Copied to clipboard!

Menurut President Director BMW Group Indonesia, Ramesh Divyanathan, new MINI John Cooper Works Clubman dan new MINI John Cooper Works Countryman dilengkapi mesin kuat yang memuntahkan tenaga 360 Tk.



MOBIL BARU

MINI Punya John Cooper Works Clubman dan Countryman, Ini Spesifikasi dan Harga

Author : Herdi Muhardi

14 Feb 2020


Merek mobil Inggris yang legendaris, MINI, meluncurkan model terbarunya di pasar otomotif nasional berupa, new MINI John Cooper Works Clubman dan new MINI John Cooper Works Countryman.

Selain mengalami perubahan pada eksterior dan interior, kedua mobil MINI ini diklaim hadir dengan mesin paling kuat dalam sejarah MINI dan paling cepat yang diperbolehkan secara legal di jalan raya. 

Menurut President Director BMW Group Indonesia, Ramesh Divyanathan, new MINI John Cooper Works Clubman dan new MINI John Cooper Works Countryman dilengkapi mesin kuat yang memuntahkan tenaga 360 Tk. Dengan kekuatan tersebut, mobil ini dapat memenuhi kebutuhan para fans MINI akan sebuah kendaraan sports kompak premium dengan spesifikasi seperti di lintasan balap, namun tetap dapat digunakan secara harian.

“Dengan hadirnya kedua kendaraan sports ini, MINI Indonesia telah luncurkan semua rangkaian model John Cooper Works di Indonesia, pastinya berikan pilihan yang lebih luas bagi para pelanggan di Indonesia,” ungkap Ramesh saat peluncurannya di kawasan Senayan, Jakarta, Jumat (14/2/2020). 

Sekilas memang jika tak paham soal mobil asal negeri Ratu Elizabeth ini akan terlihat sama saja. Akan tetapi beberapa ubahan dilakukan seperti pada bagian eksterior asupan udara besar di bagian depan kendaraan yang berfungsi untuk optimalkan fitur aerodinamika serta kebutuhan pendinginan untuk sistem penggerak maupun pengereman. 

Selain itu, karakteristik kinerja yang luar biasa tercermin dalam desain skirt samping serta apron belakang independen dengan elemen diffuser terintegrasi. Spoiler atap model-spesifik berperan dalam mengurangi uplift pada kecepatan tinggi. Terlebih lagi, kedua model new MINI John Cooper Works ini dilengkapi dengan tutup spion yang aerodinamis dengan balutan cat kontras merah untuk atap dan tutup spion. 

Pada new MINI John Cooper Works Clubman, cross-member merah membagi lagi grille radiator dengan desain baru. Lampu depan LED Adaptif dengan teknologi Matrix LED Headlight, lampu belakang, dan body kit aerodinamis juga berikan tampilan baru pada new MINI John Cooper Works Clubman. 

Kabin mobil ini juga sudah mewah. Bahkan bangku sports John Cooper Works dengan kombinasi Dinamica Leather, serta trim interior MINI Yours Piano Black Illuminated dapat menyala di malam hari dalam 12 warna berbeda, membuat kendaraan sport ini tampil sporty dan mewah. 

Kedua model ini juga hadir dengan fitur setir John Cooper Works sport leather dengan tombol multifungsi, tuas pemilih elektronik, dan headliner antrasit.

Beberapa fitur unggulan pada new MINI John Cooper Works antara lain, adalah Electric Tailgate dengan Easy Opener, Comfort Access dengan Easy Opener, dan AC dua zona otomatis yang dapat mengatur aliran udara di dalam kendaraan dengan cepat.

Para pengguna juga dapat menikmati MINI Find Mate dengan tag Bluetooth yang dapat dilekatkan pada koper dan kunci mobil untuk pelacakan yang mudah. Selain itu ada juga fitur MINI Yours Logo Projection yang menyambut pengemudi dengan proyeksi logo MINI di jalan, pada bagian pintu setiap kali kendaraan dikunci atau dibuka. Panoramic Sunroof hadir sebagai standar untuk rangkaian kendaraan new MINI John Cooper Works 306 HP.

Tidak sampai disitu, kedua MINI bergaya sports ini sudah dijejali sistem suara Harman Kardon 360 watt - 12 speaker, Head-Up Display, Wireless Charging for Mobile Phones, Apple CarPlay dan MINI Navigation System termasuk layar sentuh 8,8 inci.

Soal keamanan, new MINI John Cooper Works dan new MINI John Cooper Works Countryman sudah dilengkapi Park Assist yang secara otomatis mengarahkan kendaraan masuk ke tempat parkir paralel. Sedangkan Park Distance Control dapat mengukur ruang bagian depan dan belakang saat dimanuver ke tempatnya. Sebuah kamera belakang juga tersedia untuk memudahkan pengemudi saat parkir mundur. 

Spesifikasi MINI John Cooper Works Clubman

Mesin bensin empat-silinder dengan Teknologi MINI Twin Power Turbo (turbocharging, injeksi langsung, VALVETRONIC).

Kapasitas : 1.998 cc.

Output maksimum : 306 hp pada 5.000-6.250 rpm.

Torsi maksimum : 450 Nm pada 1.750-4.500 rpm.

Akselerasi : 0-100 km/jam dalam 4,9 detik.

Kecepatan puncak : 250 km/jam.

Konsumsi bahan bakar rata-rata : 13 km/l.

Emisi CO2 : 175 g/km.

 

Spesifikasi MINI John Cooper Works Countryman

Mesin bensin empat silinder dengan Teknologi MINI Twin Power Turbo (turbocharging, injeksi langsung, VALVETRONIC).

Kapasitas : 1.998 cc.

Output maksimum : 306 hp pada 5.000-6.250rpm.

Torsi maksimum : 450 Nm pada 1.750-4.500 rpm.

Akselerasi : 0-100 km/jam dalam 5,1 detik.

Kecepatan puncak : 250 km/jam.

Konsumsi bahan bakar rata-rata : 12,7 km/l.

Emisi CO2 : 180 g/km

Daftar Harga

MINI John Cooper Works Clubman Rp 1,13 miliar.

MINI John Cooper Works Countryman Rp 1,17 miliar. Keduanya dijual dengan status off the road.