LAINNYA

Mitos atau Fakta, Air Kelapa Berkhasiat Untuk Ibu Hamil

03 Oct 2019

Air kelapa memang banyak disukai orang Indonesia. Selain menyegarkan, air kelapa dianggap memiliki banyak kandungan yang menyehatkan tubuh mulai dari elektrolit, klorida, kalium, magnesium, natrium, protein, vitamin C dan lainnya.

Dengan kandungan yang cukup banyak, air kelapa juga disebut melimpah ruah manfaatnya. Saking banyaknya, saat ini tak sedikit beredar kabar bahwa air kelapa dianjurkan untuk ibu hamil, agar ketika melahirkan kondisinya bayi bersih dan rambut lebat.

Menanggapi khasiat air kelapa dibenarkan banyak orang ahli. Namun bagi ibu hamil agar bayi lahir dengan kondisi bersih dan rambut lebat tidak dibenarkan dr Dwi Santi yang merupakan Dokter Spesialis Obstetri & Ginekologi.

“Air (kelapa) untuk membuat ibu menghilangi haus itu benar. Nggak ada efeknya, itu hanya cairan dan elektrolit. Bayi jadi bersih saat lahir, kan bukan minum deterjen. Jadi nggak ngaruh,” ungkap Dwi saat ditemui News OLX.

Sebaliknya, kata Dwi, jika bayi yang baru lahir memiliki kondisi putih dan tumbuh besar masihi memiliki kulit putih, hal tersebut memang suatu keturunan, bisa dari ibu atau sang ayah.

Dwi sendiri membenarkan, ada saja ibu yang melahirkan dengan kondisi bayi tidak biasa, yaitu banyak bagian putih-putih melekat pada kulit bayi.

Akan tetapi kata Dwi, putih-putih yang menempel pada kulit bayi bukalah karena bayi menjadi dekil atau kotor. Sebaliknya, bagian tersebut merupakan lemak Vernix Caseosa.

“Lemak Vernix Caseosa itu gunanya agar bayi dalam kandungan si ibu sebagai pelindung (janin). Karena di dalam perut ada tali pusar, itu juga buat ngambil makanan, dan itu ada aliran darah dari ibu ke bayi. Nah, kalau tidak ada lemaknya (Vernix Caseosa) itu bayi gampang kejepit,” tuturnya.

Adapun lemak Vernix Caseosa biasa banyak terjadi jika usia kandungan masuk di minggu-minggu terakhir jelang kelahiran.

“Jadi (bayi lahir dengan kondisi bersih dan rambut lebat) itu hanya mitos,” tutupnya. (Her)