG Motor Indonesia pada Selasa, 24 Maret 2020 lalu.

Jelas ini merupakan sebuah kerugian bagi pihak MG Motor Indonesia. MG ZS hadir di saat yang dirasa kurang tepat. Tapi sudahlah, “show must go on!”. Toh MG bukan satu-satunya merek yang melakukan launching tidak lazim ini, karena sebelumnya ada BMW, Toyota dan Daihatsu yang melakukannya, 

MG ZS Berlimpah Fitur, Harga Dibawah 300 Juta Rupiah  

Ada hal menarik dibalik meluncurnya MG ZS sebagai produk pertama MG Motor Indonesia dalam menancapkan kuku bisnisnya di Tanah Air. Merek baru ini seakan benar-benar paham dengan karakter konsumen Indonesia yang suka akan SUV berlimpah fitur, tetapi banderol harganya mepet-mepet dengan model SUV merek top seperti Toyota dan Honda di kelas low.

Nah, yuk kita bicara fiturnya. Masuk pada bagian kabin sebagai awal, kita sudah bisa merasakan aura kemewahan MG ZS dengan konsep kabin dual-tone. Apalagi saat menengok ke bagian atap dimana panoramic sunroof sudah tersedia. Minimal fitur ini akan sangat menggoda bagi siapapun calon pembelinya. 

Sementara untuk urusan keamanan dan keselamatan, MG ZS sudah dilengkapi teknologi terdepan, mulai dari Anti-Lock Braking System (ABS), Electronic Brake Force Distribution (EBD), Electronic Brake Assist (EBA), Curve Brake Control (CBC), Stability Control System (SCS), Traction Control System (TCS), dan tombol start/stop engine.

Bahkan dijelaskan oleh Arief Syarifudin selaku Marketing & PR MG Motor Indonesia bahwa fitur yang menunjang keamanan berkendara serta keselamatan di MG ZS sudah diuji oleh European New Car Assessment Program (Euro NCAP) dan Australasian New Car Assessment Program (ANCAP).

"Keamanan memang menjadi salah satu perhatian utama untuk kami," ujarnya di acara peluncuran virtual.

Fitur lainnya, MG ZS sudah punya Hill Start Assist System (HAS), Tire Pressure Monitor System (TPMS), Emergency Stop Signal (ESS), follow me home light, 6 titik airbag (dua front side airbags, dua side airbags, serta dua side curtain airbags), dan sabuk pengaman untuk masing-masing penumpang.

Keseluruhan fitur yang dimiliki SUV MG ZS ini rata-rata bisa ditemui di model SUV kelas paling tinggi dengan banderol sudah barang tentu berkisar 300 juta hingga 400 juta-an rupiah. OLX ambil contoh Honda HR-V, dimana untuk varian tertingginya, Honda HR-V 1.8L Prestige dijual dengan harga Rp 415,7 juta. 

Lalu berapa harga jual MG ZS? Nah, disinilah terlihat kelihaian MG Motor Indonesia dalam mengintip peluang pasar otomotif domestik. Sadar bagaimana karakter konsumen Indonesia, MG menerapkan strategi “rasa bintang lima, harga kaki lima”, mirip tagline restoran seafood yang cukup terkenal di Tanah Air.

MG ZS ditawarkan dalam dua pilihan model, yaitu Excite dan Ignite. MG ZS Excite ditbanderol dengan harga mulai dari Rp 255,8 juta, sedangkan MG ZS Ignite dibanderol mulai dari Rp 289,8 juta (OTR Jakarta). Beragam pilihan warna yang bisa dipilih antara lain Scarlet Red, Marina Blue, Black Knight, Arctic White, dan Silver Metallic.

Harga ini bahkan masih dibawah harga SUV China lainnya seperti Wuling Almaz dan DFSK Glory yang bisa dibilang punya fitur serta karakter rada-rada mirip.

Siapkan 25 Outlet Hingga Akhir 2020

Sebagai merek yang benar-benar baru masuk di Indonesia, MG Motor tentunya harus sadar bagaimana merangsang minat konsumen. Tak perlu bicara minat untuk membeli, yang pertama dan paling penting adalah minat untuk mencobanya dulu.   

Hal ini jelas menjadi pekerjaan terberat MG dalam membangun awareness di Indonesia. Sebagus-bagusnya produk kalau tidak diikuti dengan brand awareness yang baik, mending lupakan saja mimpi untuk bisa bersaing dengan merek lainnya.  

Saat ini MG Motor Indonesia sudah mengoperasikan dua outletnya yang ada di Jakarta dan Tangerang. Lokasi pertama di Lippo Mall Puri dan yang kedua di The Breeze BSD. Menyusul kemudian tiga outlet baru di Pondok Indah, Samanhudi, dan Soekarno Hatta Bandung yang peresmiannya dilakukan bersamaan pada 1 April 2020.

Sementara target hingga akhir tahun ini, MG Motor Indonesia memastikan akan ada 25 outlet yang siap melayani penjualan dan juga layanan aftersales di Indonesia. “Total target 25 outlet hingga penghujung 2020,” ujar Rendi Radito, Sales Director MG Motor Indonesia. 

Eurokars dan Andalan merupakan nama yang cukup familiar di bisnis dealer mobil yang disebut-sebut bakal menjadi mitra dealer MG. Tentu dengan pengalaman keduanya diharapkan bisa membawa merek Morris Garage cukup dikenal dan diminati konsumen. Semoga. (Z)