Rabu, Mei 8, 2024
Lainnya
    BeritaMitsubishi Kecewa Pajero Sport Tidak Masuk Hitungan Relaksasi PPnBM

    Mitsubishi Kecewa Pajero Sport Tidak Masuk Hitungan Relaksasi PPnBM

    News.OLX.co.id – Pemerintah memutuskan memperluas kebijakan insentif pajak penjualan atas barang mewah (PPnBM) untuk kendaraan roda empat berkubikasi mesin 1.501 – 2.500 cc per April 2021 ini. Kebijakan ini menyusul sukses insentif PPnBM mobil 1.500 cc ke bawah yang berhasil meningkatkan angka penjualan mobil-mobil baru.

    Tentu saja kebijakan ini disambut gembira berbagai merek pabrikan mobil yang menjual produk mobil kategori tersebut. 

    Tapi sebaliknya, Mitsubishi Motors justru merasa kecewa lantaran Pajero Sport, SUV andalan PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) tidak bisa memanfaatka peluang ini, meskipun secara kategori kubikasi mesinnya masuk hitungan.

    Disebutkan ada dua skema yang berlaku untuk pengurangan PPnBM yang diberikan untuk kendaraan jenis 4×2 dan 4×4. Skema pertama PPnBM 50 persen untuk kendaraan 4×2 berlaku periode April-Agustus 2021, September-Desember 2021 diskonnya menjadi 25 persen.

    Sedangkan skema berikutnya untuk kendaraan 4×4 adalah diskon sebesar 25 persen di periode April-Agustus 2021, kemudian lanjut pada periode September-Desember 2021 mendapat diskon 12,5 persen. 

    Syarat kendaraan yang mendapatkan insentif baru ini adalah memiliki kandungan lokal hingga 60 persen, sehingga diharapkan dapat mempercepat pemulihan sektor otomotif dengan peningkatan utilisasi kapasitas produksi pada batasan economic of scale produksi serta pemulihan ekonomi nasional.

    Usut punya usut, Mitsubishi Motors tidak mampu mengejar regulasi 60 persen kandungan lokal yang ditetapkan Pemerintah sebagai syarat untuk mendapatkan insentif PPnBM. 

    “MMKI (produsen kendaraan Mitsubishi Motors di Indonesia)  sudah berusaha maksimal dan secara bertahap mengejar peningkatan lokal konten Pajero Sport. Sayangnya sampai saat ini kita belum berhasil dan sampai akhirnya kita dinyatakan tidak bisa  ikut regulasi ini,” jelas Naoya Nakamura.

    Keputusan ini tentu menjadi pukulan berat bagi MMKSI dan menjadi kekecewaan besar bagi pabrikan mobil berlambang tiga berlian ini, mengingat rival berat Pajero Sport, yakni Toyota Fortuner bisa ikutan dalam program relaksasi tersebut.

    “Jelas kami sangat menyesalinya dan meminta maaf kepada konsumen atas kekecewaan mereka gagal mendapatkan Pajero Sport dengan harga lebih terjangkau. Namun konsumen tidak perlu khawatir, karena sebagai gantinya kita tawarkan sales program yang lebih baik dan mulai berlaku di April 2021, sehingga konsumen tetap dapat benefit setara PPnBM untuk mobil baru bermesin 1.501 cc – 2.500 cc,” lanjut Naoya. 

    Dari penjelasan Naoya, disebutkan sales program pembelian Pajero Sport di bulan April 2021 ini cukup menarik. Konsumen akan mendapatkan cashback jutaan rupiah, konsumen juga mendapatkan Smart Package menarik serta tabungan emas. 

    “Jadi meskipun kami masih merasa sangat kecewa, dengan hadirnya sales program di bulan ini tentunya tetap memberikan keuntungan kepada konsumen dan tidak ada loss oportunity bagi konsumen untuk membeli Pajero Sport yang penerimaannya sudah sangat baik,” pungkasnya.

    Program Penjualan New Pajero Sport 

    Khusus pembelian New Pajero Sport di bulan April 2021 akan mendapatkan: 

    1. Pilihan program pembiayaan dengan bunga ringan, atau DP ringan dari PT Dipo Star Finance (S&K berlaku), atau
    2. Program Tabungan emas senilai Rp 5.000.000 untuk pembelian New Pajero Sport melalui pembiayaan PT Dipo Star Finance (S&K berlaku).
    3. Kemudahan dan keuntungan biaya perawatan dengan SMART Package Silver
    4. Gratis Kaca Film V-Kool
    5. Gratis biaya jasa (sesuai dengan Service Manual Book) hingga 50.000 km atau 4 tahun untuk seluruh varian
    6. Gratis Paket SMART SILVER untuk Perawatan/Servis Berkala hingga 50.000 km atau 4 tahun:
    • Suku cadang (sesuai dengan Service Manual Book)
    • Oli MMGO (sesuai dengan Service Manual Book)
    • Chemical item: Diesel Fuel System Flush, Engine Flush
    Populer
    GIIAS 2023
    Berita Terkait