Sabtu, April 20, 2024
Lainnya
    BeritaMilad ke-16, Sudah Ada 1,8 Juta Unit Toyota Avanza Berkeliaran di Jalanan

    Milad ke-16, Sudah Ada 1,8 Juta Unit Toyota Avanza Berkeliaran di Jalanan

    Siapa yang tak kenal Toyota Avanza? Mobil yang satu ini ternyata sudah berusia 16 tahun, terhitung sejak pertama kali diluncurkan pada 11 Desember 2003.

    Kesuksesan mobil yang dijuluki sejuta umat ini ternyata masih mendominasi penjualan hingga saat ini. Hal ini karena Toyota Avanza sengaja dirancang Toyota untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia akan kendaraan serba guna seperti Multi Purpose Vehicle (MPV) yang mampu menampung tujuh orang penumpang.

    Menurut Marketing Director PT Toyota Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandy. di usianya ke-16 tahun, Avanza senantiasa mampu memenuhi ekspektasi dan kebutuhan masyarakat Indonesia.

    “Hal ini tercermin dari angka penjualan Avanza yang kini tampil lebih modern dan nyaman masih tetap tumbuh sebesar 6,9 persen di akhir 2019 ini. Terima kasih banyak kami ucapkan kepada pelanggan, khususnya kepada lebih dari 1,8 juta pengguna Avanza yang semakin memberikan kepercayaan kepada Avanza untuk menjadi MPV terlaris di Indonesia dan sekaligus menjadi Part of Indonesia Greatness,” ungkap Anton dalam keterangan tertulis, Kamis (12/12/2019).

    Toyota Avanza

    Anton juga mengatakan, kehadiran Avanza di awal peluncurannya ternyata langsung membuat pasar Low MPV berkembang sangat pesat. Bahkan jika saat itu pasar Low MPV hanya berkisar 5 ribuan unit, namun setelah Avanza hadir pasar Low MPV naik tajam menjadi mendekati 80 ribu unit pada akhir tahun 2004. Bahkan, pasar Low MPV pernah mencapai titik tertinggi pada 2013 dengan pencapaian lebih dari 200 ribu unit.

    Anton sendiri mengatakan, meskipun banyak pemain baru di segmen Low MPV bermunculan, namun Avanza masih menjadi terfavorit, bahkan tidak hanya di segmen Low MPV tetapi juga di seluruh segmen otomotif roda empat.

    “Tentunya kami akan menjadikan masukan dari pengguna Avanza mengenai kebutuhan dan ekspektasi mereka untuk terus melakukan continuous improvement untuk Avanza kedepannya agar senantiasa mampu memenuhi ekspektasi dan kebutuhan pelanggan,” ucap Anton.

    Sementara itu, Executive General Manager PT TAM Fransiscus Soerjopranoto menyatakan, kesuksesan Avanza tak lepas dari berbagai bentuk improvement yang dapat senantiasa memenuhi ekspektasi dan kebutuhan pelanggan. 

    “Berbagai masukan yang diberikan oleh pelanggan setia Avanza, memberikan dorongan bagi kami untuk senantiasa meningkatkan performa Avanza baik dari sisi durability, kenyamanan, dan keamanan. Terima kasih atas kepercayaan yang diberikan oleh para pelanggan, sehingga menjadikan Avanza sebagai MPV paling laris saat ini,” kata pria yang akrab disapa Soerjo.

    Adapun Toyota Avanza sendiri disebut memiliki spesifikasi dan performa dasar yang pas untuk pasar Indonesia, seperti ground clearance, mesin irit dan bertenaga, serta penggunaan sistem penggerak roda belakang (RWD), telah menjadi DNA Avanza yang berperan penting dalam mengakomodir beragam budaya masyarakat dan juga kondisi infrastruktur jalanan yang terbentang dari Sabang sampai Marauke.

    Lebih jauh Anton yang pada awal karirnya di Toyota juga turut berkiprah dalam melahirkan Avanza menambahkan bahwa produk ini tidak hanya tampil fenomenal di sisi pencapaian tetapi juga mampu membuat segmen Low MPV menjadi sangat besar.

    Seiring dengan respon positif yang masyarakat berikan kepada Avanza, Toyota terus melakukan peningkatan pada performa, kenyamanan, fitur safety dan tampilan Avanza untuk mengikuti dinamika perubahan ekspektasi dan kebutuhan, hingga terlahirlah generasi ke-2 Avanza pada tahun 2011 dan Grand New Avanza-Veloz pada tahun 2015.

    Tak berhenti di situ, Toyota kembali melakukan peningkatan yang signifikan pada Avanza-Veloz di awal 2019 ini. Tampilan New Avanza menjadi lebih modern dan tampilan New Veloz menjadi lebih stylish.

    Toyota juga meningkatkan level kenyamanan pada New Avanza dan New Veloz dengan menambahkan peredam suara di beberapa bagian mobil sehingga tingkat kebisingan yang masuk ke dalam kabin mobil dapat berkurang secara signifikan.

    Oia, Toyota Avanza juga tidak hanya dijual di Indonesia lho, tetapi juga di ekspor ke beberapa negara di kawasan Asean, Asia, Timur Tengah hingga Amerika Selatan. (Her)

    Populer
    GIIAS 2023
    Berita Terkait