Copied to clipboard!
Mitos isi bensin

Banyak mitos yang salah dan sering dilakukan pemilik mobil agar mobil jadi irit bahan bakar, termasuk dalam urusan isi bensin.



TIPS

Mitos Salah Kaprah Demi Kejar Irit BBM

Author : Zainal Abidin

03 Mar 2020


Mengisi bahan bakar merupakan kegiatan rutin dari pemilik atau pengendara mobil dan motor. 

Sering sekali kita melihat hal-hal aneh yang dilakukan oleh pemilik mobil ketika mereka berada di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum atau SPBU.

Herannya, hal-hal tersebut seolah menjadi ritual dan dipercayai bikin untung karena lebih irit.

Padahal bukan ritual atau mitos tersebut yang bisa bikin mobil irit, tapi bergantung pada pola berkendara saja kok. 

Kalau istilahnya sih, “kakinya harus sekolah” baru bisa mengemudi mobil dengan irit. Tapi kalau kaki keseringan ngegas mendadak, atau sering stop and go, mobil tetap aja bakalan boros.

Terus, apa saja sih mitos atau ritual salah yang dianggap bisa bikin irit konsumsi BBM?  Yuk kita bahas!

Menempatkan Gigi di Posisi Netral

Konon katanya, ketika mengisi BBM sebaiknya posisi gigi persneling pada posisi Netral agar tidak ada injeksi bbm yang langsung menuju bensin. 

Ada juga yang bilang jika sedang berkendara jarak jauh, sebaiknya kita menggunakan gigi netral dalam kecepatan tinggi agar putaran mesin turun.

Faktanya, hal ini salah karena mobil zaman sekarang memiliki sensor otomatis yang menutup jalannya bahan bakar ketika mesin mati. 

Selain itu, ketika sedang berkendara pada kecepatan tinggi, sebaiknya kita tidak memindahkan posisi persneling ke Netral, karena akan mematikan engine brake. 

Jika engine brake mati pada saat kecepatan tinggi, tentu akan sangat berbahaya, terutama pada saat kondisi lalu lintas sedang tidak kondusif. Selain itu, rem juga akan cepat aus.

Mengisi BBM di Pagi Hari

Banyak yang beranggapan jika mengisi BBM di waktu subuh atau ketika suhu udara rendah akan mendapatkan BBM yang lebih kental, dan memiliki volume lebih banyak. 

Sedangkan ketika suhu panas, BBM akan cepat menguap.

Mitos ini jelas salah! Volume BBM yang kita isi tentu tidak akan berubah, kecuali satuan liter pada mesin tersebut, atau penunjuk tangki BBM mobil kamu sedang rusak.

Isi BBM Sampai Tumpah

Mengisi tangki BBM sampai luber dianggap bikin lebih irit karena volume BBM yang masuk jadi lebih banyak, sehingga kamu bisa lebih hemat waktu dan uang.

Faktanya, mobil zaman sekarang sudah dilengkapi dengan vapor recovery system yang akan langsung mendeteksi kelebihan kapasitas pada tangki kendaraan. 

Sedangkan mengisi BBM hingga luber justru lama-lama akan merusak cat kendaraan, apalagi ketika BBM yang luber tersebut jadi sia-sia. Jadi jelas ini merupakan mitos yang sebaiknya dihindari. 

Mobil Goyang

Menggoyang-goyangkan mobil diharapkan setiap celah yang kosong dalam tangki akan terisi oleh BBM, sehingga volume udara dari dalam akan ditekan keluar. Kondisi ini akan membuat Anda mendapatkan volume BBM yang lebih padat.

Trik ini jelas salah kaprah, mengingat BBM bukanlah benda padat, melainkan benda cair yang secara otomatis akan mengisi setiap celah kosong dalam tangki.

Lagian buat apa sih jadi ribet sendiri untuk hal yang simpel? 

Sama aja kayak jual mobil. Daripada ribet dan ujung-ujungnya buang duit, mendingan #HargainWaktumu dari sekarang dan serahkan ke OLX.co.id untuk beresin urusan jual mobil kamu. Kenapa enggak? Prosesnya cuma 1 jam, aman, dan nyaman! Gak percaya? Coba aja sendiri! (OLX)