Copied to clipboard!

Ilustrasi pergantian ban. (shutterstock)



TIPS

Mitos atau Fakta, Ganti Ban Baru Harus Terlebih Dahulu di Bagian Belakang

Author : Herdi Muhardi

01 Sep 2020


Hitam pekat, jadi ciri sebuah ban yang saat ini banyak digunakan baik pada sepeda motor maupun mobil. Kendati demikian, fungsi ban sangat vital karena memiliki banyak fungsi mulai dari penahan beban, peredam getaran, penerus tenaga dari mesin hingga menentukan kontrol arah kemudi.

Kendati demikian, ban memiliki usia pakai, walaupun terkadang ban depan dan belakang dibeli serta dipasang dalam waktu yang bersamaan, namun ketika habis dipakai bisa tidak selalu bersamaan.

Bahkan, apabila terpaksa ada satu atau dua ban yang harus diganti, ternyata ada cara yang perlu OLXer ketahui ketika memasang ban, yaitu penggantian ban baru harus diterapkan pada ban bagian belakang.

Mau tau alasannya berikut ulasannya?

Ban baru memang memiliki material yang lebih tebal dan alur terlihat jelas serta dalam. Nah, kondisi ban baru ternyata lebih pas diterapkan pada bagian roda belakang.

Seperti dilansir situs resmi Total Oil,  usut punya usut alasan ban baru dipasang di bagian roda belakang, karena ban belakang jika mengalami masalah selip atau pecah ban lebih sulit dikendalikan. Sebaliknya, ban belakang membutuhkan traksi dan grip lebih baik.

Apalagi jika melesat di tikungan atau sedikit berbelok, maka mobil akan lebih mudah terpelintir, sehingga ketika saat di tikungan bisa masuk ke jalur berlawanan.

Hal ini juga acap kali jadi penyebab oversteer dan pengemudi akan lebih sulit untuk mengontrol bagian belakang mobil ke posisi semula. Sementara itu, jika ban mobil bermasalah pada bagian depan, maka resiko yang bisa terjadi adalah understeer sehingga tidak bisa dikendalikan. Namun begitu, resiko understeer masih bisa dikoreksi si pengemudi.

Lalu apakah dengan posisi sistem penggerak roda depan atau belakang menjadi pengecualian cara penggantian ban?

Tentu tidak, pada dasarnya semua jenis penggerak baik roda depan maupun roda belakang, atau semua penggerak, ketika harus dilakukan penggantian ban, maka lakukanlah pada roda belakang terlebih dahulu.

Artinya, jika memang memiliki budget terbatas untuk membeli empat ban mobil, maka disarankan membeli sepasang terlebih dahulu kanan dan kiri. Setelah itu, jika ban depan botak, maka tukar ban belakang ke depan, dan ban depan yang sudah gundul diganti dengan ban baru.

Nah, itulah OLXer trik cara mengganti ban yang aman dan nyaman.